15 Manfaat Sedekah di Hari Jumat yang Tidak Banyak Orang Tau

contoh-sedekah
Keistimewaan Bulan Ramadan, Berikut Amalan yang Ringan Dilakukan Namun  Besar Pahalanya - Tribunnewswiki.com Mobile

Jumat merupakan hari penuh berkah bagi umat Islam, bahkan Rasulullah SAW menyebutkannya secara jelas dalam hadits yang diriwayatkan HR. Muslim. Pantas saja, semua kegiatan di hari tersebut akan mendapatkan balasan lebih seperti sedekah jumat yang juga dianjurkan.

Banyak manfaat hebat yang akan dirasakan umat Islam, yang menjadikan kegiatan sunnah tersebut menjadi bagian dari ibadah pada setiap hari Jumat. Buat Anda yang selama ini belum tahu, wajib menyimak informasi berikut untuk mulai menjadikannya kegiatan rutin.

Dari Pahala Berlimpah Hingga Hubungan Terbaik Dengan Manusia

Dari sekian banyak manfaat bersedekah di hari jumat yang sudah sangat dirasakan golongan muslim yang melakukannya, terdapat 15 manfaat paling menakjubkan. Bahkan, tak disangka-sangka namun jadi realita. Apa saja manfaat tersebut?

  1. Pahala

Akan banyak pahala yang didapatkan, oleh seseorang yang melakukan sedekah pada hari Jumat. Mengutip Kitab Bughyatul Musytarsyidin disebutkan, jika memberikan sedekah kepada orang yang masih sehat maka pahalanya bisa mencapai 10 kali lipat.

Akan bertambah pahala menjadi 90 kali lipat, ketika sedekah diberikan kepada orang yang sedang sakit atau mendapatkan musibah. Lalu, ketika Anda memberikannya kepada anak yatim maka pahalanya bisa mencapai 900 kali lipat.

Jadi, kepada siapapun bisa memberikan sedekah karena imbalan pahala menanti. Termasuk kepada kedua orang tua hingga ulama. 

  1. Kuatkan Iman

Dengan bersedekah, iman akan dikuatkan untuk selalu berada di jalan Allah. Jika selama ini Anda merasa masih belum maksimal dalam beribadah, maka dengan merutinkan sedekah di hari penuh berkah tersebut secara bertahan keimanan akan meningkat seiring ibadah yang juga terus dilakukan.

Alasan yang paling masuk akal adalah, ketika memberikan sedekah Anda bisa melihat bahwa Allah sangat menyayangi Anda. Lihatlah betapa Anda masih diberi kelebihan dibanding orang lain, sehingga bisa berbagi dengan yang lebih membutuhkan.

  1. Tambah Rezeki

Jangan takut rezeki habis jika bersedekah, justru Allah SWT akan memberikan rezeki yang berlimpah bagi yang suka melakukannya. Apalagi jika dilaksanakan pada hari Jumat dan dengan cara tersembunyi, hanya untuk mengharapkan keberkahan dari Allah.

Sudah banyak orang yang merasakan manfaat ini, ketika mereka merasakan kesulitan dan melakukan sedekah. Tanpa disadari, balasan tak terduga akan diberikan oleh Allah SWT di waktu yang tepat.

  1. Sedekah di Bulan Ramadhan

Jika dibandingkan dengan bersedekah di hari biasa, bersedekah di hari Jumat pahalanya akan setara dengan sedekah pada bulan Ramadhan. Sesuai penjelasan dari ahli fikih Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, yang merupakan penghafal AL-quran dan ahli ilmu kalam.

Seperti diketahui, bulan Ramadhan adalah bulan paling mulia dibandingkan bulan lainnya dalam kalender Islam. Selain berpuasa 30 hari penuh, ibadah apapun yang dilakukan pada bulan tersebut akan mendapatkan imbalan luar biasa dari sang pemilik alam semesta.

  1. Perkuat Silaturahmi

Saat Anda memberikan sedekah kepada orang tidak mampu, mereka akan menjadi keluarga baru yang bisa saja akan membantu di kemudian hari. Begitu juga ketika sedekah diberikan kepada keluarga maupun kerabat membutuhkan.

Hubungan silaturahmi akan menjadi lebih baik, Anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk memperluas silaturahmi dengan siapa saja. Apalagi, kalau sedekah itu dilakukan di hari berkah yaitu hari Jumat.

  1. Mengikuti Sunnah

Melalui Hadits yang diriwayatkan HR. Muslim, Rasulullah mengatakan bahwa beribadah di hari Jumat sangat dahsyat manfaatnya. 

