Suplemen Pada Masa Kehamilan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

hamil-suplemen-131126b

Suplemen untuk ibu hamil – Anda membutuhkan beberapa nutrisi tertentu dalam jumlah banyak menjelang dan selama kehamilan’ Contohnya, kebutuhan zat besi Anda menjadi dua kali lipat selama janin sedang tumbuh’ Meskipun begitu’ banyak ahli yang percaya bahwa wanita hamil dan wanita yang merencanakan kehamilan bisa mendapatkan mineral dan vitamin yang dibutuhkan dari pola makan sehat dan seimbang’
Satu-satunya pengecualian untuk semua wanita adalah asam folat. Nutrisi ini dibutuhkan menielang dan selama kehamilan dalam iumlah yang akan sulit dicapal hanya dari makanan. Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen lainnya’ selama Anda tetap mempertahankan pola makan sehat secara teratur.

ASAM FOLAT
Asam folat, salah satu bentuk vitamln B yang esensial’ tidak dapat diproduksi tubuh sehingga harus didapatkan dari makanan atau suplemen’ Wanita yang merencanakan kehamilan dan masih dalam tahap awal kehamilan membutuhkan 400 mkg asam folat per hari, untuk membantu perkembangan tulang belakang dan otak bayi secara optimal’ Untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan asupan asam folat yang cukup, konsumsilah suplemen asam folat sebanyak 400 mkg perhari menielang dan selama 12 minggu pertama kehamilan’ Sebaiknya Anda luga mengonsumsi makanan yang kaya asam folat, seperti kecambah, roli wholemeal ‘ dan’ jus jeruk’.

FUNGSI ASAM FOLAT
Asam folat bisa melindungi saluran saraf yang akan membentuk tulang belakang dan akar saraf – dan membantunya menutup dengan sempurna’ Hal ini akan memastikan perkembangan otak dan akar saraf yang normal’.
Asam folat bisamembantu melindungi janin dari risiko spina bifida (perkembangan sarai tulang belakang yang tidak normal) dan juga anencephaly (tidak adanya sebagian besar otak). Bayi yang lahir dengan anencephaly akan meninggal setelah dilahirkan, dan bayi dengan spina bifida akan terlahir dalam keadaan lumpuh sebagian atau lumpuh total’.
Saluran saraf seharusnya sudah tertutup sempurna sekitar hari ke-25 hingga hari ke-30 setelah kehamilan’ ketika kehamilan sering kali masih belum disadari’ ltulah sebabnya semua wanita usia subur yang aktif secara seksual sebaiknya mengonsumsi suplemen asam folat setiap hari’.

PERAN MINERAL
Sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan asupan mineral dan vitamin dalam jumlah cukup menjelang dan selama kehamilan. Beberapa mineral tertentu memiliki peran penting bagi kesehatan ibu dan janinnya Pastikan Anda selalu mendapatkan asupan mineral-mineral tersebut dalam jumlah cukup.

KALSIUM
Anda harus mendapatkan cukup kalsium menjelang kehamilan, karena Saat hamil bayi Anda akan segera menguras simpanan kalsium dalam tulang dan gigl Anda’ Kalsium sangat penting untuk perkembangan gigi dan tulang bayi yang sehat yang mulai terbentuk dari usia 4 minggu hingga 6 minggu.
Tubuh Anda akan menyerap kalsium dengan lebih efisien selama kehamilan, sehingga janin Anda tidak akan kehabisan Janin akan mengambil kalsium yang dibutuhkannya’ tapi mungkin akan membuat Anda kekurangan kalsium untuk kebutuhan Anda sendiri’.
Konsumsilah makanan dan minuman yang kaya kalsium menjelang dan selama kehamilan’ Anda membutuhkan kalsium yang setara dengan 600 ml susu per hari Seporsi kecil yogurt alau 25 g keju mengandung kalslum yang setara dengan 200 ml susu’.
Wanita vegan (wanita yang tidak memakan produk hewan apa pun) atau wanita yang tidak pernah minum susu’ baik karena alergi atau pun karena memang tidak suka susu sebaiknya minum suplemen kalsium Jika pola makan Anda baik, 600 mg kalsium sudah cukup’ tapi dalam kasus tertentu disarankan untuk mengonsumsi suplemen kalsium sebanyak ‘1200 mg’.

sumber: meningkatkan kesuburan untuk kehamilan (seri Ayahbunda)

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!