(021) 5312 6107

Manfaat Daun Kari untuk Kesehatan

Uncategorized
Manfaat Daun Kari untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kari untuk Kesehatan  – Daun kari atau di Indonesia banyak dikenal dengan istilah daun salam atau daun temuru. Ini adalah salah satu daun yang sering digunakan untuk dicampurkan ke berbagai masakan. Pada zaman modern sekarang ini, daun ini juga tidak pernah dilupakan dan merupakan bagian dari resep konvensional untuk menambah aroma yang lebih menyenangkan. Dapat digunakan sebagai penambah aroma dan rasa, namun adanya daun kari juga bisa memberikan banyak manfaat terutama untuk kesehatan.

Dalam banyak penelitian menemukan bahwa, selain aromanya yang melimpah, daun karijuga banyak mengandung zat besi, fosfor, karbohidrat, kalsium, dan berbagai vitamin termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin B dan vitamin E.

Apabila digunakan untuk pengobatan, beberapa penyakit bisa ditangani dengan menggunakan daun kari.Diantaranya adalah, diare, gangguan pencernaan, disentri, tukak lambung dan diabetes. Hal tersebut karena daun ini memiliki sifat antioksidan.

Selain itu, daun ini juga bisa membantu kita melindungi hati dan melawan kanker. Beberapa penelitian lain menemukan bahwa daun kari juga bermanfaat untuk melawan infeksi dan membantu agar jantung bisa berfungsi dengan lebih baik.

Di dalam dunia kecantikan, daun kari banyak digunakan untuk meremajakan kulit dan rambut.

Manfaat Daun Kari untuk Kesehatan

Cara Memanfaatkan Daun Kari

Daun ini bisa dimanfaatkan dengan dikonsumsi dalam bentuk jus atau pasta. Selain itu, di pasar mungkin anda juga bisa menemukan bumbu kari yang bisa ditambahkan kedalam sup dan sayuran atau semur dan kari.

Apabila bubuk daun kari campuran dengan air dan kemudian dikonsumsi, manfaatnya bagi kesehatan antara lain:

 

1.        Menyuburkan rambut

Salah satu manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi teh daun kari adalah rambut akan tumbuh dengan subur. Selain itu, minuman ini juga akan mempertahankan warna alami rambut. Sehingga rambut pun akan terlihat lebih hitam dan berkilau.

Bagi anda yang memiliki masalah dengan rambut rusak dan ketombe, tidak ada salahnya juga untuk mencoba mengkonsumsi secara rutin minuman ini.

 

2.        Menormalkan tingkat gula darah

Daun kari dipercaya bisa mengurangi kadar gula darah di dalam tubuh. Ini merupakan salah satu dari sekian manfaat yang bisa didapatkan apabila kita secara rutin mengkonsumsinya.

Daun ini mengandung serat yang memainkan peranan penting dalam menjaga agar kadar gula dalam darah terkontrol. Minumlah teh daun kari pada saat anda merasa lapar jika ingin mengontrol gula darah.

 

3.        Meningkatkan fungsi pencernaan

Apabila secara rutin atau setiap hari anda minum teh daun kari, manfaatnya bisa untuk meningkatkan pencernaan dan membantu ekskresi. Dengan demikian, bagi anda yang memiliki pencernaan sangat buruk dan tidak lancar, daun kari bisa mengatasinya.

 

4.        Sebagai antijamur dan antibakteri

Untuk melawan infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri, kita bisa memanfaatkan daun kari yang banyak mengandung antioksidan tersebut. Beberapa infeksi kulit seperti jerawat bisa diobati dan dikurangi dengan rutin mengkonsumsi teh daun kari.

 

5.        Menurunkan kolesterol

Dalam studi terbaru ditemukan bahwa daun kari juga bisa mengurangi kolesterol di dalam tubuh dan melindungi kita dari penyakit jantung.

 

6.        Baik untuk kesehatan mata

Vitamin A yang terkandung di dalam kali ini bisa bermanfaat untuk menjaga mata tetap sehat.

 

7.        Meredakan diare

Kandungan alkaloid karbazol yang terdapat di dalam daun kari memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi yang akan mengatasi sakit perut atau diare. Cara memanfaatkannya anda bisa meminumnya dua hingga tiga kali sehari.

 

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT


error: Content is protected !!