Tips Agar Hasil Kerja Menjadi Berkah

berbagi-rezeki-ilustrasi-_160526145715-405

Tips agar Hasil Kerja Menjadi Berkah, Dalam Islam, bekerja tidak hanya sekadar mencari penghasilan untuk memenuhi kebutuhan saja, melainkan juga mencari keberkahan dari setiap pekerjaan dan penghasilan yang diperoleh setiap harinya. Penghasilan tanpa berkah hanya akan membuat kita mampu memenuhi kebutuhan saja namun kenikmatan dalam berpenghasilan tidak akan didapatkan. Maka dari itu, penting halnya untuk mencari keberkahan dari setiap hasil yang diperoleh.

Salah satu cara untuk mendapatkan berkah yang dianjurkan dalam Islam adalah dengan cara bersedekah, seperti apa yang disampaikan melalui surat Al Talaq ayat 7 Allah SWT berjanji akan membalas kebaikan tersebut

Arab: لِيُنْفِقْ ذُوْ سَعَةٍ مِّنْ سَعَتِهٖۗ وَمَنْ قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهٗ فَلْيُنْفِقْ مِمَّآ اٰتٰىهُ اللّٰهُ ۗ لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا مَآ اٰتٰىهَاۗ سَيَجْعَلُ اللّٰهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُّسْرًا

Latin: liyunfiq żụ sa’atim min sa’atih, wa mang qudira ‘alaihi rizquhụ falyunfiq mimmā ātāhullāh, lā yukallifullāhu nafsan illā mā ātāhā, sayaj’alullāhu ba’da ‘usriy yusrā

Artinya: Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.

Tip Usaha Menjadi Berkah dari Abul Layts as-Samarqandi

Ada berbagai hal yang perlu saudara perhatikan dalam berbisnis atau berkerja, agar apa yang saudara kerjakan dapat menjadi berkah. Berikut ini ada beberapa tip usaha yang berkah dari Abul Layts as-Samarqandi

  1. Tidak mengakhirkan dan mengurangi sedikitpun kewajiban ibadah kepada Allah demi pekerjaan

Kesibukan dalam menjalankan usaha dan pekerjaan sudah menjadi hal yang sering terjadi dalam dunia kerja, namun sesibuk apapun saudara bekerja, usahakan untuk tidak meninggalkan ibadah yang telah menjadi kewajiban kita sebagai umat muslim.

Menjalankan usaha tanpa ibadah memang terlihat sepele, namun percayalah usaha yang tidak disertai dengan ibadah akan membuat saudara tidak pernah merasa puas dengan apa yang telah saudara peroleh selama ini. Mungkin saudara pernah melihat atau pernah merasakan, orang yang dengan berpenghasilan banyak memiliki utang di mana mana, sementara orang yang memiliki penghasilan sedikit selalu cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka tanpa adanya utang.

  1. Tidak menyakiti pihak lain demi pekerjaan

Bagi kita yang menjalin hubungan dengan banyak pihak dalam bekerja, sebaiknya saudara jangan pernah menyakiti atau merugikan pihak lain. Meskipun hal tersebut selama ini tampak aman, namun di suatu saat nanti saudara pasti akan menyadari hal tersebut sangat merugikan dan akan menyisakan sebuah penyesalan.

  1. Usaha yang dikerjakan diniati untuk menjaga kehormatan diri dan keluarga, bukan menumpuk harta

Kemudahan yang Allah berikan kepada kita dalam bekerja kadang membuat kita lupa dengan tujuan utama dalam bekerja. Pada dasarnya, Allah memberikan jalan dan rezeki kepada kita dengan tujuan menafkahi keluarga dan membantu kalangan yang membutuhkan, namun sayangnya hal tersebut tekadang membuat banyak lupa diri sehingga pelit dengan harta dan bahkan menimbun harta dengan rasa ketidak puasan dalam mencari harta.

  1. Tidak memaksakan diri bekerja di luar kemampuan

Menjadi pekerja keras merupakan hal yang baik, namun jika hal tersebut melebihi kemampuan yang saudara miliki dapat berakibat fatal. Ingat, Allah tidak pernah membebani setiap hamba-Nya di luar kemampuan yang mereka miliki. Malah kita sendiri yang membuat beban secara berlebihan kepada diri kita sendiri. Ingat, bahwa rezeki setiap manusia sudah ada takarannya masing masing, jadi meskipun saudara melakukan pekerjaan secara berlebihan, tidak akan pernah mengubah takaran dari rezeki yang telah menjadi milik saudara.

Demikianlah tip agar hasil kerja menjadi berkah, dan selalu ingat bahwa setiap penghasilan ada hal fakir, yatim dan orang yang membutuhkannya, yang telah dititipkan Allah melalui saudara, maka dari itu jangan lupa untuk bersedekah.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details