Tips Membuat Otak Menjadi Lebih Efisien dalam Berpikir

Tips Membuat Otak Menjadi Lebih Efisien dalam Berpikir

Tips Membuat Otak Menjadi Lebih Efisien dalam Berpikir – Sejak kita dilahirkan hingga kita mati, otak akan terus menerus bekerja, baik pada saat kita terjaga maupun pada saat kita tidur. Otak yang bekerja terus-menerus suatu saat bisa menurun efisiensinya dan hal tersebut ditandai dengan beberapa gejala dari tubuh kita. Sehingga kita harus memberikan perhatian khusus dan membuat otak kita bekerja dengan lebih efisien agar tidak mudah lelah.

Dalam beberapa studi ditemukan bahwa,ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kekuatan otak diberbagai usia. Tidak peduli pada tingkat di mana pun kecerdasan kita, atau berapa pun usia kita,otak yang ada di tengkorak kepala kita terus berkembang. Saat kita berusaha untuk memberikan pemahaman atau perhatian lebih terhadap apa saja yang kita lihat dan apapun yang terjadi di sekitar kita, ternyata hal tersebut bisa meningkatkan kecerdasan.

Jadi, setiap usaha yang anda lakukan untuk memahami sekitar anda dan memperhatikan, akan membuat anda lebih sulit mengalami kepikunan.

Jika otak digunakan dengan benar siapa pun bisa tumbuh menjadi cerdas, pada usia berapa pun, dan memiliki potensi yang sangat banyak. Pada artikel kali ini, kita akan mencoba mengupas beberapa cara dan mempelajari hal-hal yang dapat membuat otak kita bekerja dengan lebih efisien.

 Tips Membuat Otak Menjadi Lebih Efisien dalam Berpikir

Cara Membuat Otak Bekerja Lebih Efisien dalam Berpikir

 

1.        Olahraga

Olahraga apabila dilakukan secara teratur dapat membantu otak bekerja pada tingkat terbaiknya karena sel-sel saraf akan berkembang dengan lebih baik. Sel-sel saraf tersebut akan memperkuat koneksi sel antara satu dengan yang lainnya dan melindungi sel-sel lain dari kerusakan.

Berolahraga akan memberikan efek protektif terhadap otak karena aliran darah yang mengalir ke otak lebih banyak, sehingga membantu otak bekerja dengan lebih cepat dan lebih efisien.

 

2.        Jauhi alkohol

Di Indonesia memang kita jarang menemukan orang yang mengkonsumsi alkohol, namun di kota-kota besar sudah banyak orang yang mulai hidup dengan alkohol. Mengurangi jumlah konsumsi alkohol atau menghilangkannya sama sekali akan membuat otak bekerja dengan lebih efisien sedetik

 

3.        Jauhkan diri dari gula darah

Orang tidak harus mengalami diabetes terlebih dahulu untuk mengecek tingkat gula darahnya. Anda bisa melakukannya kapanpun. Kenaikan insulin di dalam tubuh yang sangat tinggi menyebabkan respon otak kita menjadi lambat. Sebaliknya, apabila terlalu rendah ingatkan kita akan terpengaruh. Jadi, pastikan tingkat insulin berada di bawah kontrol.

 

4.        Kurangi menonton TV

Studi menunjukkan bahwa orang yang menonton TV lebih dari 2 jam sehari cenderung mengalami gangguan perhatian seperti ADHD. Mengurangi menonton TV makan membuat otak bisa bekerja dengan lebih baik dan efisien.

 

5.        Konsumsi makanan sehat

Orang yang mengkonsumsi makanan sehat misalnya daging, biji-bijian, buah-buahan segar memiliki lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang sering mengkonsumsi makanan olahan.

Karena biasanya makanan olahan cenderung sering kehilangan nutrisi saat diolah sehingga pada saat masuk ke dalam tubuh kita, makanan tersebut sudah jauh berkurang kualitasnya.

 

6.        Pilih makanan yang kaya omega-3

Ikan salmon memang kaya akan omega-3, namun sangat sulit ditemukan terutama di Indonesia.Maka dari itu, anda bisa beralih ke ikan tuna atau kenari dan buah alpukat yang banyak mengandung asam lemak omega-3. Jika anda kesulitan untuk menemukan berbagai jenis makanan tersebut, anda bisa mencari suplemen minyak ikan karena biasanya kaya akan asam lemak omega-3.

Vitamin ini akan membantu memperlancar dan meningkatkan aliran darah ke otak untuk mengurangi peradangan.

 

7.        Berhenti merokok

Menjadi perokok aktif atau menjadi perokok pasif sama saja. Merokok dapat membuat otak menjadi tumpul dan membuat kecerdasan serta kecepatan dalam berpikir berkurang.

Jadi, mulai saat ini canangkan untuk berhenti merokok dengan mengurangi satu persatu atau dengan berhenti sama sekali. Selain menghemat uang dengan berhenti merokok, anda juga berinvestasi dalam hal kesehatan secara umum.

 

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details