Tiga Jenis Mimpi Menurut Rasulullah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tiga Jenis Mimpi Menurut Rasulullah.  Perlu kalian ketahui mimpi merupakan suatu pengalaman yang  berada di bawah sadar  yang  dimana penglihatan ,pikiran ,perasaan dan juga indra yang lainnya disaat kita tidur.

Islam mengartikan mimpi  adalah sebuah bunga tidur  dan juga selain itu  terkadang juga mempunyai arti  tersendiri.  Seperti dibuktikan  dari   sebagian nabi mendapatkan wahyu  dan juga petunjuk  yang diberikan oleh allah subhanahu wa ta’ala melalui mimpi.

Berikut ada Tiga jenis mimpi menurut Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam:

  1.       Mimpi  dari imajinasi seseorang

Disaat orang itu  lagi memikirkan  imajinasi tertentu atau ingin memiliki sesuatu yang ingin diraih, itu bisa menjadi sebab  orang itu  disaat tidur akan  bermimpi. Mimpi dari imajinasi  tidak memiliki arti  hanya sebuah bunga tidur semata. Maka dari itu ada dzikir saat tidur yang diamalkan sebelum memulai tidur yaitu:

“ BISMIKA ROBBI WADHO’TU JAMBII, WA BIKA ARFA’UH, FA-IN AMSAKTA NAFSI FARHAMHAA, WA IN ARSALTAHAA FAHFAZ-HAA BIMAA TAHFAZH BIHI ‘IBAADAKASH SHOOLIHIIN ”

Artinya: “ dengan nama engkau ,wahai rabbku,aku meletakkan lambung-ku.dan dengan namamu pula aku bangun dari padanya. Apabila engkau menahan rohku (mati) ,maka berilah rahmat padanya. Tapi, apabila engkau melepaskan Nya, maka pelihara lah( dari kejahatan setan dan kejelekan dunia), sebagaimana engkau memilihara hamba-gamba-mu yang sahih.”

  1.       Mimpi dari gangguan syaitan

Disaat kalian bermimpi  buruk , itu bisa dibilang gangguan dari syaitan dan kalian disarankan tidak menceritakannya ke orang lain  dan kalian hanya perlu bersabar.allah subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya:

“ Sesungguhnya pembicaraan rahasia itu adalah dari syaitan, supaya orang-orang yang beriman itu berduka cita, sedang pembicaraan itu tiada lah memberi mudarat sedikitpun kepada mereka, kecuali dengan izin Allah dan kepada allah-lah hendaknya orang –orang yang beriman  bertwakal.” (QS Al-Mujadalah:10).

  1.       Mimpi kebaikan

Jika kalian mendapatkan mimpi yang membuat kalian semangat, bermotivasi dan bahagia merupakan mimpi yang datangnya dari Allah subhanahu wa ta’ala . Rasulullah shalallahualaihi wa salam  pernah menyebutkan kalau mimpi yang baik ( ru’ya  ash shaalihah)merupakan khabar yang baik pula. Diriwayatkan  oleh Abu Hurairah Rhadyallahu anhu, : aku mendengar Rasulullah Rasulullah shalallahualaihi wa salam   bersabda  yang artinya:

 “ takkan ada yang tertinggal dari kenabian kecuali kabar baik, mereka (para sahabat) bertanya: “ Ya Rasulullah ! Apakah Kabar baik itu? “. Rasulullah menjawab : “ mimpi yang baik” . ( HR. Bukhari)

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!