Sambut Bulan Suci Ramadhan Dengan Tarhib Ramadhan

ramadhan

Tak terasa saat ini sudah memasuki bulan Ramadan lagi di tahun 2021. Rasanya baru kemarin kita umat muslim menjalankan puasa Ramadan tahun 2020 lalu. Bulan ramadhan adalah salah satu bulan yang paling mulia dalam agama Islam. Yang mana dalam bulan ini akan dilipatgandakan pahala atas kebaikan yang dilakukan umat muslim. Banyak sekali kegiatan positif yang bisa kita lakukan ketika memasuki bulan puasa seperti sekarang yang mana kegiatan tersebut akan menyambut tarhib ramadhan.

Bahkan tidur saja dalam bulan puasa memiliki pahala. Akan tetapi bukan berarti kita untuk tidur terus sepanjang hari saat bulan puasa ya. Karena masih banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan ketika berpuasa dan pastinya akan memberikan pahala yang besar. Mau tahu nih apa saja kegiatan yang bisa kita lakukan ketika sedang berpuasa dan dapat memberikan pahala yang besar? Nah di artikel kali ini akan membahas mengenai kegiatan tarhib pada bulan Ramadhan yang bisa dilakukan.

Sebelum itu apakah anda sudah mengetahui apa sih sebenarnya tarhib itu itu? Tarhib artinya menyambut kedatangan suatu bulan dengan  keterbukaan serta kelapangan. Kegiatan tarhib ini salah satu kegiatan positif yang akan mengundang banyak pahala bagi yang melakukannya. Ada berbagai pendapat mengenai pengertian dari tauhid menurut beberapa pakar. Namun semua pendapat tersebut jika ditarik kesimpulannya mata akan memperoleh pengertian yang sama.

Mungkin beberapa di antara anda ada yang sudah tidak asing lagi dengan kegiatan ini. Lamun ada beberapa juga yang masih terasa asing dengan kegiatan tarhib saat Ramadhan. Yah memang ini adalah hal lumrah ada orang yang mengetahui ada pula orang yang tak mengetahui apa sih kegiatan itu.

Jika sebelumnya membahas mengenai pengertian tarhib sendiri, maka selanjutnya akan membahas mengenai kegiatan tarhib saat bulan Ramadhan. Sebelum itu apakah anda tahu pengertian dari tarhib ketika bulan Ramadhan?

Tarhib ramadhan adalah menyambut dengan perasaan yang gembira, luas untuk datangnya bulan Ramadhan. Mengapa sih harus disambut dengan perasaan yang gembira dan luas ketika bulan Ramadhan akan tiba? Karena bulan tersebut adalah salah satu bulan yang paling mulia dalam agama Islam.

Di bulan inilah segala sesuatu hal baik yang kita kerjakan akan dilipatgandakan pahalanya oleh sang pencipta yaitu Allah subhanahu wa ta’ala. Nah berikut ini ada beberapa kegiatan yang positif yang bisa anda lakukan ketika memasuki bulan Ramadhan dan pastinya akan mendapatkan pahala.

Sambut Ramadhan Dengan Tarhib Ramadhan

Unik! Kegiatan Ini Hanya Ada Ketika Bulan Ramadhan! - Rinnai Indonesia

Kegiatan positif selama puasa yang pertama

Kegiatan baik yang pertama yaitu dengan membaca Alquran secara bersama-sama dengan kawan-kawan anda di lingkungan rumah. Tak hanya bisa dilakukan dengan kawan-kawan yang ada di lingkungan rumah Anda bisa mengaji dengan keluarga di rumah. Ini adalah salah satu yang mengandung banyak pahala di dalamnya.

Dengan membaca Alquran bersama akan menjadikan diri anda lebih berilmu dan meningkatkan keimanan. Karena ketika membaca al-quran bersama-sama akan saling mengingatkan satu sama lain apabila ada kekurangan atau kesalahan dalam membacanya serta bisa memahami maknanya secara bersama-sama.

Kegiatan positif selama puasa yang kedua

Selain membaca Alquran bersama-sama ada kegiatan positif lainnya yang bisa dilakukan saat bulan puasa dan merupakan contoh kegiatan Ramadhan. Yaitu dengan melakukan kegiatan sedekah yang dilakukan diri sendiri atau dengan memotivasi orang lain untuk bersedekah. Jika pada bulan-bulan sebelumnya Anda sudah bersedekah dan sering melakukannya, maka pada bulan puasa ini lebih memperbanyak untuk sedekah kepada yang membutuhkan.

