Memaknai Peran Pemuda dalam Mengisi Kemerdekaan Saat Ini!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 silam, memiliki makna yang mendalam bagi para pemuda saat itu. Peran pemuda Indonesia demi mewujudkan kemerdekaan Indonesia sangatlah besar. Masa depan bangsa Indonesia saat itu ditentukan oleh para golongan muda.

Perjuangan kemerdekaan Indonesia tak lepas dari peran generasi muda saat itu. Itulah sebabnya, hingga saat ini peran pemuda Indonesia juga sangat penting untuk kemajuan dan juga pembangunan bangsa saat ini.

Perjuangan Bangsa Indonesia

Generasi muda sangat diandalkan dalam pembangunan bangsa, karena memiliki fisik yang kuat, kreativitas tinggi, dan pengetahuan yang inovatif, sehingga disebut dengan aktor pembangunan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi kemerdekaan di zaman sekarang.

Baik atau buruknya suatu negara bisa dinilai dari bagaimana kualitas pemuda yang hidup di dalamnya. Bangsa Indonesia akan mengalami kesulitan dalam pembangunan, kemajuan, dan perubahan jika tidak ada peran dari generasi muda.

Bahkan identitas bangsa pun akan memudar seiring dengan berjalannya waktu. Titik tertinggi dari perkembangan jiwa manusia di masa sekarang adalah berada di usia pemuda. Perjuangan yang dilakukan Ir Soekarno pun tak lepas dari peran para pemuda di zamannya.

Golongan tua dan muda saling membantu demi kemerdekaan Indonesia, dan merebut Indonesia dari tangan penjajah. Para pemuda di zaman kemerdekaan, menjadi penggerak kebangkitan bangsa sehingga mereka mendesak Soekarno untuk mempercepat pembacaan proklamasi.

Bukan hanya peran pemuda saja, tetapi peran Moh Hatta dalam proklamasi kemerdekaan juga sangat besar. Hingga akhirnya terwujudlah keinginan bangsa Indonesia saat itu, yaitu kemerdekaan di tanggal 17 Agustus 1945.

Tonggak sejarah yang juga penting dan melibatkan para pemuda di zaman peperangan dulu, adalah lahirnya sumpah pemuda melalui kongres pemuda yang dilakukan oleh para pemuda di zamannya. Maka setiap tanggal 28 Oktober diperingati Hari Sumpah Pemuda di Indonesia.

Peran Pemuda dalam Mengisi Kemerdekaan Indonesia

Foto Artikel : 91 Tahun Pemuda Indonesia, Berpikir Radikal Secara  Skeptis-Analitis-Kritis - Kompasiana.com

Keberhasilan sebuah negara bisa dilihat dari kualitas pemudanya, begitulah yang sering diserukan selama ini. Maka bangsa yang berkualitas adalah bangsa yang memiliki sejumlah pemuda yang mau berjuang dengan negaranya.

Arti penting proklamasi bagi bangsa indonesia juga dirasakan oleh para pemuda Indonesia. Bukan hanya sejak dahulu, tapi sampai saat ini. Bagi berbagai perubahan sosial yang terjadi di lingkungan terutama lingkungan mahasiswa, memiliki peran dari para pemuda.

Sehingga pemuda disebut dengan agen perubahan di suatu negara. Sikap kritis dan semangat yang dimiliki para pemuda, akan menjadi kekuatan yang menyadarkan serta mempengaruhi masyarakat dalam melakukan gerakan perubahan sosial.

Mungkin Anda juga memahami bahwa tak semua kebijakan pemerintah disetujui oleh rakyatnya, dan disitulah peran pemuda masa kini untuk merubahnya. Masih banyak tugas pelajar dalam mengisi kemerdekaan yang lainnya, yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pemuda menjadi harapan dari sebuah bangsa, dan tulang punggung bangsa di masa depan. Berikut ini beberapa peran pemuda Indonesia saat ini yang perlu Anda ketahui:

  1. Sebagai Agen Perubahan

Peran pemuda Indonesia saat ini harus menjadi pusat kemajuan bangsa dalam hal perubahan. Caranya bisa dengan apa saja, misalnya dengan melakukan perubahan yang ada di lingkungan sekitarnya untuk menuju ke arah yang lebih baik.

Bisa juga dengan melalui upaya mengisi kemerdekaan yang saling memotivasi serta mendorong antar pemuda yang lain, demi kemajuan masyarakat.

  1. Sebagai Agen Pembangunan

Salah satu kontribusi pemuda Indonesia saat ini adalah sebagai agen pembangunan. Caranya yaitu dengan melancarkan dan melaksanakan segala macam pembangunan di berbagai bidang kehidupan.

