Tips Anda yang Ingin Menyumbang di Panti Asuhan!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Menyumbang ke panti asuhan adalah salah satu perbuatan yang mulia, dimana Anda bisa berbagi dengan yang membutuhkan. Tapi, tak sedikit yang masih bingung apa yang harus dilakukan sebelum memberi sumbangan panti asuhan supaya bisa lebih tepat sasaran.

Sebagai tempat hidup anak kurang beruntung karena tidak memiliki orang tua, kemudian harus hidup seadanya. Tentu mereka butuh uluran tangan untuk bisa merasakan hidup lebih baik. Berikut ini, tips yang bisa diterapkan jika Anda mau menyumbang untuk panti asuhan.

Sebelum Menyumbang di Panti Asuhan

Sebenarnya kapanpun Anda mau menyumbang bisa segera dilakukan, tapi ada baiknya melakukan persiapan supaya apa yang diberikan bisa bermanfaat bagi anak-anak panti asuhan. 

  • Kemana Akan Menyumbang

Anda perlu mencari tahu dulu panti asuhan mana yang akan dijadikan tempat menyumbang, berhubung saat ini banyak jenisnya yang ada di Indonesia. Seperti, bina remaja yang khusus membimbing dan merawat anak yang putus sekolah.

Lalu ada lagi panti sosial asuhan, jenis yang paling banyak ada dan memiliki fungsi maksimal dalam perkembangan dan perlindungan anak kategori yatim piatu, yatim, atau piatu. Termasuk juga yang menampung anak-anak terlantar dan dhuafa.

Ada juga jenis bina karya, bina grahita, bina daksa, petirahan, dan masih banyak lagi. Dimana tujuan utamanya memang memberikan tempat lebih layak dan aman bagi anak-anak dan remaja hingga tua, agar bisa hidup lebih nyaman dan menggapai masa depan lebih baik.

Jadi, sangat penting mengetahui jenis panti asuhan ini supaya Anda bisa lebih fokus memberikan bantuan sesuai yang mereka butuhkan.

  • Tentukan Kebutuhan Panti Asuhan

Setelah menentukan jenis panti asuhannya, Anda perlu mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan oleh panti tersebut. Tak melulu harus uang, dalam menyumbang bisa dalam bentuk apapun dan tidak dipaksakan.

Misalnya, di panti A tersebut sangat membutuhkan perlengkapan belajar bagi anak SD. Seperti buku tulis, pensil, pena, dan tas. Maka Anda bisa mempersiapkan sumbangan dalam bentuk tersebut agar lebih tepat guna.

Beda lagi, jika panti B yang ternyata sangat butuh dana segar untuk biaya makan dan sekolah anak-anak asuhnya. Maka Anda bisa menyumbang uang sesuai kesanggupan Anda, agar bisa dimanfaatkan oleh pengelola untuk memenuhi kebutuhan anak asuhnya.

  • Niatkan Dengan Ikhlas

Niatkanlah dengan ikhlas ketika ingin menyumbang ke panti asuhan, supaya Anda lebih nyaman saat melakukannya secara rutin. Seperti para donatur panti asuhan, yang kebanyakan tidak ingin dikenali jati dirinya sebab niat mereka memang ingin membantu.

  • Pilih Cara Menyumbang yang Tepat

Banyak cara menyumbang yang bisa Anda pilih, mulai dari cara langsung datang dan memberikan kepada pihak panti asuhan. Kemudian, dengan cara menitipkannya kepada pihak ketiga untuk disampaikan ke panti asuhan.

Bisa juga dengan mencari media penghubung secara online, yang akan mendistribusikan sumbangan Anda ke panti asuhan. Sehingga, akan lebih hemat waktu bagi Anda yang memiliki tingkat kesibukan tinggi namun ingin memberikan sumbangan anak yatim atau lainnya.

Jenis Sumbangan yang Diberikan

Jual PAKET SEMBAKO MINI KUMPLIT PAKET SEMBAKO MINI KUMPLIT harga murah  ralali.com Harga Grosir 2021 | Ralali.com

Banyak jenis sumbangan yang bisa Anda berikan untuk panti asuhan, secara umum apapun bisa disumbangkan asalkan layak untuk digunakan oleh anak-anak dan penghuni panti asuhan. Tapi, beberapa diantaranya sangat disarankan untuk jadi pilihan jenis sumbangan.

  • Sembako

Anda bisa menyumbang makanan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, mie instan, telur, susu. Termasuk makanan bayi dan suplemen, untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak panti asuhan.

