Makanan untuk bayi yang sudah mulai tumbuh gigi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Makanan untuk bayi yang sudah mulai tumbuh gigi – Sejak usia 6-7 bulanan, biasanya gigi bayi sudah mulai tumbuh. Masa-masa awal pertumbuhan gigi ini, seringkali membuat anak rewel. Tidak sedikit anak yang merasa tertekan dengan adanva “sesuatu” yang terasa lain pada mulutnya.Mereka menjadi sangat rewel ketika makan. Umumnya, si kecil akan menolak makanan apapun. Dan, apabila dipaksa, dia akan menangis Sikap si kecil yang rewel ini seringkali membuat para ibu bingung.

Sesungguhnya, pada saat proses pertumbuhan gigi berlangsung, geraham si kecil akan terasa gatal. ltu sebabnya, dia memerlukan makanan yang dapat dikunyah-kunyah untuk membantu mengurangi rasa gatal tersebut. Makanan yang dipotong seukuran jari dan agak keras (finger food) merupakan pilihan yang tepat bagi si kecil pada saat ini.

Misalnya potongan wortel yang direbus sebentar, buncis rebus. dan laln-lain. Perlu Anda perhatikan, beberapa hari sebelum sebuah gigi muncul, biasanya akan terlihat semacam tonjolan keras berwarna putlh pada permukaan gerahamnya. Umumnya, hal ini terjadi pada saat ia berusia enam bulan, dan proses pertumbuhan gigi ini akan terus berlangsung hingga si kecil berusia dua tahun. Nah, tatkala proses pemunculan gigi-giginya tengah berlangsung itulah, rasa gatal pada geraham si kecil mulai menyerang.

Namun bila Anda meraba geraham si kecil dan masih terasa lunak, tunda dulu memberi makan padanya dengan menggunakan sendok. Sebagai gantinya sering-seringlah memberinya makanan batangan yang bisa dipegang dan “digigit” dengan mudah, juga biskuit khusus untuk bayi.

Makanan untuk bayi yang sudah mulai tumbuh gigi

Meski saat ini gigi si kecil baru satu atau dua, tak ada salahnya Anda mulai membiasakannya membersihkan gigi. Anda bisa mular memberslhkan dengan menggunakan kapas basah, sedikitnva dua kali sehari, pagi dan menjelang tidur malam. Bila gigi anak sudah lebih banyak, Anda bisa mulai menggosoknya dengan sikar gigi khusus untuk bayi. Agar acara gosok gigi menjadi kegiatan yang mengasyikkan, sesekali biarkan si kecil memegang sikal giginya sendiri.

Sementara itu. dengan sikat gigi yang lain, tunjukkan kepadanya cara menggosok grgi, sambil memberinya semangat untuk meniru apa yang Anda lakukan. Dengan demikian, walaupun dia belum mampu melakukannya dengan benar, paling tidak hal ltu akan memotivasinya Untuk meminimalkan kemungkinan gigi si kecil berlubang, biasakan hanya mengisi botol susunya dengan susu formula tanpa gula.

Cara ini akan menghindarkan gigi dan geraham si kecil dari kemungkinan terkena larutan bergula atau
larutan asam. Sebab, gula yang merupakan salah satu bentuk karbohidrat, oleh enzim yang terkandung
di dalam ludah, akan diuraikan menjadi asam organik. Proses penguraian inilah yang memicu timbulnya lubang pada gigi. Namun, pada kenyataannya beberapa produk susu formula itu sendiri mengandung sejenis gula yang juga dapat menimbulkan pembusukan pada gigi  apabila gigi dibiarkan tidak dibersihkan.

Satu hal yang perlu diingat, bila Anda sudah membersihkan gigi si kecil sebelum tidur, jangan sekali-kali
memberinya makanan atau minum yang bergula. Sebab, pada malam hari, jumlah air ludah yang tersedia di dalam mulut jauh berkurang sehingga tidak mencukupi untuk membasuh gigr dari “kotoran”
maupun zat penyebab karies Pada gigi si kecil.

Majalah Ayahbunda

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!