Sedekah Anak Yatim Online – Beramal Kini Semakin Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Islam sangat menganjurkan umatnya untuk saling berbagi. Bahkan, Allah subhanahu wa ta’ala menjanjikan pahala yang berlipat ganda serta rezeki yang lebih banyak dengan memperbanyak bersedekah. Salah satu bentuk sedekah yang sangat dianjurkan di dalam Islam adalah sedekah anak yatim.

Anak yatim adalah mereka yang telah kehilangan ayahnya di usia yang sangat muda. Seperti yang kita ketahui, kehilangan ayah yang merupakan tulang punggung keluarga tentu berdampak sangat besar, terutama pada kondisi finansial keluarga oleh karena itu Islam sangat menganjurkan sedekah yatim. 

9 Keutamaan dan Berkah Sedekah Anak Yatim

1. Menunjukkan Tingkat Keimanan Seseorang di Hadapan Allah subhanahu wa ta’ala

Di beberapa ayat di dalam Al Quran serta hadist, Allah berkali-kali memuji seseorang yang membelanjakan hartanya di jalan Allah sebagai seseorang yang benar atau diakui keimanannya. 

Pengertian membelanjakan harta di jalan Allah adalah menggunakan harta yang dititipkan Allah tersebut untuk sesuatu yang memang diridhoi oleh Allah. Di dalam surat Al Baqarah ayat 177 Allah memuji mereka yang memberikan sebagian harta untuk anak yatim sebagai orang yang beriman dan bertakwa. 

Oleh karena itu, salah satu keutamaan dari bersedekah kepada anak yatim adalah sebagai tanda keimanan Anda serta menjadikan Anda orang bertakwa.

2. Allah Lipat Gandakan Pemberiannya

Jangan pernah takut miskin dengan bersedekah. Banyak orang yang hitung-hitungan ketika akan memberikan sebagian rezekinya untuk orang lain yang kurang beruntung. Mereka terlalu bergantung terhadap hitung-hitungan manusia yang notaben berbeda dengan perhitungan Allah.

Di dalam Islam, Allah sudah menjanjikan bahwa Allah akan melipat gandakan setiap pemberian yang hambanya nafkah kan di jalan Allah. Memberikan bantuan anak yatim adalah salah satu cara membelanjakan harta di jalan Allah yang sangat disukai oleh Allah. 

Hal ini sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala di dalam surat Al Baqarah ayat 245 bahwa Allah akan melipat gandakan setiap pinjaman yang hambanya berikan atau nafkah kan di jalan Allah dengan lipat ganda yang banyak. Allah juga berjanji melapangkan rezeki bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya. 

3. Memperoleh Pahala yang Berlipat Ganda

Salah satu berkah sedekah anak yatim adalah mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Allah telah memberikan perumpamaan kepada orang-orang yang memberikan sebagian hartanya di jalan Allah, baik dengan bersedekah atau untuk berjihad seperti halnya sebutir benih yang ditanam.

Setiap sebutir benih yang ditanam tersebut akan menumbuhkan tujuh buah bulir. Setiap bulirnya akan tumbuh seratus biji. Seperti itulah Allah melipat gandakan pahala bagi mereka yang Allah kehendaki. Oleh karena itu, bersedekah kepada anak yatim yang membutuhkan akan memberikan kita pahala yang besar.

4. Melatih Menjadi Orang yang Ikhlas

Bersedekah akan membantu Anda berlatih menjadi seseorang yang lebih ikhlas. Apalagi Allah sudah berkali-kali menekankan di dalam Al Quran surah Al Baqarah ayat 264, misalnya ketika seseorang sedekah namun menyakiti perasaan orang yang menerimanya, maka ia akan kehilangan pahala sedekahnya.

Oleh karena itu, bersedekah hanya ditujukan untuk meraih ridho Allah semata dan tidak dilakukan karena ria’. Bersedekah karena ria’ justru akan menghilangkan pahala orang tersebut.

5. Sebagai Amalan Jariah

Sedekah terhadap anak yatim terutama untuk pembiayaan pendidikan mereka seperti untuk pembangunan asrama asuh adalah salah satu investasi terbaik di akhirat kelak. Dengan bersedekah untuk pembiayaan pendidikan, maka sama saja Anda memberikan kesempatan bagi anak-anak mengenyam pendidikan.

