Tips Membuat Sedekah Menjadi Gaya Hidup

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim.tips membuat sedekah menjadi gaya hidup. Di dalam hidup di dunia ini memang akan terasa cepat berlalu, terkadang orang yang bilang kalau hidup di dunia ini begitu susah,dan lama, orang itu berarti tidak menikmati hidup. Memang hidup perlu dengan kebahagiaan , yang dimana definisi hidup bahagia di dunia, mau beli apapun dan apa yang kita inginkan bisa tercapai dan terpenuhi, beli ini beli itu. Tidak sadarkan kdiri kita menghabiskan uang kita hanya untuk kebutuhan dunia, yang semua itu hanya nafsu yang semu. Barang tidak bermanfaat kita beli,karena kita penasaran ingin memilikinya. Gaya seperti itu yang dinamakan rezeki atau uang yang kita dapatkan tidak berkah, dan biasanya orang seperti itu jarang bersedekah,infaq,wakaf dan juga zakat.

Agar rezeki kita bertambah dan juga kita jika membeli sesuatu pastinya membeli yang bermanfaat jadikan zakat,infak,wakaf dan juga sedekah menjadi gaya hidup kita .gaya hidup merupakan  suatu cara orang hidup dalam membiasakan diri dalam membelanjakan uangnya dan memanfaatkan dengan benar.

Berikut ini tips membuat sedekah menjadi gaya hidup:

  1.       Bergabung ke komunitas orang yang suka sedekah dan juga berinfak

Agara gaya hidup yang kita lakukan akan menilai positif dan tidak sia sia dalam menjalani nya  sebaiknya kita gabung ke dalam lingkungan orang-orang yang positif juga, seperti komunitas orang yang suka dalam bersedekah dan juga berinfak

  1.       Hadirkan kenikmatan dan kebahagiaan dalam bersedekah

Agar sedekah menjadi gaya hidup , kita harus hadirkan kenikmatan dan kebahagiaan saat mengeluarkan sedekah jika kita belum bisa menghadirkan kebahagiaan dalam bersedekah , kita  bisa mencoba   dengan bersedekah ke tempat anak-anak terlantar, seperti panti asuhan, di kampong-kampung pemulung. Disitulah setidaknya kita bisa merasakan saat kita bersedekah kepada mereka, kita bisa merasakan kenikmatan dan kebahagiaan, karena lewat tangan dan pemberian kita mereka bisa memenuhi kebutuhan sehari harinya.

  1.       Menularkan gaya hidup bersedekah.

Di saat kenikmatan dan kebahagiaan yang kita sudah dapatkan dan rasakan dalam bersedekah. Dan itu sudah menjadi gaya hidup kita. Bisa sebagai seorang muslim, Setidaknya mengajak saudara muslim kita agar gemar bersedekah dan juga menjadikan gaya hidup mereka dengan bersedekah. Seperti hadis Rasulullah Shalallahu alaihi wa salam katakan yang artinya

 “Barang Siapa dapat memberikan suri tauladan yang baik dalam islam,lalu suri tauladan  tersebut dapat diikuti oleh orang-orang sesudahnya, maka akan dicatat untuk Nya pahala sebanyak yang diperoleh orang-orang yangmengikutinya tanpa mengurangi sedikitpun pahala yang mereka peroleh.”(HR.Muslim)

Wallahualam Bishawab

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!