Tes Kesehatan yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Tes Kesehatan yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tes Kesehatan yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah – Memeriksakan diri sendiri secara rutin setidaknya sebulan sekali dapat menghindarkan kita dari berbagai situasi yang tidak diinginkan. Dengan melakukan pemeriksaan, jika terjadi sesuatu kita akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengobatinya.Atau, untuk mengkonfirmasinya lebih dini kepada dokter.

Diantara beberapa pemeriksaan yang harus secara rutin bisa dilakukan adalah, memeriksakan payudara (wanita), memeriksa denyut jantung, dan memeriksa tekanan darah. Ketiga rutinitas tersebut harus dilakukan oleh setiap wanita setiap bulannya.

Dengan mengetahui beberapa gejala seperti perubahan warna kulit, benjolan yang tiba-tiba muncul di permukaan kulit, atau jerawat, serta berbagai hal lainnya, akan membuat anda menjadi lebih waspada.

Untuk melakukan pemeriksaan kepada diri sendiri tak ada yang membutuhkan banyak waktu. Namun sayangnya, wanita modern saat ini hanya sedikit memiliki waktu luang karena pekerjaan yang mereka miliki. Akan tetapi, dengan melakukan tes dan pemeriksaan kepada diri sendiri akan banyak membantu dan menyelamatkan kita dari berbagai macam penyakit berbahaya.

 Tes Kesehatan yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Tes Kesehatan yang Bisa Dilakukan Sendiri

Berikut adalah beberapa diantara tes kesehatan yang bisa anda lakukan sendiri di rumah, diantaranya adalah:

 

1.        Memeriksa payudara

Setiap perempuan harus memeriksa payudara mereka sendiri, terutama untuk mengetahui apakah ada kanker atau tidak.

Untuk melakukan pengujian, anda harus berdiri dengan tubuh bagian atas yang dibuka, lalu carilah perubahan atau tanda seperti benjolan, warna kemerah-merahan, serta ukuran dan bentuk yang tidak normal dari kulit serta puting payudara. Berikutnya, anda bisa mengangkat lengan kanan ke kepala, lalu gunakan tiga jari yaitu telunjuk, jari tengah dan jari manis untuk merasakan seluruh bagian payudara kanan mulai dari ketiak. Jika anda menemukan formasi benjolan, atau jika satu payudara tampak berbeda dari yang lainnya, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.

 

2.        Memeriksa tekanan darah

Tes kesehatan lain yang bisa anda lakukan sendiri di rumah adalah memeriksa tekanan darah.Jika saat ini anda sering berada di bawah tekanan atau stress, anda perlu memeriksa tingkat tekanan darah setidaknya seminggu sekali.

Belilah monitor tekanan darah agar anda bisa melakukannya sendiri di rumah, dan jangan lupa untuk berlatih mengetahui bagaimana mengukur tekanan darah yang tepat dan mengetahui tekanan darah yang normal.

 

3.        Memeriksa detak jantung

Saat ini, penyakit jantung sudah semakin merajalela dan semakin banyak mengancam jiwa manusia. Dikatakan bahwa penyakit jantung merupakan ancaman terbesar kedua setelah kanker pada wanita.

Dalam rangka memeriksa detak jantung, anda bisa memulainya dengan menempatkan telunjuk dan jari tengah di bagian bawah pergelangan tangan.

Kemudian menghitung detak jantung anda selama 60 detik.Jika nadi anda berdetak antara 60 hingga 100 kali per menit, maka hal tersebut dianggap sehat.

 

4.        Memeriksa air seni

Infeksi saluran kemih biasanya banyak menyerang wanita. Untuk melakukan pemeriksaan, yang harus anda lakukan pertama kali adalah mengambil sampel urine. Caranya adalah dengan melihat warna urin. Jika warnanya jernih maka bisa dipastikan anda baik-baik saja. Namun apabila warna urine kuning pekat, itu artinya tubuh membutuhkan lebih banyak cairan untung diganti.

Untuk melihat warna urin, kita diharuskan melihatnya di bawah sinar lampu neon yang berwarna putih atau di bawah sinar matahari langsung.

 

5.        Memeriksa ovulasi

Bagi wanita yang ingin segera memiliki anak, melakukan tes ovulsasi bisa menjadi salah satu jalan atau langkah untuk segera memiliki anak. Anda bisa menggunakan Ovulation Kit atau dengan memeriksakan kondisi basal (suhu) tubuh setiap hari. Pada saat suhu tubuh meningkat, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu tanda bahwa wanita sedang berada pada masa subur. Berhubungan seksual pada saat itu sangat besar kemungkinan menghasilkan kehamilan.

 

6.        Tes kehamilan

Tes kehamilan juga bisa dilakukan sendiri di rumah dan biasanya cukup akurat saat kita menggunakan Tespack. Jika anda terlambat datang bulan, misalnya telat 1 minggu, anda bisa mengambil Tespack dan melakukan pemeriksaan pada pagi hari untuk mengetahuinya.

 

7.        Memeriksa kulit

Memeriksa kulit juga sangat penting bagi wanita. Jika anda melihat atau menemukan banyak bintik-bintik berwarna hitam atau tahi lalat yang tumbuh pada kulit, maka hal tersebut harus diwaspadai dan segeralah menghubungi dokter.

 

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!