Selain itu, juga bisa berbentuk makanan tambahan seperti roti-rotian, kue, kerupuk, dan lainnya yang juga akan bermanfaat untuk menunjang nutrisi mereka.

  • Kebutuhan Sekolah

Mencakup, buku, alat tulis, tas, baju seragam, tempat makan dan minum, yang akan digunakan anak panti asuhan ketika mereka belajar di sekolah. Ini akan sangat membantu, jika Anda ingin menyumbang di panti asuhan jenis sosial asuhan.

Dimana pengelola, menitikberatkan pendidikan dan memberikan kehidupan yang layak bagi anak-anak tersebut.

  • Kebutuhan Bermain

Ketika Anda ingin memberikan warna ceria bagi masa kecil anak panti asuhan, bisa juga dengan memberikan berbagai jenis mainan. Sehingga ketika memiliki waktu luang, mereka bisa menggunakannya dengan bermain dan tidak merasa tertekan selama berada di panti tersebut.

Misalnya, bola basket, boneka, mainan kartu monopoli, mainan edukasi lainnya yang bisa merangsang perkembangan otak anak.

  • Kebutuhan Ibadah

Untuk membuat anak panti lebih dekat dengan agama, kebutuhan panti asuhan yang juga bisa dijadikan pilihan sumbangan adalah kebutuhan ibadah mereka. Jadi, akan lebih mudah mengingatkan mereka untuk beribadah ketika waktunya tiba.

  • Dana Tunai

Kalau Anda ragu dan tidak punya banyak waktu untuk melakukan survei kebutuhan dari panti asuhan, jenis sumbangan yang bisa dipilih adalah uang tunai. Bisa langsung diberikan kepada pengelola panti, untuk digunakan membeli keperluan anak-anak di sana.

Anda juga bisa mengirimkannya melalui penyalur sumbangan anak yatim, tentunya dengan latar belakang yang sudah jelas. Supaya dana yang disalurkan benar-benar tepat sasaran sesuai harapan Anda.

  • Tenaga dan Waktu

Tak selamanya sumbangan yang diberikan untuk anak yatim harus berbentuk uang atau barang, Anda juga bisa memberikan waktu dan tenaga Anda untuk merawat mereka. Termasuk memberikan dukungan bagi mereka agar tetap semangat menjalani hidup.

Misalnya, dengan menjadi sukarelawan di panti asuhan yang bertugas mengajarkan anak-anak balita tentang banyak hal. Jenis sumbangan untuk panti asuhan ini, akan sangat bermanfaat ketika Anda melakukannya dengan tulus.

Apa Saja Manfaat dari Menyumbang ke Panti Asuhan?

Tanpa disadari, banyak manfaat yang akan dirasakan ketika Anda secara rutin menyumbang untuk panti asuhan. Mau tahu apa saja?

  • Harta Menjadi Lebih Berkah

Sesuai dengan salah satu makna firman Allah di dalam Surat Saba ayat 39, dimana sedekah merupakan pembuka pintu rezeki. Ketika Anda menyumbang, maka harta yang dimiliki akan lebih berkah dan pintu rezeki lain akan mudah untuk terbuka bagi Anda.

Mungkin tidak akan langsung terasa, namun di saat yang tepat Anda akan mendapatkan ganjaran atas sumbangan yang sudah diberikan tersebut.

  • Menjauhkan Diri Dari Api Neraka

Melakukan perbuatan baik sejatinya akan menjauhkan manusia dari panasnya api neraka, termasuk menyumbang yang masuk dalam kategori bersedekah. Jadi, jangan abaikan untuk melakukannya secara rutin.

  • Terhindar dari Kesombongan

Orang yang suka menyumbang akan memiliki sifat yang lebih rendah hati, mereka akan terhindar dari sifat sombong. Seperti dijelaskan dalam Surat Al-Baqarah ayat 262, terutama jika Anda memberikan sumbangan tanpa embel-embel ketenaran dan ingin lebih dikenal sebagai orang baik. 

  • Paham Arti Penting Berbagi

Melihat orang susah dan memberikan mereka apa yang dibutuhkan, pastinya akan memberikan kebahagiaan tersendiri. Anda akan lebih paham bahwa berbagi itu sangat penting.

Sudah siap untuk memberikan sumbangan anak yatim? Jika ingin melakukannya secara online, Anda bisa memilih Sahabat Yatim untuk menyalurkan sumbangan Anda ke panti asuhan yang tepat. Dijamin amanah dan Anda akan tenang menyumbang rutin untuk berbagai panti asuhan.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!