Manfaat Biji Sesame Anti Kanker Dan Jantung

Manfaat Biji Sesame Anti Kanker Dan Jantung

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Manfaat Biji Sesame Anti Kanker Dan Jantung –  Diantara anda mungkin akan sedikit mengerutkan dahi dan bertanya-tanya apa itu biji sesame? Biji sesame lebih kita kenal dengan nama biji wijen berbentuk kecil dan hadir dalam berbagai macam warna. Nama ilmiah biji wijen adalah sesamum indicum. Sering digunakan dan ditambahkan sebagai topping pada burger atau beberapa kue-kue tradisional. Selain itu, biji wijen juga bisa dijadikan minyak dan sangat bermanfaat. Beberapa orang menjadikannya sebagai obat tradisional mengatasi sifat kuratif dan bisa juga dijadikan sebagai terapi untuk mencegahnya. Bagi anda yang belum mengetahui manfaat biji wijenuntuk kesehatan dan dapat berfungsi layaknya pembangkit tenaga listrik untuk gizi. Baca terus artikel ini.

Manfaat Biji Sesame Anti Kanker Dan Jantung

Kandungan Biji Wijen

Biji sesame(wijen) banyak mengandung besi, kalsium, tembaga, fosfor, magnesium, dan serat makanan. Biji ini berisi dua senyawa yaitu sesamen dan sesamolin yang dapat menurunkan kadar kolesterol biji ini juga dapat melindungi hati dan mencegahnya dari kerusakan oksidatif.

Biji sesame seperti yang telah disebutkan sebelumnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.Siantaranya adalah, dapat mencegah diabetes, mengobati gangguan tidur, bisa berfungsi juga sebagai detox untuk mengeluarkan racun dari tubuh, menghilangkan stress, mengurangi peradangan, mencegah osteoporosis, menyembuhkan migrain, melawan depresi dan meningkatkan sirkulasi di dalam tubuh.

 

Manfaat Biji Sesame

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pembahasan secara terperinci mengenai manfaat biji wijen untuk kesehatan.

 

1.        Mencegah diabetes

Kandungan nutrisi dan magnesium yang ada di dalam biji wijen bisa mencegah diabetes serta meningkatkan glukosa plasma. Apabila dikonsumsi, biji ini akan mengatur kadar insulin di dalam tubuh dan membantu mengelola gejala diabetes.

 

2.        Mengurangi tekanan darah

Menurut sebuah penelitian, biji wijen yang dijadikan sebagai minyak dapat menurunkan tekanan darah pada penderita diabetes karena memiliki kandungan magnesium yang sangat tinggi. Kandungan tersebut akan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular dan kemudian secara otomatis mencegah berbagai masalah jantung.

 

3.        Menurunkan kolesterol

Kandungan phytosterol yang hadir dalam biji wijen dapat memblok atau mencegah produksi kolesterol sehingga dapat menurunkannya. Cara kerjanya adalah dengan mempengaruhi kadar glukosa dan insulin di dalam tubuh.

 

4.        Melancarkan pencernaan

Biji wijen mengandung banyak serat sehingga apabila dikonsumsi dapat melancarkan pencernaan. Apabila anda sering mengalami sembelit, diare atau gangguan pencernaan lain, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi biji wijen.

 

5.        Meningkatkan kesehatan jantung

Dalam biji sesame terdapat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mencegah aterosklerosis dan dapat juga meningkatkan kesehatan jantung.

 

6.        Mengurangi kecemasan

Ada kandungan mineral seperti magnesium dan kalsium yang ada di dalam biji sesame. Kandungan tersebut akan menghilangkan stres. Selain itu, kandungan thymin juga dapat menghasilkan serotonin yang mengurangi rasa sakit serta dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.

 

7.        Mencegah keriput

Bagi anda yang sudah berusaha mencegah keriput menggunakan krim atau berbagai produk kecantikan berharga mahal, sekarang anda bisa beralih ke bahan alami yang murah yaitu biji-bijian. Biji wijen bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet dan paparan sinar matahari yang berbahaya sehingga mencegah keriput dan pigmentasi.

 

8.        Mencegah osteoporosis

Khusus untuk wanita, di mana mereka sangat rentan terkena osteoporosis terutama saat memasuki menopause, kandungan kalsium, fosfor, dan seng yang ada di dalam biji wijen akan bermanfaat untuk kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Selain itu, anda yang mengalami patah tulang dan dalam proses penyembuhan juga akan mendapatkan banyak manfaat apabila mengkonsumsi wijen secara teratur.

 

9.        Meredakan anemia

Wijen kaya akan zat besi dan apabila dikonsumsi dapat membantu meredakan gejala anemia.

 

10.   Menyehatkan pernapasan

Kandungan magnesium yang ada di dalam biji wijen akan mencegah gangguan pernapasan dan mengurangi resiko asma.

 

11.   Anti kanker

Kandungan asam fitat yang ada pada sesame serta phytosterol dan magnesium berfungsi sebagai senyawa anti-kanker.

 

12.   Mengatasi radang sendi

Adanya kandungan tembaga akan mengurangi arthritis dan bahkan bisa memperkuat tulang dan sendi.

 

13.   Mencegah peradangan

Biji wijen secara efektif bisa mencegah dan mengurangi peradangan pada sendi, otot dan tulang. Hal tersebut karena adanya sifat anti-inflamasi di dalam biji tersebut. Selain itu, manfaat lain dari biji sesame adalah dapat memperkuat pembuluh darah.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!