Tak Hanya Makan dan Minum, Hal Ini Juga Bisa Membatalkan Puasa

Tak Hanya Makan dan Minum, Hal Ini Juga Bisa Membatalkan Puasa

Puasa merupakan salah satu bentuk ibadah umat Muslim yang dilakukan dengan cara menahan lapar dan haus. Dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari, umat Muslim dilarang untuk menyantap makanan maupun minuman. Apabila kita makan atau minum sebelum waktu berbuka tiba maka puasa dinilai batal.

 

Tak Hanya Makan dan Minum, Hal Ini Juga Bisa Membatalkan Puasa

Namun sebenarnya, menjalankan ibadah puasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan haus saja, melainkan ada berbagai macam pantangan lain yang harus dihindari bagi orang yang sedang berpuasa. Maka dari itu, penting halnya bagi anda untuk mengetahui apa saja hal hal yang dapat membatalkan atau merusak puasa selain makan dan minum. Apa saja itu.? Simak ulasan berikut.

 

Berhubungan Suami Istri

Hubungan suami istri memang merupakan kebutuhan batin dalam berumah tangga, namun ketika menunaikan ibadah puasa, hal tersebut tidaklah diperbolehkan, sebab melakukan hubungan suami istri ketika menjalankan ibadah puasa dapat membuat puasa menjadi batal. Hukum berhubungan suami istri di siang bolong atau sedang menjalankan ibadah puasa ramadhan adalah haram. Maka dari itu, bagi siapa yang telah terlanjur melakukannya maka wajib untuk membayarnya atau melaksanakan kafarat.

Kafarat secara bahasa ialah tertutup/terselubung, Kafarat menurut istilah berarti suatu tebusan atau denda yang wajib dibayar oleh seseorang karena telah melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah Swt.

 

Mengeluarkan Air Mani dengan Sengaja 

Kaum laki laki yang dengan sengaja mengeluarkan air mani saat berpuasa maka puasanya menjadi batal. Bagi siapa yang telah melakukan hal tersebut, maka wajib bagi mereka untuk membayar atau mengganti puasa ramadhan mereka sebanyak yang batal, serta harus mandi junub terlebih dahulu untuk berpuasa kembali. 

 

Haid

Ketika seorang wanita sedang menunaikan ibadah puasa namun secara tiba tiba haid atau datang bulan maka secara otomatis puasa mereka menjadi batal. Maka diwajibkan bagi mereka untuk makan dan minum sebagaimana membatalkan puasa, sebab apabila diteruskan untuk menjalankan puasa maka mereka akan berdosa.

 

Muntah dengan Sengaja 

Apabila dilakukan dengan sengaja, mengeluarkan makanan dari perut melalui mulut akan membatalkan puasa. Namun apabila muntah terjadi tanpa disengaja, hal tersebut tidak membuat puasa menjadi batal.

 

Hal Hal yang Membuat Puasa Makruh

Selain beberapa hal yang telah disebutkan di atas, kita juga perlu untuk menghindari beberapa hal yang merusak puasa berikut

 

Menggunjing (ghibah)

Ghibah juga menjadi salah satu hal yang wajib untuk dihindari saat berpuasa, sebab jika kita berghibah maka puasa kita bisa makruh atau rusak.

 

Tidur berlebihan saat puasa

Tidur memang merupakan salah satu bentuk dari ibadah, namun jika tidur secara berlebihan saat berpuasa dapat membuat puasa menjadi rusak.

 

Mencicipi makanan

Meskipun mencicipi makanan tidak akan membuat kita kenyang, namun hal tersebut dapat membuat puasa menjadi rusak. Mengingat lapar dan haus menjadi hal yang wajib untuk dilaksanakan pada saat puasa, maka segala jenis makanan atau hal yang masuk ke dalam mulut baik itu hanya sekedar mencicipi nya saja tidak boleh dilakukan.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details