Makna Dasar Hidup Dalam Al-Quran

CARA MEMBACA ISTI’ADZAH, BASMALAH DAN AWAL SURAT

Bismillahirrohmanirrohim. 3 Makna Dasar Hidup Dalam Al-Quran.  Alquran merupakan pedoman hidup di dunia untuk seluruh manusia yang hidup di dunia ini tetapi  tidak semua manusia yang mempercayai dengan kitab suci alquran ini. Yang mempercayai alquran ini adalah pedoman hidup  mereka yang memeluk agama islam karena islam mengajarkan akan selalu mengimani  al quran. Alquran merupakan kalamullah. Ina merupakan akidah dasar agar benar  dalam  memahami alquran.

Dilansir dari rumaysho.com – imam  Al-Muzani rahimahullah berkata, “  Al-Quran itu kalamullah (firman Allah ‘azza wa jalla), berasal dari sisi-Nya. Al-Quran itu bukallah makhluk yang binasa.”

Yang di maksud perkataan Imam Al-Muzani  rahimahullah bahwa Allah itu berbicara dengan Al-Quran secara hakikat, dan Al-Quran itu berasal dari sisi Allah.

Dalil yang menunjukkan hal diatas adalah firman Allah , yang artinya

Alif laam raa, (inilah) suatu kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi serta dijelaskan secara terperinci, yang diturunkan dari sisi (Allah) Yang Maha Bijaksana lagi Maha Tahu.” ( QS.Hud: 1)

Dilansir dari uin-alauddin.ac , prof Mardan  mengatakan kalau di dalam Al-Quran ada 3 makna dasar hidup yaitu : Rasa, Tahu dan Sadar, serta gerak Dinamis. “ Seseorang dikatakan hidup menurut Al-Quran jika memiliki perasaan dalam hidup .” ujarnya.

Hidup ( Al-Hayatu ) sangat identic dengan yang namanya Malu ( Al-Hayaau).  Di dalam hidup bisa kita identikkan dengan rasa malu.” Saat manusia dianggap hidup jika merasa malu untuk melakukan perbuatan yang bisa merusak agama dan bangsa.

Perbuatan ini harus dicontohkan oleh para pemimpin, contohnya seorang dekan harusnya merasakan malu jika anak buahnya melaksanakan sholat fardhu di masjid sedangkan ia tidak ke masjid padahal tidak sibuk.

Penjelasan gerak dinamis adalah orang yang visioner  selalu memberikan gagasan produktif. Allah ta’ala menganggap seseorang itu akan hidup jika ia mampu memberikan manfaat kepada orang yang ada di sekelilingnya.

Dengan demikian kita sebagai manusia harus memaknai hidup sesuai dengan ajaran Al-Quran, semoga  hal ini dapat mengangkat derajat kemuliaan  di sisi Allah Subhanahuwataala. wallahu alam bishawab

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details