Memberikan anak-anak kesempatan pendidikan sama dengan memberikan mereka ilmu yang bermanfaat untuk masa depan. Ilmu yang bermanfaat adalah peluang pahala yang tiada pernah putusnya. Sehingga sedekah yatim piatu sesungguhnya adalah peluang pahala terbaik yang sayang untuk dilewatkan. 

6. Membawa Rasa Damai dan Bahagia dalam Hati

Banyak penelitian menunjukkan bahwa berbagi kepada sesama dapat memberikan rasa damai dan kepuasan di dalam jiwa. Perasaan damai dan bahagia inilah yang akan membuat Anda lebih merasa bersyukur terhadap apa yang sudah dimiliki saat ini. 

Oleh karena itu, jangan pernah takut untuk berbagi terhadap sesama. Justru, saat Anda berbagi itulah Anda akan merasa menjadi orang paling kaya di dunia ini karena perasaan puas dan syukur tersebut.

7. Menjadikan Harta yang Dimiliki Lebih Berkah

Bukanlah harta banyak yang penting, melainkan harta berkahlah yang akan membuat Anda merasa cukup. Keberkahan harta akan membuat hidup kita lebih nyaman dan damai, karena keberkahan berasal dari keridhoan Allah subhanahu wa ta’ala.

Berbagi kepada orang lain apalagi kepada anak yatim akan membuat harta Anda lebih berkah, karena Allah menyukai orang-orang yang menafkahkan sebagian hartanya di jalan Allah.

8. Menghindarkan dari Marabahaya

Banyak ayat di Al Quran dan hadist Rasulullah shalallahu β€˜alaihi wa salam yang menyatakan bahwa sedekah akan menolak bala bencana dan mara bahaya bagi orang yang bersedekah. Bahkan, di dalam hadist dikatakan bahwa sedekah mampu menutupi hingga 70 kejahatan. 

9. Menjauhi Sikap Riya

Membiasakan diri untuk saling berbagi kepada orang lain yang membutuhkan sesungguhnya melatih kita untuk tidak bersifat riya. Sifat riya atau menyombongkan diri dengan maksud ingin mendapatkan pujian dari manusia adalah sifat yang sangat tidak disukai oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Berbagi kepada anak yatim akan membantu kita menjauhi sikap-sikap riya tersebut. Jika khawatir jatuh ke dalam perasaan riya, maka Anda bisa bersedekah secara online lewat yayasan Sahabat Yatim Indonesia. 

Bersedekah online melalui yayasan adalah cara bersedekah kepada anak yatim yang dapat membantu seseorang terhindar dari sikap riya. 

Hal ini karena hanya Anda dan Allah saja yang tahu mengenai sumbangan yang Anda berikan. Selanjutnya yayasanlah yang akan mengelola dana tersebut untuk disumbangkan.

Mengenal Yayasan Sahabat Yatim Indonesia, Tempatnya Sedekah Anak Yatim Online

Yayasan Sahabat Yatim Indonesia merupakan lembaga sosial masyarakat non pemerintah, yang menyediakan kesempatan bagi mereka yang ingin berbagi rezeki kepada kaum dhuafa dan juga anak yatim di Indonesia. 

Di sini, Anda bisa memberikan bantuan anak yatim baik secara rutin setiap bulan ataupun saat Anda memiliki kelebihan rezeki. Setiap sedekah yang Anda sumbangkan melalui yayasan Sahabat Yatim Indonesia akan digunakan untuk program pengasuhan beserta pemberdayaan anak yatim serta dhuafa.

Misi mulia yayasan Sahabat Yatim Indonesia adalah memberikan kesempatan dan pengasuhan yang terbaik untuk mereka yang hidup dalam keterbatasan. Yayasan Sahabat Yatim Indonesia adalah yayasan resmi yang sudah berdiri berdasarkan Surat Keterangan MENKUMHAM tertanggal 11 Oktober 2018.

Yayasan ini telah berdiri sejak bulan September 2009 dan telah mempunyai 24 asrama asuh yang tersebar di berbagai tempat di seluruh Indonesia, dari barat hingga ke timur. Yayasan ini memiliki banyak program rutin yang ditujukan untuk pengasuhan serta pemberdayaan anak yatim dan dhuafa. 

