Sukses dan Berhasil dalam Berpuasa

Sukses dan Berhasil dalam Berpuasa

Puasa Ramadhan selama satu bulan merupakan latihan mental dan fisik. Menurut seorang ahli gizi mengatakan bahwa berpuasa dapat membantu menurunkan berat badan. Tak hanya itu, puasa juga baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Selain dari itu, masih ada banyak manfaat dari menunaikan ibadah puasa baik untuk kesehatan jasmani maupun rohani.

 

Sukses dan Berhasil dalam Berpuasa

Agar ibadah puasa dapat berjalan dengan baik sebagaimana yang teah diharapkan, berikut beberapa tips yang dapat saudara terapkan saat menunaikan ibadah puasa.

 

1. Jangan sampai dehidrasi

Selama menunaikan ibadah puasa, kita dilarang untuk makan dan minum yang dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan, kita dianjurkan untuk minum beberapa kali di malam hari saat saudara tidak terlalu haus.

Selama berpuasa, tubuh harus terhidrasi yang dapat dipenuhi dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih dan menghindari minuman yang mengandung kafein, sebab minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan tubuh dehidrasi.

Selain dari itu, sebisa mungkin sebaiknya hindari terlalu banyak beraktivitas yang menyebabkan tubuh terlalu banyak terpapar sinar matahari secara langsung, sebab panasnya terik mata hari akan membuat tubuh kebanyakan kehilangan cairan.

 

2. Menu Bervariasi 

Ketika hendak berbuka dan sahur sebaiknya perbanyak mengkonsumsi berbagai macam makanan bergizi seperti buah, sayur, daging ikan dan lain sebagainya. saudara tidak perlu harus menyediakan semua macam makanan yang bergizi. Setidaknya dalam menu makanan terdapat beberapa jenis makanan yang bergizi.

 

3. Jangan berlebihan saat buka puasa  

Tidak jarang, banyak orang yang cenderung menjadi rakus saat berbuka lantaran sehari menahan lapar dan haus. Mengkonsumsi makanan dan minuman saat berbuka sangat tidak dianjurkan, sebab hal tersebut akan beresiko pada kesehatan tubuh dan terutama pada sistem pencernaan.

Agar tubuh terhindar dari berbagai macam resiko penyakit yang disebabkan oleh pola makan yang tidak baik, sebaiknya saudara berbuka dengan makan secukupnya saja. Walaupun masih lapar, saudara dapat mengkonsumsi buah atau makanan ringan untuk menghilangkan rasa lapar. 

 

4. Tetap beraktivitas 

Meskipun puasa bisa melelahkan secara fisik, cobalah untuk tidak terlalu banyak duduk. Jika Saudara biasanya berolahraga di pagi hari, lihat bagaimana perasaan tubuh Saudara. jika Saudara beralih olahraga ke malam hari setelah berbuka puasa. Olahraga berat bukanlah ide yang baik di siang hari karena Saudara dapat dengan cepat mengalami dehidrasi. Olahraga jalan santai dengan waktu pendek atau beberapa peregangan dapat membantu menjaga energi Saudara sepanjang hari. 

 

5. Jaga gula darah

Sukses berpuasa dengan berbagai macam komponen makanan yang seimbang dapat membantu gula darah saudara menjadi stabil. Hal ini memberi saudara energi yang baik. Beberapa menu dapat dikonsumsi ketika sahur seperti misalnya gandum sereal, roti, beras merah dan lainnya. Dapat dikombinasikan dengan susu rendah lemak, yogurt, buah buahan dan beberapa jenis makanan ringan lainnya.

 

6. Istirahat cukup

Sukses berpuasa juga tergantung dari pola istirahat saudara. Ketika menjalankan ibadah puasa, setiap orang akan mengalami pola istirahat yang berbeda yang disebabkan karena harus terbangun lebih awal untuk sahur. Maka dari itu, cobalah untuk istirahat lebih awal ketika saudara menunaikan ibadah puasa.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details