menu sarapan sehat untuk anak

menu sarapan sehat untuk anak

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

menu sarapan sehat untuk anak – Apakah anda memiliki anak yang jarang sarapan? Modern ini, para orang tua semakin sibuk semakin malas pula untuk bangun pagi. Kebiasaan bangun kesiangan dan malas memasak untuk sarapan sebenarnya sangat merugikan terutama untuk anak anda.

Anak yang terbiasa tidak sarapan pagi, biasanya akan membawa kebiasaan ini hingga mereka remaja atau tua. Parahnya lagi, kebiasaan ini juga membuat mereka kesulitan menghadapi pelajaran atau kesulitan mengambil keputusan penting karena kurangnya kosentrasi dan kinerja otak.

Kebiasaan meninggalkan sarapan dapat menyebabkan seseorang anak kesulitan untuk berkonsentrasi dan menerima pelajaran di sekolah.Sarapan tidak boleh sembarangan, menu yang disajikan pun harus bergizi dan mengandung nutrisi.

Mengapa Sarapan Penting Untuk Anak?

Manfaat sarapan untuk anak

Sarapan membantu kesehatan dan kecerdasan anak-anak, nutrisi dan serat merupakan bagian penting yang harus dikonsumsi oleh anak-anak setiap pagi untuk menghadapi hari mereka yang berat. Buah-buahan dan sereal gandum merupakan sumber kalsium dan mineral yang harus mereka konsumsi. Selain itu minuman seperti susu atau yogurt sangat baik bagi anak-anak.

Pernahkah anda membayangkan seorang anak yang tidak sarapan dan harus mengikuti kegiatan olahraga, menjawab pertanyaan, dan berbagai kegiatan penting di sekolah mereka?

Tidak sarapan atau lupa sarapan akan membuat anak sulit untuk berkonsentrasi karena merasa lapar, beberapa penelitian mengatakan bahwa: Anak-anak yang sarapan lebih mungkin untuk berperilaku baik di sekolah dan bergaul dengan teman-teman mereka, dibandingkan dengan anak yang tidak sarapan.

Sarapan dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak anak, terlebih dalam beberapa mata pelajaran seperti matematika, membaca, ujian standar, serta anak yang sarapan juga memiliki kemampuan ingatan yang lebih baik.

Anak yang tidak sarapan cenderung untuk memiliki kelebihan berat badan, hal ini dipicu karena anak yang tidak sarapan akan menjadi lapar di siang hari maupun sore hari sehingga mereka akan makan lebih banyak dibanding jika dia sarapan.

Β 

Cara membuat sarapan instan

Membuat sarapan yang kaya gizi sebenarnya tidaklah terlalu sulit, membuatnya hanya butuh beberapa menit saja. Contohnya, anda bisa membuat sereal yang dicampur dengan buah dan susu.

Sereal yang memiliki kandungan gula rendah sangat baik untuk sarapan anak, dan tentu saja yang anda butuhkan hanyalah sebuah mangkok dan sendok. Ini adalah cara termudah untuk menghidangkan sarapan yang pembuatannya tidak lebih dari 2 menit saja.

 

Berikut adalah beberapa pilihan sarapan yang bisa disajikan secara cepat namun tetap sehat.

  • Satu porsi telur orak arik yang dicampur dengan irisan tomat dan roti panggang.
  • Yogurt rendah lemak yang dicampur dengan buah dan granola. Granola adalah makanan yang biasa disajikan untuk sarapan terdiri dari gandum yang digulung, kacang-kacangan, madu, dan beras.
  • Wafel Gandum yang dicampur dengan jus buah asli
  • Pisang dan granola yang rendah gula

Beberapa makanan di bawah ini adalah makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi terutama pada saat sarapan.

Anak-anak tidak boleh mengkonsumsi minuman berenergi yang mengandung kafein. minuman seperti ini dapat membuat jantung berpacu lebih cepat, membuat seseorang gelisah, dan dapat membuat anak mudah marah.

Selain itu cobalah untuk tidak memakan coklat atau sereal manis ketika sarapan. Karena, makanan ini merupakan makanan penutup bukan makanan pembuka (sarapan).

Jika anda memiliki anak yang sulit untuk diajak sarapan cobalah untuk melakukan beberapa tips di bawah ini.

  • Ajak anak-anak untuk berbelanja, misalnya membeli sereal yang mereka sukai, cara ini akan memberikan kesempatan lebih besar kepada anak untuk memakan sarapan mereka.
  • Memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih sarapan yang mereka inginkan akan membuat mereka lebih tertarik untuk sarapan. Setelah kebiasaan sarapan mengakar pada anak, anda bisa membimbing mereka sedikit demi sedikit untuk memilih sarapan sehat.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!