(021) 5312 6107

Tips agar tetap sehat setelah operasi jantung

Uncategorized
Tips agar tetap sehat setelah operasi jantung

Tips agar tetap sehat setelah operasi jantung – Saat ini semakin banyak orang mengalami penyakit jantung. Untuk mengobatinya, salah satu caranya adalah dengan operasi. Tidak sedikit diantara kita yang mungkin menjalani transplantasi jantung. Setelah operasi dilakukan, proses pemulihan dan perawatan harus menjadi perhatian khusus, dimana biasanya pasien diminta untuk banyak beristirahat secara fisik maupun mental di sisi lain, operasi jantung mendatangkan beberapa komplikasi lain.
Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap sehat setelah operasi jantung. Setiap perawatan yang dilakukan akan memberikan dampak positif pada pasien. Begitu juga dengan keluarga lainnya, mereka diharuskan untuk menghindari pasien dari stres dan kerja keras yang membuat tubuhnya menjadi lemas.
Satu kunci agar pasien yang sudah mengalami operasi jantung tetap sehat adalah dengan menjaga makanan atau diet agar tekanan pada organ tersebut tidak berbahaya. Selain itu, pasien juga biasanya dianjurkan untuk melakukan olahraga dalam kontrol yang ketat.

 

Tips agar tetap sehat setelah operasi jantung

Tips Tetap Sehat Setelah Operasi Jantung

Berapa tips kesehatan berikut ini bisa anda terapkan secara ketat agar kesehatan bisa terus meningkat dan hidup bisa lebih menyenangkan.

1. Tetaplah aktif
Hal yang sangat penting untuk diterapkan setelah operasi jantung, setidaknya seminggu setelah operasi, pasien diharuskan untuk berjalan secara perlahan selama kurang lebih 15 menit.Baik itu di lorong atau di taman. Latihan ini akan membantu meningkatkan asupan darah ke organ sehingga akan tetap sehat dan aktif.

2. Konsumsi makanan yang menyehatkan jantung
Makanan yang rendah natrium harus dikonsumsi setelah operasi jantung. Makanan yang tidak banyak mengandung minyak dan garam adalah makanan yang harus anda pilih. Sedangkan makanan yang digoreng dan berlemak harus dihindari.

3. Tidur reguler
Beristirahat adalah salah satu bagian terpenting dari menjaga kesehatan setelah bedah jantung. Setiap pasien harus memiliki pola tidur reguler minimal 8 jam setiap malam. Kurang tidur akan menyebabkan gangguan yang mempengaruhi atau melemahkan jantung sehingga harus dihindari.

4. Hindari lelah
Kelelahan biasanya dapat mempengaruhi jantung setelah operasi. Ini merupakan salah satu bagian penting yang harus anda hindari selain stres. Karena kelelahan dan stres merupakan silent killer yang benar-benar harus diwaspadai.
Dikatakan bahwa, kelelahan lebih banyak memberikan tekanan pada jantung sehingga memaksanya untuk memompa lebih banyak darah.

5. Ikuti semua saran dokter
Perlu anda ketahui bahwa setiap pasien memiliki dokter yang berbeda dan kondisi yang berbeda, sehingga, saran dokter mungkin juga akan berbeda-beda.Mengikuti setiap perintah dokter dan sarannya secara tepat merupakan suatu keharusan.

6. Tidak boleh melewatkan satu obat pun
Setiap pasien wajib mengkonsumsi obat yang diberikan setelah operasi jantung dan jangan pernah melewatkannya. Karena biasanya obat-obatan tersebut dapat meningkatkan kekebalan dan membantu proses penyembuhan.

7. Berikan perhatian khusus terhadap tubuh anda
Setelah operasi, sudah pasti tubuh akan mengalami perubahan yang sangat drastis. Jika anda merasakan sesuatu yang tidak nyaman pada tubuh anda, segera beri tahu dokter.

Tips tetap sehat setelah operasi jantung di atas diambil dari beberapa tips yang diberikan oleh ahli dan dokter. Sehingga, anda bisa menjadikannya sebagai panduan untuk bisa recover lebih cepat dan mendapatkan kesehatan jantung seperti yang diinginkan

 

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT


error: Content is protected !!