Pilihlah Waktu Terbaik Ini untuk Bersedekah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim. Pilihlah Waktu Terbaik Ini untuk Bersedekah. Disisi Allah subhanahuwata’ala suatu amalan yang memiliki nilai pahala yang sangat besar dan juga berlipat ganda yaitu amalan sedekah.  Dan ada di alquran juga ada disebutkan  jika seorang yang  sudah meninggal diberi kesempatan untuk hidup kembali ,  dan  hanya cukup untuk bersedekah satu kali saja dalam hidupnya. Berikut isi firman allah subhanahu wa ta’ala di dalam alquran, yang artinya

“ Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang antara kamu; lali dia berkata(menyesali), “ ya Tuhanku,sekiranya engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.” ( QS. Al-Munafiqun:10)

Dari isi al quran diatas itu bisa membuat kita  sebagai suatu intropeksi diri jika kita belum pernah bersedekah dalam hidup ini ,mulailah bersedekah. Supaya tidak ada nada penyesalan suatu saat nanti kita sudah tidak bernafas lagi di dunia ini , itu berarti kita sudah tidak punya kesempatan lagi dalam mendapatkan pahala  yang sangat besar dari sedekah.

Saat ingin mengeluarkan sedekah ada waktu terbaik  yang bisa membuat sedekah itu lebih bernilai dan juga memiliki keutamaan yang besar. Dan jika pada waktu itu dikerjakan maka amalan sedekah bisa menjadi lebih berat dan bernilai .

Diriwayatkan ada seorang datang  menghadap ke Rasulullah dan bertanya: “ Wahai Rasulullah,sedekah yang bagai manakah yang paling afdhol?”

Maka Beliau menjawab: “ Kamu bersedekah saat sehat,kikir,takut miskin dan kamu berangan-angan untuk menjadi hartawan yang kaya raya. Dan janganlah kamu lalai hingga nyawamu sampai di tenggorokan dan barulah kamu bagi-bagikan sedekahmu,ini untuk si fulan dan ini untuk fulan. Dan ingatlah (pada saat diujung nyawa seperti itu), harta memang untuk si fulan (yakni akan diwarisi).”  ( Shahih Muslim,no:1713)

Dari hadist diatas kita bisa menyimpulkan , kalau waktu terbaik bersedekah  memiliki empat kondisi yang terbaik untuk bersedekah bagi umat islam:  yaitu

  1.       Waktu bersedekah dalam kondisi raga yang sehat
  2.       Waktu bersedekah dalam keadaan sangat ingin menjadi kaya raya
  3.       Waktu bersedekah dalam keadaan sangat khawatir Miskin
  4.       Waktu bersedekah dalam kondisi tidak menjelang kematian.

Begitulah pilihan waktu terbaik ini untuk bersedekah,  semoga bisa menambah pengetahuan kita tentang ilmu agama islam yang nantinya kita bisa menerapkan dalam bersedekah dengan memilih waktu  yang tepat.  Wallahualam Bishawab

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!