Contohnya dalam bidang kebudayaan, dengan memperkenalkan kebudayaan kita ke negara lain atau di dunia internasional.

  1. Sebagai Agen Pembaruan

Peran lainnya dari pemuda Indonesia adalah menjadi agen pembaruan, dengan cara mempertahankan identitas bangsa dan selalu mengikuti dinamika di era modern. Peran pemuda Indonesia di era kemerdekaan dengan era modern saat ini tentu akan berbeda.

Perkembangan teknologi di Indonesia saat ini semakin maju, sehingga Indonesia tidak menjadi negara yang tertinggal di bidang teknologi tersebut. Namun kekurangannya adalah, budaya luar mudah masuk ke negara Indonesia.

Walaupun begitu, jadikanlah tantangan bagi para pemuda dalam menjadi agen pembaruan di era modern ini.

  1. Membangun Pendidikan

Pendidikan telah menjadi fondasi di segala bidang kehidupan. Tanpa adanya pendidikan, para pemuda akan kesulitan untuk menjalankan perannya sebagai generasi penerus. Hal itu disebabkan oleh pentingnya menanamkan pendidikan sejak dini pada generasi penerus.

Supaya mutu pendidikan di Indonesia bisa ditingkatkan dan bisa merata, khususnya di beberapa daerah yang terpencil.

  1. Mempunyai Semangat Juang yang Tinggi

Semangat juang yang tinggi pada pemuda harus dimiliki dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun semangat juang tinggi bagi pemuda dahulu dan pemuda di zaman sekarang berbeda.

Semangat juang di masa sekarang ini, bisa menjadi motivasi yang hebat untuk mencapai prestasi yang bisa membanggakan negara. Harus ada sikap tak mudah menyerah, cinta tanah air dan menjaga persatuan serta kesatuan harus dimiliki oleh pemuda Indonesia.

  1. Harus Bisa Berjuang demi Kemajuan Bangsa

Perjuangan yang dilakukan oleh para pemuda saat ini bisa berupa apa saja, misalnya melalui pendidikan. Kunci besar dari kemajuan suatu bangsa terletak di bidang pendidikan. 

Berbekal pendidikan, para pemuda akan memiliki potensi dalam melahirkan sejumlah karya, inovasi serta semangat juang untuk memajukan bangsa dan negara.

  1. Menjaga Kemajemukan Adat dengan Budaya

Indonesia menjadi negara yang kaya akan budaya, bahasa serta suku bangsanya. Budaya yang sifatnya heterogen ini akan melahirkan berbagai bahasa yang berbeda. Maka diciptakanlah bahasa Indonesia yang menjadi bahasa persatuan bagi bangsa Indonesia.

Sebagai pemuda Indonesia, Anda juga akan dituntut untuk melestarikan bahasa daerahnya masing-masing supaya bahasa tersebut tidak mengalami kepunahan. Meskipun bahasa asing juga sudah menguasai Indonesia saat ini.

  1. Menjunjung Tinggi Persatuan Bangsa

Supaya tak ada perpecahan lagi antar warga negaranya, maka hal itu akan menjadi tantangan bagi para pemuda. Jagalah kedamaian antar warga negara Indonesia, dengan sikap menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama dan sikap saling menghargai.

Sikap toleransi ini juga harus dilakukan antar suku dan bangsa serta antar budaya yang berbeda-beda. Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini memang menyebabkan identitas para pemuda Indonesia semakin memudar.

Padahal identitas ini sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap orang di suatu negara, untuk mempertahankan identitas bangsanya. Supaya tak kehilangan identitasnya masing-masing.

  1. Berani Membela yang Benar

Dalam mengisi kemerdekaan saat ini, para pemuda juga harus bisa mengisinya dengan kegiatan yang positif serta berani membela yang benar. Indonesia memiliki peluang yang besar dalam menjadi sebuah bangsa yang juga besar.

Seperti dalam pengertian pemuda menurut para ahli yaitu warga negara yang telah memasuki usia yang penting, dalam pertumbuhan dan perkembangan yaitu usia antara 16-30 tahun.

Maka Anda yang berada dalam usia tersebut dianggap sebagai pemuda yang memiliki kontribusi penuh dalam pembangunan bangsa.

Artinya, peran pemuda ini sangat penting bagi kemajuan bangsa dan untuk mengisi kemerdekaan yang telah diwujudkan para pendahulu.

Related Posts

Tinggalkan komentar

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!