Manfaat Kulit Pisang dan Kulit Jeruk untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Pisang dan Kulit Jeruk untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Pisang dan Kulit Jeruk untuk Kesehatan – Buah-buahan, seperti yang kita tahu sangat baik untuk kesehatan dalam segala hal. Namun, apakah anda juga tahu bahwa beberapa buah-buahan memiliki kulit yang berkhasiat atau bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan? Diantara buah-buahan yang memiliki kulit bermanfaat adalah buah jeruk dan buah pisang. Jadi, mulai saat ini mungkin anda bisa menyimpan kulit jeruk dan kulit pisang untuk mengambil manfaatnya.

Terlebih dahulu anda harus mencuci kulit tersebut secara menyeluruh dengan baik karena biasanya mengandung pestisida sehingga memberikan efek negatif pada kesehatan. Atau, anda juga bisa memilih buah-buahan organik yang tidak mengandung pestisida misalnya diambil dari kebun sendiri.

Kulit buah mengandung nutrisi yang sangat banyak. Manfaatnya pun luar biasa, terutama untuk berbagai kondisi kesehatan. Kedua kulit buah tersebut bisa dimanfaatkan secara internal maupun eksternal.

Untuk memanfaatkannya, terlebih dahulu kita harus membuat bubuk dari kulit jeruk kering dan kemudian mencampurkannya dengan segelas air. Minum bubuk kulit jeruk dapat meringankan berbagai penyakit yang ada di dalam tubuh. Anda juga bisa menggunakan kulit jeruk saat mandi untuk meringankan stres dengan insomnia.

 

Manfaat Kulit Pisang dan Kulit Jeruk untuk Kesehatan

Secara lengkap, berikut adalah 10 manfaat dari kulit buah jeruk dan kulit buah pisang yang bisa anda dapatkan.

 

1.        Gangguan pencernaan dan mual

Kulit jeruk sudah pasti memiliki rasa yang sangat pahit. Setelah anda membuat bubuk dari kulit jeruk yang kering, ambil kira-kira 1 sendok teh lalu campurkan ke dalam segelas air. Minuman tersebut dapat digunakan untuk meredakan gangguan pencernaan, meredakan rasa mual,meredakan hati yang terasa terbakar (heart burn), sakit perut dan gangguan gas.Minuman ini juga dapat meningkatkan nafsu makan.

 

2.        Mengatasi dahak dan meredakan batuk

Apabila anda berdahak dan batuk-batuk sehingga pernafasan menjadi terganggu, anda bisa mengkonsumsi minuman bubuk kulit jeruk untuk mengatasinya. Kulit jeruk akan berfungsi untuk mengatasi infeksi saluran pernafasan.

 

3.        Anti-infective

Kulit jeruk memiliki minyak esensial yang berfungsi sebagai anti-mikroba dan anti inflamasi. Minyak ini dapat mengatasi berbagai infeksi usus dan perut. Selain itu,D-limonene dalam kulit jeruk juga bisa bermanfaat untuk mengurangi keasaman dan mencegah sembelit.

 

4.        Mengurangi tingkat kolesterol

Penelitian telah menunjukkan bahwa kulit jeruk dapat melarutkan trigliserida dan kolesterol sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh. Selain itu, kulit jeruk juga bisa membuat hati berfungsi dengan normal kembali.

 

5.        Mencegah kanker kolon

Kulit jeruk mengandung flavonoid yang dikenal sebagai hesperidina yang efektif melawan kanker usus besar dan osteoporosis.

 

6.        Meredakan stres dan rasa cemas

Minyak esensial yang terkandung pada kulit jeruk memiliki efek menenangkan dan membuat saraf menjadi lebih santai. Apabila anda mandi dengan air kulit jeruk, maka kualitas tidur dan efeknya yang menyenangkan akan membantu anda mengalahkan insomnia dan berubah mood menjadi lebih baik.

 

7.        Kulit pisang untuk memutihkan gigi

Gunakan bagian dalam kulit pisang untuk menggosok gigi anda selama kurang lebih dua menit setiap hari. Segera anda akan melihat efeknya dimana gigi akan tampil lebih cemerlang dan putih. Selain itu, kulit pisang yang digosokkan pada permukaan kulit yang digigitannyamuk, juga dapat meringankan rasa gatal.

 

8.        Mengatasi kutil

Untuk menghilangkan kutil pada kulit tidak perlu repot. Anda bisa menggunakan kulit pisang. Tidak hanya dapat menghilangkan kutil, namun kulit pisang juga dapat mencegahnya untuk timbul kembali.

Cara penggunaannya cukup sederhana, anda hanya perlu meletakkan kulit pisang semalaman di kulit yang terdapat kutil.Lakukan kurang lebih 1 minggu.Cara lain, anda juga bisa menggosokkan dengan lembut kulit pisang setiap hari pada kutil tersebut.

 

9.        Untuk melawan splinter (sempalan)

Kulit pisang bermanfaat juga digunakan untuk menghilangkan partikel kecil yang terperangkap di balik kulit seperti duri atau beling dan yang lainnya. Karena enzim yang ada pada kulit pisang akan membantu melonggarkan kulit dan mengeluarkan sempalan.

Jadi, anda bisa menggunakan sepotong kulit pisang kemudian letakkan atau gosokkan secara lembut di daerah di mana partikel tersebut terperangkap, kemudian cobalah mengangkatnya (duri tersebut) dengan jarum.

 

10.   Mengatasi sakit kepala

Kulit pisang bisa dimanfaatkan saat anda mengalami sakit kepala, coba letakkan kulit pisang di dahi anda. Biarkan beberapa lama hingga anda merasa lega. Coba cara ini sebelum anda menggunakan obat tablet pereda sakit kepala.

 

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details