Pengaruh Zakat Dalam Mengentaskan Kemiskinan Umat Islam

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim.Pengaruh Zakat Dalam Mengentaskan Kemiskinan Umat Islam.seorang yang beragama muslim selalu bersungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan Apapun. Terutama dalam urusan mencari rezeki untuk kebutuhan dirinya , dan juga keluarganya dan juga untuk berinfak  sebagaimana untuk meninggikan agama islam.  Untuk mendapatkan pahala dan ridha dari Allah subhanahu wa ta’ala dengan imbalan pahala yang sangat besar  dengan cara bekerja dalam mendapatkan rezeki  yang halal dan sesuai dengan ketentuan allah  dan mengharap ridha dari allah.

Bagi para umat muslim yang mempunyai harta yang lebih atau mempunyai kelebihan rezeki memiliki tanggung jawab dalam  membantu familinya yang kurang mampu dalam bekerja  yang disebabkan karena sakit kronis,tua renta dan juga usia anak-anak .

Agama islam memiliki perhatian lebih dalam kehidupan sosial ,dan juga selalu memperhatikan  masyarakat yang kurang mampu.  Maka dari itu agama islam selalu mewajibkan mengeluarkan zakat Pada orang yang memiliki kekayaan yang berlebih, yang hartanya sudah sampai masa nisab dan juga haul, seperti harta dagangan,tanaman,emas dan perak,binatang ternak dan juga zakat fitrah.

Dalam mengatasi  kemiskinan dan juga membantu  masyarakat fakir miskin dari yang kesulitan ekonomi , dan yang utama dalam kesulitan sandang dan pangan, merupakan tujuan utama dari Zakat. Orang fakir dan juga miskin adalah yang paling berhak mendapatkan zakat. Rasulullah pernah memberi perintah agar menyalurkan zakat kepada orang fakir dan miskin.  Seperti waktu itu Rasulullah pernah mengutus Muadz ke yaman untuk mengambil harta zakat kepada orang-orang kaya di yaman  yang nantinya akan di berikan kepada orang – orang fakir kepada penduduk yang tinggal di yaman.

Zakat sangat memiliki peran yang begitu penting untuk membantu mengatasi kemiskinan, jika dilakukan dengan benar dan di manajemen dengan profesional, sebab dana zakat yang diperoleh dari mengumpulkan hasil zakat begitu banyak , yang didapatkan dari bermacam –macam , zakat yaitu zakat dagangan, 2,5% emas dan perak 25% , zakat tanaman 10% jika memakai biaya dan jika tidak memakai biaya zakat hanya 5%. Ulama berpendapat setiap semua tanaman  wajib dizakati, yaitu beras,gandum,jagung,manga,tebu, dan lainnya memiliki kewajiban untuk berzakat.

Demikian penjelasan Pengaruh zakat dalam mengentaskan kemiskinan Umat islam. Bisa disimpulkan begitu besar kedudukan dan pengaruh zakat untuk kesejahteraan masyarakat, dan juga bisa membuat mengatasi kemiskinan  dan jika di manajemen dengan baik dan profesional . jadi kedamaian  dan bersama –sama mencintai satu sama lain,  dikarenakan orang kaya akan memperdulikan dan juga memperhatikan orang miskin, dan begitu juga orang miskin menghargai dan saling menghormati yang kaya.

Wallahu a’lam Bish shawab

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!