Tips Mempersiapkan Biaya Haji & Umroh Lewat Investasi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tips mempersiapkan Biaya Haji & Umroh Lewat Investasi. Untuk menyempurnakan rukun islam  umat muslim  selalu berusaha  agar bisa  berangkat menunaikan ibadah haji maupun  ibadah umroh.  Setelah menjalankan ibadah haji ataupun umroh , akan bisa membuat spiritual setiap umat muslim menjadi  lebih kuat akan iman dan taqwa kepada allah subhanahu wata’ala.

Untuk berangkat haji dan umroh, yang dimana membutuhkan dana yang tidak sedikit  dan juga kalian perlu mempersiapkan mental yang matang juga. Karena biaya haji dan umroh yang cukup banyak kalian harus bekerja lebih keras dan juga mendapatkan dana yang halal kalian bisa mengikuti Tips Mempersiapkan biaya  Haji dan Umroh lewat investasi sebagai berikut.

Tips Mempersiapkan Biaya Haji dan Umroh

  1. Reksa dana syariah

Semakin berkembangnya jaman investasi reksa dana sudah mulai dikenal di kalangan masyarakat.   Reksa dana merupakan suatu wadah  penghimpun dana dari masyarakat  pemodal yang nantinya akan dilanjutkan menjadi investasi   ke dalam sebuah portofolio oleh  manajer investasi(undang-undang pasar modal No 8 tahun 1995)

Reksa dana syariah sudah dijamin ke halal yang dimana mengandung dua akad , akad tersebut  adalah aad wakalah dan mudharabah.  Kalau sudah produk syariah pastinya sudah mengandung ekonomi  islam dengan menggunakan sistem pengelolaan  yang telah diatur oleh Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI). 

  1. Saham Syariah

Saham syariah  merupakan  investasi yang menggunakan  sistem  bagi hasil yang resikonya  diputuskan  dengan  melalui  musyawarah. Di dalam investasi saham syariah  tidak ada yang gharar dan juga maysir.

  1. Sukuk Ritel

Kalian bisa menggunakan  investasi Sukuk Ritel  agar dana untuk keberangkatan ke tanah suci bisa cepat terkumpul.  Cara pembelian sukuk ritel ada dua cara seperti pasar perdana dan juga pasar sekunder. Biasanya cara pembelian di pasar perdana , para calon investor akan mengisi sebuah formulir yang sudah disediakan oleh para agen penjual. Untuk syaratnya  sangat mudah yaitu  menyiapkan fotocopy KTP, setelah itu  transfer dana ke rekening khusus ke agen penjual.  Akan mendapatkan penjatahan dan menerima bukti kepemilikan dan akan mengambil pengembalian sisa dana  kalau saat pemesanan tidak terpenuhi semuanya..

  1. Emas Murni atau Logam Mulia

Masyarakat sekarang pastinya sudah mengetahui  investasi  emas, tetapi mereka tidak mengetahui kalau investasi emas murni dengan emas perhiasan sangat berbeda. Untuk emas murni atau logam mulia merupakan pilihan yang sangat tepat untuk mempersiapkan dana  untuk berangkat umrah ataupun haji.  Dalam pembelian emas  batangan  sekarang sangatlah mudah, dan kalian bisa membelinya dengan cara dicicil  di setiap bulannya dengan menggunakan akad Murabahah(jual beli).

Kalian bisa membeli emas yang memiliki sertifikat langsung ke bank-bank syariah, toko-toko emas, kantor pusat /cabang PT Aneka Tambang (Antam),  merupakan sebuah perusahaan tambang yang menjual Logam mulia atau emas murni  yang batangan bersertifikat.

Dari keempat  investasi yang disebutkan diatas  penulis lebih menyarankan  untuk berinvestasi logam mulia atau emas murni. Karena  emas memiliki harga yang stabil.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!