(021) 5312 6107

5 Mukjizat Nabi Adam AS, Khalifah Pertama di Bumi

JELAJAH

Mukjizat Nabi Adam AS – Manusia diciptakan oleh Allah sebagi khalifah untuk memimpin, menjaga, mengelola, dan memanfaatkan apa yang ada di muka bumi dengan baik. Khalifah pertama yang diciptakan oleh Allah dan yang merupakan salah satu nabi Allah adalah Nabi Adam AS.

Beliau merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah dan pada akhirnya diturunkan di muka bumi. Nabi Adam AS juga diberikan mukjizat tersendiri sebagai seorang nabi. Mukjizat Nabi Adam AS sangatlah istimewa jika dibandingkan dengan nabi-nabi Allah lainnya.

Nabi adalah utusan Allah SWT yang diberikan keutamaan oleh Allah mendapatkan rahmat dan hidayah-Nya. Namun demikian, ia tidak berkewajiban untuk menyampaikannya kepada orang lain atau kepada umatnya.

Sedangkan rasul adalah utusan Allah SWT yang diberikan keutamaan dan wajib menyampaikannya kepada orang lain atau kepada umatnya.

Sebagaimana yang telah dijelaskan di dalam salah satu hadits, Nabi dan Rasul yang diutus oleh Allah di muka bumi ini berjumlah ratusan ribu orang.

Namun demikian, terdapat 25 nama nabi dan rasul yang seringkali disebutkan dalam Al-Quran dan Al-Hadits. 25 nabi ini juga sering diceritakan mengenai mukjizat-mukjizat yang Allah berikan kepada mereka.

5 Mukjizat Nabi Adam AS yang Istimewa

mukjizat nabi adam as

Sebagai Khaliah dan Nabi Allah yang pertama, mukjizat Nabi Adam AS sangatlah banyak dan istimewa. Mukjizat sendiri merupakan kemampuan, kekuatan, atau pemberian Allah SWT yang sangat luar biasa dan tidak dimiliki oleh orang lain.

Mukjizat diberikan kepada para nabi dan rasul sebagai bukti kebenaran akan dirinya yang merupakan utusan Allah, untuk mengukuhkan kebenaran kenabiannya, mengatasi gangguan, serta mengalahkan musuh-musuhnya dalam membawa kebenaran Allah SWT.

Beberapa mukjizat Nabi Adam AS yang begitu istimewa di antaranya sebagai berikut:

1. Mukjizat Nabi Adam AS: Sebagai Khalifah Pertama di Bumi

Mukjizat Nabi Adam AS

Salah satu mukjizat Nabi Adam AS adalah beliau sebagai khalifah pertama di muka bumi ini. Sebagaimana yang telah diceritakan dalam Al-Quran, Allah telah menciptakan manusia dari segumpal tanah dan akan menjadikannya sebagai khalifah di muka bumi.

Nabi Adam AS yang telah diciptakan oleh Allah pun kemudian diberikan pasangan yang diambil dari tulang rusuknya yang paling atas, dan jadilah Hawa.

Kemudian karena Nabi Adam dan Hawa melanggar suatu peraturan yang telah ditetapkan oleh Allah, akhirnya mereka dikeluarkan dari syurga dan diturunkan ke muka bumi.

Dirinya yang merupakan manusia sekaligus khalifah pertama di muka bumi merupakan salah satu mukjizat Nabi Adam AS yang telah Allah berikan.

2. Mengenal Berbagai Nama Benda dan Mahluk di Bumi

Mukjizat Nabi Adam AS yang lainnya adalah Allah memberikannya ilmu pengetahuan yang luar biasa. Sebagaimana yang tertera dalam surat Al-Baqarah, Allah SWT mengajari Nabi Adam AS mengenai nama-nama mahluk ciptaan Allah yang ada di seluruh muka bumi ini.

Kemudian beliau mengajarkannya kepada para malaikat. Allah SWT juga memerintahkan seluruh mahluk ciptaannya untuk bersujud kepada Allah. Semua mahluk ciptaan Allah bersujud kepada Nabi Adam AS, kecuali Iblis.

Akhirnya iblis pun dikeluarkan dari syurga dan meminta izin untuk bisa menjadi musuh dan gangguan bagi para manusia dalam bersujud dan menyembah Allah SWT sampai hari kiamat nanti.