Rasulullah sendiri selalu melakukan sedekah di hari Jumat. Tentunya sebagai umat yang ingin mendapatkan tempat terbaik nantinya, tidak akan menyia-nyiakan kesempatan mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh kekasih Allah tersebut.

  1. Amalan yang Sangat Mulia

Sebagai hari berkah, melakukan ibadah di hari Jumat tentu sebuah amalan yang sangat mulia. Lebih maksimal jika sedekah dibarengi dengan mengucapkan shalawat kepada Rasulullah maka, tentunya kemuliaan akan bertambah sesuai izin Allah SWT.

  1. Menjadi Lebih Rendah Hati

Bersedekah akan membuat seseorang menyadari, bahwa masih banyak orang yang kurang beruntung dari dirinya. 

Sehingga rasa lebih menghargai orang lain dan rendah hati terpupuk dengan alami, apalagi jika menjadikan sedekah ini sebagai sebuah kewajiban untuk diamalkan.

Anda juga bisa mendidik buah hati untuk melakukannya bersama-sama, supaya mereka juga tumbuh menjadi pribadi yang rendah hati dan peduli terhadap kondisi sesama.

  1. Karunia Berlimpah

Dalam surat Al-Ghafir ayat 61-68 dijelaskan, di antaranya tentang karunia yang diberikan Allah kepada manusia. Terutama bagi manusia yang bersyukur pada karunia tersebut, melalui berbagai ibadah salah satunya bersedekah di hari yang mulia seperti hari Jumat.

  1. Lebih Mengerti Sesama

Percaya atau tidak, orang yang terbiasa bersedekah akan lebih memahami kondisi sesama terutama yang lebih susah darinya. Sehingga timbul kesadaran bahwa menyisihkan sedikit uang atau apapun, akan sangat berharga bagi orang yang sedang membutuhkan.

  1. Amal Soleh

Memaksimalkan ibadah di hari Jumat, termasuk di dalamnya sedekah akan menjadi amalan soleh bagi umat yang melakukannya.

Sesuai dengan penjabaran dalam kitab Al-Iqna, Rasulullah menganjurkan untuk bersedekah di hari Jumat dan menambah shalawat atas Rasulullah. Pada hari itu, Shalawat tersebut akan jadi amal soleh yang akan langsung dilihat oleh Rasulullah.

  1. Mencegah Kejadian Buruk

Tidak ada yang ingin mendapatkan kejadian buruk di dalam hidupnya, seperti salah satu kisah sedekah di hari jumat. Yang disebutkan ketika seseorang sedang tertimpa masalah kemudian bersedekah, tak lama berselang kejadian buruk bisa dihindarinya atas izin Allah SWT.

Jadi, jangan anggap enteng sedekah sekecil apapun di hari Jumat. Banyak hal baik yang akan Anda dapatkan, termasuk terhindar dari hal-hal yang tidak baik apapun bentuknya. Jangan lupa, untuk tetap beribadah wajib dan memperbanyak ibadah sunnah lainnya.

  1. Sedekah Diam-Diam Lebih Berkah

Dalam beberapa riwayat sahabat Rasulullah, disebutkan bahwa mereka meniru Rasulullah yang melakukan sedekah diam-diam tanpa ada yang mengetahuinya. Sehingga kesan ria atau sombong bisa dihindari, kemudian sedekah bisa lebih berpahala.

  1. Ikhlas dan Tawakal

Dengan memberikan sedekah hanya meminta ridha Allah dan ikhlas, manfaatnya akan sangat luar biasa. Terutama untuk menjadikan Anda sebagai pribadi yang lebih baik di mata Allah, tanpa embel-embel popularitas dan image positif di mata sesama manusia dari sedekah.

  1. Jadi Kebiasaan yang Menakjubkan

Akan menjadi khasiat sedekah di hari jumat, ketika Anda sudah menjadikannya kebiasaan. Bukan saja menjadikan Anda pribadi yang lebih baik untuk diri sendiri dan orang lain, tapi juga menjadi insan yang lebih dekat dengan penciptanya.

Jadi mulai sekarang jangan abaikan untuk melakukan sedekah di hari berkah, karena Anda akan mendapatkan keistimewaan Jumat yang luar biasa. Untuk bersedekah tanpa pusing mau diberikan kemana, Anda bisa menyalurkannya melalui Sahabat Yatim. Dimana nantinya sedekah tersebut akan diberikan kepada orang yang membutuhkannya.

Sudah sangat jelas terlihat bahwa hari jumat sedekah apapun dan sebesar apapun, manfaatnya akan sangat dahsyat bagi kehidupan Anda. Bukan saja saat ini, tapi sepanjang hidup hingga akhirat nanti. Jangan tunggu lagi, segeralah bersedekah dan berikanlah dengan ikhlas dan tanpa pamrih.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details