Bisa saja anda menyalurkan sedekah tersebut untuk fakir miskin serta anak yatim piatu yang berkekurangan dan lain sebagainya. Dan pastinya sangat boleh anda untuk mendahulukan orang yang di sekitar lingkungan rumah anda yang merupakan wujud dari keutamaan bersedekah kepada yang terdekat terlebih dahulu.

Kegiatan positif selama puasa yang ketiga

Selain membaca Alquran bersama-sama dan memperbanyak sedekah selama bulan Ramadhan. Yang berikutnya yaitu dengan membagikan atau memberi makan kepada orang yang tidak mampu. Ini bisa menjadi salah satu yang sangat mudah dilakukan. Tentunya disini perlu pengarahan dan dampingan dari orang tua ketika anak akan membagikan makanan kepada orang yang tidak mampu. Membagikan makanan disini sepatutnya dilakukan ketika akan memasuki waktu berbuka karena pahalanya menyiapkan atau membagikan makanan kepada orang yang berpuasa untuk disantap saat berbuka itu sangat besar.

Dengan kegiatan Ramadhan untuk anak-anak memberi makanan kepada orang yang tidak mampu akan memberikan banyak sekali pelajaran hidup kepada anak-anak. Dari sini anak-anak bisa mengetahui jika tak semua orang mempunyai kemudahan untuk makan serta minum seperti diri Anda. Kenapa masih banyak orang diluaran sana yang masih kelaparan saat waktu berbuka puasa tiba karena tak ada yang bisa dimakan.

\Karena itu jika memang diri Anda mampu luangkanlah rezeki anda untuk berbagi kepada sesama yang sedang kekurangan dalam segi ekonomi. Selain itu pelajaran berharga yang bisa anak anda dapatkan yaitu tidak dak membuang atau menghambur-hamburkan makanan.

Ketika memasuki bulan puasa ada beberapa kegiatan yang hanya ada dan hanya dilakukan saat bulan puasa tiba. Salah satu yang paling identik saat bulan puasa yaitu ngabuburit serta pembagian takjil. Kegiatan tersebut menjadi kegiatan Ramadhan yang yang harus dilakukan saat memasuki bulan puasa oleh siapapun. Sembari menunggu buka puasa tiba Anda bisa melakukan ngabuburit tentunya diisi dengan hal-hal positif yang akan mengundang pahala. Ada banyak kok hal-hal positif saat ngabuburit yang bisa anda lakukan agar puasa Anda semakin sempurna.

Misalnya nih dengan menunggu waktu buka puasa tiba Anda bisa acara ramadhan dengan ngabuburit dengan cara membaca Alquran. Dengan anda membaca Alquran anda hanya mengisi waktu ngabuburit saja. Akan tetapi anda akan memperoleh pahala atau ganjaran yang sangat besar dengan ngabuburit membaca Alquran. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika pahala atau ganjaran dalam bulan puasa akan dilipatgandakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala sang pemilik alam. Maka dari itu ketika bulan puasa tiba yuk berlomba-lomba dalam hal kebaikan.

Perbanyaklah amal ibadah serta kegiatan positif lainnya yang yang bisa dilakukan dan mendatangkan pahala yang besar untuk diri Anda. Berpuasa bukan menjadi alasan untuk anda bermalas-malasan dan tidak melakukan aktivitas apapun. Justru berpuasa menjadi penyemangat kita untuk beraktivitas mengingat pahalanya akan dilipatgandakan. Pada hari itu sambut lah bulan puasa dengan perasaan tarhib dengan penuh.

Tarhib Ramadhan adalah salah satu wujud betapa senangnya diri ini dengan kedatangan bulan suci, bulan paling mulia dalam Islam. Karena dalam bulan ini ada suatu peristiwa Nuzulul Quran yang mana turunnya kitab suci Alquran pada malam 17 ramadhan. Selain itu pada 10 malam terakhir dianjurkan untuk beri’tikaf di masjid untuk bisa melihat lailatul qadar yang tidak diketahui kapan datangnya.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details