Program yang Ada di Sahabat Yatim Indonesia

1. Program SAJADAH

Program SAJADAH atau Santunan Janda Dhuafa merupakan program rutin dari yayasan Sahabat Yatim Indonesia yang ditujukan untuk menyalurkan bantuan kepada para janda dhuafa di Indonesia. Tujuan dari program SAJADAH adalah untuk memperbaiki kualitas hidup dengan memberikan program keterampilan.

Diharapkan melalui donasi yang diberikan kepada para janda dhuafa akan dapat membantu mengangkat taraf sosialnya serta harkat martabatnya. 

2. Program IBUQU

Program IBUQU atau Bantuan Guru Qur’an Bulanan adalah program yang sasarannya ustadz ataupun ustadzah di berbagai daerah di Indonesia yang mengalami kondisi kekurangan ekonomi. Program ini diberikan kepada para pengajar ilmu agama Islam dan Al Quran yang telah mengabdi tanpa pamrih.

Dengan adanya program IBUQU diharapkan para ustadz ustadzah dapat terus mengabdikan diri mengajarkan ilmu agama, tanpa khawatir dengan kondisi ekonomi yang kekurangan. 

3. Program SAHABAT

Program SAHABAT atau Santunan Kesehatan dan Pengobatan Yatim dan Dhuafa adalah program bantuan untuk anak yatim dan juga dhuafa yang sedang mengalami masalah kesehatan dan kesulitan untuk mendapat pengobatan yang layak. 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa biaya pengobatan tidaklah murah. Seringkali mereka yang kurang beruntung kesulitan untuk mendapatkan pengobatan yang layak. Oleh karena itu, yayasan Sahabat Yatim Indonesia mengadakan program khusus untuk membantu kesehatan dan pengobatan mereka.

4. Program SI ADIK

Program SI ADIK atau Santunan Intensif Anak Didik diadakan oleh yayasan Sahabat Yatim Indonesia dengan memberikan sumbangan berupa bantuan uang saku yang diberikan secara rutin, untuk membiayai pendidikan anak didik dari kaum dhuafa dan anak yatim. 

Setiap rezeki yang Anda sisihkan dapat memberikan senyuman di wajah mereka untuk terus dapat menimba ilmu di sekolah.

5. Program PUSDA

Program PUSDA atau Kampus Pemberdayaan merupakan program khusus yayasan Sahabat Yatim Indonesia yang ditujukan untuk memberikan keterampilan tambahan, pendidikan dasar, serta life skill terhadap anak-anak dari kalangan yatim dan dhuafa untuk mempersiapkan masa depannya.

PUSDA berbentuk lembaga pendidikan non formal gratis yang dibiayai dari sumbangan para donatur terhadap keberlanjutan pendidikan anak-anak kurang beruntung.

6. Program ASAH

Program ASAH atau Asrama Anak Soleh berbentuk rumah pengasuhan yang di dalamnya mendidik serta mengasuh anak-anak yatim dan dhuafa untuk mempersiapkan masa depannya yang lebih baik. 

Selain memberikan pendidikan dasar serta lifeskill, di asrama anak sholeh ini anak-anak dibekali oleh pendidikan ilmu agama yang mumpuni, agar menjadi generasi sholeh dan bermoral di masa mendatang.

7. Program Tebar Gizi

Program Tebar Gizi merupakan program penyaluran paket tebar gizi untuk anak-anak di berbagai daerah seluruh Indonesia. Program ini sudah dijalankan oleh yayasan Sahabat Yatim Indonesia secara rutin selama lebih dari 2 tahun. 

Dalam Program Tebar Gizi, yayasan Sahabat Yatim Indonesia menyalurkan paket nutrisi sehat berisi susu sapi murni beserta abon sapi untuk menambah gizi anak-anak kurang beruntung di Indonesia. Pengemasan dan pemrosesan dilakukan oleh tim dari Sahabat Yatim Indonesia secara higienis.

Dengan dilangsungkannya program Tebar Gizi, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan gizi anak-anak di seluruh Indonesia agar terhindar dari masalah stunting dan kurang gizi. Apalagi anak-anak membutuhkan gizi yang cukup di masa pertumbuhannya. 

Membiasakan diri untuk saling berbagi sesungguhnya tidak akan pernah membuat kita merugi.  Sebaliknya, memberi sumbangan anak yatim dan kaum dhuafa justru bisa menambah rezeki kita dari arah yang tidak disangka. Percayakan donasi anak yatim dan dhuafa Anda bersama yayasan Sahabat Yatim Indonesia.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!