Allah SWT pun menerima permintaan iblis dan menurunkannya di muka bumi untuk merintangi manusia dari jalan yang lurus menuju Allah SWT. Iblis berjanji untuk menyesatkan manusia dan mengajak manusia ke dalam api neraka.

Pengetahuan Nabi Adam AS yang luar biasa mengenai seluruh benda atau mahluk ciptaan Allah merupakan mukjizat Nabi Adam AS sebagai nabi pertama di muka bumi ini.

Beliau diturunkan di muka bumi sebagai mahluk yang paling sempurna jika dibandingkan dengan mahluk lain seperti gunung, hewan, tumbuhan, iblis, bahkan malaikat sekalipun.

3. Mukjizat Nabi Adam AS: Umur Nabi Adam AS

Mukjizat Nabi Adam AS yang lain adalah Allah memberikannya umur yang sangat panjang. Ibnu Abbas dan Abu Hurairah meriwayatkan bahwa usia Nabi Adam AS yang tertulis di laukhil mahfudz adalah 1000 tahun.

Sedangkan di Kitab Taurat juga dijelaksan bahwa umur Nabi Adam AS adalah 930 tahun. Ini menunjukkan bahwa umur Nabi Adam AS jika dibandingkan dengan rerata umur manusia pada zaman ini sangatlah berbeda jauh, bahkan sekitar 10 kali lipat jika rerata umur manusia adalah 100 tahun.

Kita sebagai umat Nabi Muhammad ini hanya diberikan kesempatan untuk hidup selama 60 tahun. Hal tersebut telah dijelaskan bahwa rerata umur umat Nabi Muhammad hanyalah 60 tahun. Adapun yang lebih dari itu adalah sangat jarang dan merupakan kemurahan yang diberikan oleh Allah SWT.

Umur Nabi Adam AS yang begitu panjang ini pun menjadi salah satu mukjizat istimewa yang diberikan oleh Allah SWT kepada khalifah dan nabi pertamanya yang diturunkan di muka bumi ini.

4. Tinggi Nabi Adam AS

Allah SWT juga telah memberikan Nabi Adam AS dengan suatu mukjizat yang istimewa, yakni tinggi badannya yang begitu luar biasa tingginya.

Mukjizat Nabi Adam AS berupa tinggi badannya ini juga dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya sebagaimana yang diriwayatkan oleh Bukhari. Bukhari meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad pernah menceritakan bahwa tinggi Nabi Adam AS adalah sekitar 60 hasta atau sekitar 30 meter.

Bayangkan hal tersebut dengan tinggi badan manusia di zaman ini, betapa tinggi dan besarnya beliau Nabi Adam AS. Bahkan, orang tertinggi di dunia yang tercatat di Guinness World Records saja masih sekitar 1/10 jika dibandingkan dengan ukuran tinggi Nabi Adam AS.

Kita sebagai umat Nabi Muhammad sekaligus manusia yang hidup di zaman akhir. Yang tentu saja terbentang jarak waktu yang begitu panjang dengan Nabi Adam hanya bisa mempercayainya. Dan menjadikannya sebagai pelajaran dan hikmah dalam beribadah dan menyambah Allah SWT.

5. Anak Nabi Adam AS

Mukjizat lain yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Adam AS adalah mengenai anak-anak Nabi Adam AS. Dijelasakan dalam suatu Hadits, bahwa pasangan Nabi Adam AS dan Hawa dikaruniai oleh Allah SWT dengan 25 anak.

Semua anak Nabi Adam AS dan Hawa pun dilahirkan dengan berpasang-pasangan atau kembar putra dan putri. Kecuali anak kelima yang menjadi Nabi Syits AS.

Allah SWT telah menciptakan anak-anak Nabi Adam AS dan Hawa berpasang-pasangan. Dan kelak akan menjadi pasangan suami istri yang akan memperbanyak keturunan Nabi Adam AS dan Hawa di muka bumi ini. Ini merupakan salah satu mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Adam AS.

Sebagai umat Nabi Muhammad SAW, kita hanya bisa meyakini dan menjadikannya sebagai hikmah dalam memperkuat keimanan kita kepada Allah SWT.

Berbagai cerita yang diriwayatkan dalam Al-Quran dan Al-Hadits mengenai mukjizat Nabi Adam AS harus bisa dijadikan sebagai hikmah dan kita yakini kebenarannya. Wallahu a’lam bisshawab.


error: Content is protected !!