AYO BANTU

YATIM DHUAFA

Sukseskan Ramadhan Anda

Di tengah ramainya jalanan saat Idul Fitri, seorang anak kecil duduk termenung, jauh dari keriaan anak-anak lain yang tengah riang bermain. Dengan pakaian yang tampak sangat sederhana, Ia terlihat murung, menangis tersedu. Tak lama seorang lelaki gagah nan rupawan, yang dari wajahnya terpancar sinar kesalehan dan dan kesempurnaan iman datang menghampiri si anak kecil. “Nak, mengapa kau menangis? Kau tidak bermain bersama mereka?” tanyanya.

Anak kecil tersebut lantas menjawab, “Paman, ayahku telah wafat. Ia gugur dalam sebuah pertempuran bersama Rasulullah. Ibuku menikah lagi. Ia mengambil semua warisan peninggalan ayah. Sedangkan suaminya mengusirku dari rumah. Kini aku tak memiliki apa pun. Makanan, minuman, pakaian, dan tempat tinggal. Hari ini, aku melihat teman-temanku berbahagia merayakan hari raya bersama ayah mereka. Aku merasa hampa tanpa ayah, itulah mengapa aku bersedih dan menangis.” tutur anak kecil sambil tersedu.

Mendengar penuturan ini, lelaki tersebut terenyuh. Dengan pandangan mata tulus penuh kelembutan, digenggamnya tangan si anak kecil, pelan-pelan ia berucap, “Nak, dengarkan baik-baik. Apakah kau sudi bila aku menjadi ayahmu. Aisyah menjadi ibumu. Ali sebagai pamanmu. Hasan dan Husein sebagai saudaramu, dan Fatimah sebagai saudarimu?” tanya sang lelaki. Mata si anak kecil berbinar mendengarnya. “Rasulullah?” benakanya tak karuan berbahagia mengetahui lelaki dewasa di hadapannya adalah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. “Kenapa tak sudi, ya Rasulullah?” Tangis sedihnya berubah haru tak percaya Sang Rasul ingin menjadi ayahnya. “Bagaimana mungkin aku tidak senang,” jawabnya dengan senyum terkembang.

Sahabat, sebagaimana yang Rasulullah lakukan, tidak inginkah kita menjadi pengukir senyum di wajah anak-anak yatim di hari raya nanti? Memberi sedikit bahagia bagi mereka yang serba kekurangan, yang dunianya terkurung mendung, di hari yang seharusnya jadi paling berbahagia bagi umat muslim sedunia.

Untuk itu mari mengukir senyum mereka lewat berbagai program-program Ramadhan Berseri tahun ini bersama Sahabat Yatim, di antaranya Belanja Yatim, Parsel Anak Sholeh, Iftar Ramadhan, Tunjangan Anak Sholeh., dan Fidyah Tak hanya kebermanfaatan yang akan tersebar, namun pahala kebaikan insya Allah kan kita raih bersama sebanyak-banyaknya di bulan Ramadhan.

Jumlah Penerima Manfaat Program Ramadhan 2023
#JadilahSahabatYatim

28.964 Perima Manfaat

Alhamdulillah Pada Program Ramadhan 2023 Sahabat Yatim Dapat Membantu Penerima Manfaat Sejumlah 28.964 Orang.

Tersalurkan di 3 Negara, 31 Kota dan 16 Provinsi di Indonesia

Alhamdulillah hingga 3 negara dan 31 kota serta 16 provinsi di Indonesia menerima manfaat dari program Ramadhan Sahabat Yatim pada tahun 2023

Pilihan Program Ramadhan 1445 H

Hebatkan Amalan di Bulan Kemuliaan

Memberikan kesempatan emas bagi adik-adik yatim untuk belajar mandiri dan membuat pilihan sendiri dengan pengalaman belanja yang menyenangkan. Lebih dari 3000 anak yatim akan mendapat manfaat dari program ini.

 

 

Program ini merupakan inisiatif untuk meningkatkan kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan dengan cara mengumpulkan sampah daur ulang dan menukarnya dengan bingkisan parsel. yang menarik dan bermanfaat. Program ini bertujuan untuk membantu dalam menjaga keberlangsungan hidup bumi.

 

Program paket berisi THR dan bingkisan lebaran yang diberikan kepada anak asuh asrama dan anak non mukim dalam rangka menyambut hari raya idul fitri.

 

Program paket berisi THR dan bingkisan lebaran yang diberikan kepada anak asuh asrama dan anak non mukim dalam rangka menyambut hari raya idul fitri.

 

Sahabat, bantu ringankan rasa khawatir dan cemas mereka yuk dengan berbagi lewat Tebar Ifthar Ramadhan 1445H bersama Sahabat Yatim. Sebagaimana sabda Rasulullah sallallahu alaihi wasallam, Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun”. (HR Tirmidzi)

Sahabat, bantu ringankan rasa khawatir dan cemas mereka yuk dengan berbagi lewat Tebar Ifthar Ramadhan 1444H bersama Sahabat Yatim. Sebagaimana sabda Rasulullah sallallahu alaihi wasallam, Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun”. (HR Tirmidzi)

Zakat maal atau zakat harta adalah zakat yang dikenakan atas segala jenis harta, yang secara zat maupun substansi perolehannya tidak bertentangan dengan ketentuan agama. Harta yang masuk ke dalam golongan zakat maal bukan hanya uang tunai yang dimiliki. Namun, juga menghitung perhiasan emas perak, tabungan, hewan ternak yang dimiliki, hasil pertanian, perdagangan/perniagaan, termasuk juga penghasilan.

Fidyah berasal dari bahasa arab, yaitu “fadaa”, yang artinya mengganti atau menebus. Sedang berpuasa dalam bulan Ramadhan adalah wajib bagi setiap muslim, untuk beberapa orang yang tidak mampu menjalankan ibadah puasa dengan kriteria tertentu, diperbolehkan menggantinya dengan membayar fidyah tanpa harus meng-qadha puasanya di waktu lain.

 

Kategori Program Ramadhan

Tebar Manfaat Hingga Pelosok Negeri #SahabatKebaikan

Dokumentasi Program Ramadhan 2023

#JadilahSahabatYatim