Menanamkan Cinta Islam Sejak Dini kepada Anak

15607418445d0707d43ff7d

Bismillahirrohmanirrohim.Menanamkan Cinta Islam Sejak Dini kepada Anak. Bagi anak-anak tidak dibebankan atau tidak diberi kewajiban dalam menjalankan perintah agama yang belum mencapai umur baligh, anak usia sebelum baligh dalam memahami sesuatu belum bisa sempurna  dan akal nya juga belum bisa mengolah pembelajaran melaksanakan ibadah keagamaan.  Sabda Rasulullah shalallahu alaihi wa salam : “ Diangkat pena (taklik hukum) dari tiga golongan: orang tidur hingga bangun, anak-anak hingga baligh dan orang gila hingga sadar.” (HR al – Baihaqi).

Supaya anak kita ketika baligh bisa memahami dan istiqomah dalam melaksana kan perintah dan menjauhi larangan apa yang diajarkan sebagai seorang muslim. Maka kita sebagai orang tua diwajibkan untuk memberi pengajaran kepada anak kita tentang sangat pentingnya ajaran syariah islam.

Dalam mengajarkan anak-anak kita ajarkan yang paling mendasar dan itu adalah pondasi yang harus kita ajarkan karena akan dipakai setiap hari dan sampai nanti ketika dewasa  seperti menjalankan ibadah rutin sejak dini , bersikap sopan dan santun kepada kedua orang tua, cara membaca alquran yang baik dan benar, memberi pengetahuan agama selalu memakan makanan yang diharamkan oleh allah subhanahu wa ta’ala, menjauhi perbuatan yang tidak sesuai dengan syariah islam, dan juga  mengajarkan sejak dini tentang bacaan sholat serta gerakannya.

Untuk pengerjaan sholat ada hadis Rasulullah bersabda, “ suruh lah anak-anak kalian agar mendirikan shalat tatkala mereka telah berumur tujuh tahun dan pukulah (Jika tidak mau sholat) jika mereka telah menginjak usia sepuluh tahun “ Diriwayatkan oleh Abu Dawud ( no. 495), Ahmad (II/180,187).

Hadist diatas kita bisa simpulkan bahwa kita diperintahkan untuk memberi pelajaran agama islam sejak dini dalam memberikan pengajaran kepada anak kita seperti mengajarkan Akidah, adab dan juga syariah  adalah sebagian dari syariah islam yang tidak mungkin bisa kita pisahkan. Dan dalam mengajarkan anak, kita sebagai orang tua harus berpedoman dengan mengikuti apa sudah nabi kita Muhammad shalallahu alaihi wa salam contohkan.

Begitulah sedikit artikel singkat tentang Menanamkan Cinta Islam Sejak Dini kepada anak, semoga artikel ini bermanfaat buat kalian . terima kasih.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details