Mengenal Riba dan Kaitannya dengan Bunga Bank

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Di dalam  hukum islam pastinya Riba adalah Haram , tetapi di dalam prakteknya di masyarakat  masih banyak yang belum memahami   tentang praktik riba dan apalagi dalam urusan transaksi dengan pinjaman bank .  dari segi bahasa Riba adalah tambahan yang dimana akan mendapatkan kelebihan  dari nilai awalnya. Contohnya bapak yoga memberikan pinjaman uang kepada  bapak yuda , tetapi ada syaratnya , yaitu bapak yuda nanti saat membayar hutangnya  harus ada tambahan sekian persen   dari pokok yang dipinjam.

Apakah Bunga dari Bank termasuk riba?

Tanpa disadari oleh masyarakat kalau  praktik riba sudah sangat beredar di dalam kehidupan kita dalam sehari-hari,  apalagi yang terkait dengan bunga bank. Bunga bank merupakan suatu kelebihan yang ditarik oleh bank dan biasanya sudah ditetapkan dengan jumlah persentase yaitu 5% sampai 10% dengan waktu bulanan atau tahunan  yang dihitung dari berapa pinjaman yang diambil dari nasabah.

Di dalam bank syariah umumnya akan memakai istilah dengan margin keuntungan dan kalau bunga bank dipakai oleh bank-bank konvensional. Perlu diketahui kalau bunga bank adalah tulang punggung yang nantinya dipakai untuk biaya operasional dan menarik keuntungan  oleh  bank konvensional.  Dan juga bunga bank bisa menjadi manfaat terhadap bank dan nasabah  sebagai berikut:

  1.       Bunga pinjaman sebagai balas jasa yang nantinya akan diberikan kepada nasabah bank terhadap produk bank yang sudah dibeli  nasabah.
  2. Bunga Simpanan  merupakan  harga yang wajib diberikan oleh bank kepada nasabah( pemilik simpanan) , dan juga bunga menjadi harga yang wajib untuk dibayar oleh seorang nasabah kepada bank ( nasabah yang mendapatkan pinjaman).

Janis –Jenis Bunga Bank:

Di dunia perbankan terdapat dua jenis bunga yang  nanti bank akan memberikannya kepada nasabah , yaitu:

  1. Bunga simpanan, merupakan bunga yang nantinya  akan dijadikan balas jasa kepada nasabah yang telah menyimpan uangnya di bank. Contohnya : bunga tabungan dan bunga deposito.
  2. Bunga pinjaman  merupakan bunga yang nantinya akan ditanggung oleh nasabah  bank yang memiliki pinjaman di bank contohnya : bunga kredit.

Pendapatan  dari bank konvensional   didapatkan dari kedua jenis  bunga bank yang telah disebutkan diatas . jika bunga simpanan tinggi maka dengan secara tidak langsung bunga pinjaman ikut menjadi naik dan begitu pula sebaliknya.

Bunga bank  Hukum di dalam ajaran islam adalah Haram . Riba bisa terlaksana melalui pinjaman yang bersifat konsumtif,  maupun pinjaman yang produktif. Dan   Riba di dalam Bunga bank merugikan  peminjam.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!