Perbedaan Infak dan Sedekah yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim. Perbedaan Infak dan Sedekah yang Perlu Diketahui Umat Muslim. Di kalangan orang awam terutama yang beragama muslim masih banyak yang belum memahami ibadah infaq dan juga sedekah.  Dan sering kali kedua ibadah ini mereka beranggapan sama , karena  kedua ibadah ini mempunyai banyak kesamaan. Jika dipelajari dengan baik dan benar di antara infak dan sedekah itu  adalah suatu jenis amalan ibadah yang berbeda.

Islam mengajarkan  ,disaat memiliki harta , diwajibkan untuk menyisihkan sedikit harta yang dimiliki  dengan tujuan untuk memberikan zakat,infak dan juga sedekah kepada sesama yang lebih membutuhkan.   amalan, zakat,infak dan juga sedekah,  Cuma zakat yang hukumnya wajib untuk dikeluarkan.sedangkan amalan infak dan juga sedekah memiliki hukum sunah. Ada perbedaan  antara  infak dan sedekah, walaupun memiliki hukum yang sama yaitu sunnah.

Pada Undang –undang Republik Indonesia No.23 Tahun 2011 Tentang pengelolaan zakat,   menjelaskan kalau infaq merupakan harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum, dan  kalau sedekah merupakan harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Bisa kita ambil kesimpulan dari penjelasan pengertian diatas kalau infak itu terbatas yang teknisnya hanya menyisihkan harta sementara ,sedangkan kalau zakat  tidak harus hanya harta saja tetapi yang bukan harta pun bisa dikeluarkan.

Rasulullah shalallahu alaihi wa salam bersabda , “ Kullu ma’rufin shodaqoh”,   artinya setiap kebaikan adalah sedekah. Di kutip dari hadist Riwayat Bukhori.

Kalau membedakan antara zakat ,sedekah,dan juga infak , berada pada hukum dalam pelaksanaan nya. Zakat memiliki Hukum yang wajib. Sedangkan infak dan juga sedekah hukumnya sunnah.

Jika membedakan antara sedekah dan infak  berada pada  batasan yang dikeluarkan atau yang diberikan. Yang diberikan itu disebut dengan infak  saat orang mengeluarkan amalan berupa harta. Sedangkan  sedekah  mencakup amalan yang lebih luas lagi contohnya  memberikan senyum , membersihkan batu dari jalan, berdzikir, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dari Hadist Riwayat Tirmidzi Rasulullah shalallahu alaihi wa salam  bersabda yang artinya , “ Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.”  Dengan hadist tersebut  sebagai umat islam  berpeluang besar dalam mendapatkan pahala sedekah dengan melakukan suatu kebaikan yang sekecil Apapun.     

Wallahualam Bishawab

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!