Tanda-tanda kekurangan zinc

Tanda-tanda kekurangan zinc

Tanda-tanda kekurangan zinc – Zink merupakan mineral penting yang diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan fungsinya secara normal. Mineral ini akan merangsang aktivitas beberapa enzim dan memainkan peranan penting dalam sintesis protein. Selain itu,zink juga dibutuhkan untuk membelah sel dan secara efektif bisa bermanfaat untuk mengontrol diabetes.

Itulah sebabnya setiap orang harus mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc atau seng untuk meningkatkan aspek kesehatan mereka. Dengan cukupnya kebutuhan akan zink, dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang kemudian akan melindungi kita dari infeksi, berbagai penyakit dan patogen.

Zink banyak dibutuhkan oleh: hati, sel darah, ginjal, tulang, pankreas dan retina mata. Diet seimbang yang sehat harus memberikan kita kebutuhan zinc harian yang cukup. Beberapa sumber seng yang baik diantaranya adalah: lobak, kacang polong, gandum, kacang merah, biji labu, daging, tanpa lemak, kacang-kacangan, dan jahe.

Perlu anda ketahui juga bahwa mineral ini dapat memberikan manfaat kesehatan yang tidak terhitung jumlahnya. Apabila kita konsumsi secara cukup setiap hari, mineral tersebut membantu kita mengurangi jerawat, eksim, mencegah kanker prostat, sintesis DNA, mencegah berbagai jenis kanker lain, mempercepat penyembuhan luka, membantu pertumbuhan anak-anak serta menjaga hormon tetap stabil dan menghindarkan kita dari penyakit pilek.

 

Tanda-tanda kekurangan zinc

Apabila Kekurangan Zinc

Apabila kita tidak mencukupi kebutuhan akan seng, beberapa bahaya kesehatan yang bisa timbul diantaranya adalah:

 

1.        Rendahnya fungsi kognitif

Mineral ini memainkan peranan penting dalam memori otak saat kita gunakan untuk mengingat dan belajar. Sehingga, apabila kita kekurangan zinc (seng) fungsi kognitif otak kita akan menurun dan dapat juga menyebabkan kerusakan pada sistem saraf.

Beberapa ahli mengaitkan hal ini dengan disleksia yaitu sebuah kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk belajar.

 

2.        Sistem imun menurun

Kekebalan tubuh kita bisa sangat tergantung pada seng. Apabila kita tidak mencukupinya, maka sistem kekebalan tubuh kita atau imunitas akan menurun mengakibatkan orang rentan terhadap pilek, flu maupun berbagai infeksi.

 

3.        Rambut menjadi lebih tipis

Mungkin anda sering mendengar shampoo yang diperkaya dengan zinc. Kekurangan zinc sebenarnya dapat menyebabkan rambut menjadi rontok karena lemahnya sel-sel di kulit kepala yang menyebabkan kulit kepala kering dan rambut mudah patah.

Apabila anda mengalami rambut rontok yang sangat parah, bisa saja penyebabnya adalah anda kekurangan zinc.

 

4.        Masalah kulit

Kulit juga bisa terpengaruh apabila kita tidak mengkonsumsi zinc dalam jumlah yang cukup. Beberapa akibatnya antara lain, muncul jerawat, siem, kulit bersisik, ruam yang diikuti gatal dan psoriasis.

 

5.        Penglihatan terganggu

Bagi anda yang ingin memiliki visi atau mata yang tajam dan penglihatan yang jelas, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zinc, terutama apabila anda merasa sangat kesulitan melihat di malam hari.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi Zink dalam jumlah yang cukup akan menunda degenerasi makula, yaitu sebuah alasan mengapa seseorang tidak bisa melihat.

 

6.        Tulang melemah

Seng sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. Mineral ini akan merangsang pembentukan tulang.Oleh karena itu, harus dipenuhi setiap hari. Apabila anda sering merasa nyeri sendi atau mengalami tulang yang lemah, pastikan anda mengkonsumsi makanan-makanan yang telah disebutkan sebelumnya agar kebutuhan akan zink terpenuhi.

 

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details