Tips Mendidik Anak Laki-laki dalam Islam

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim.Tips Mendidik Anak Laki-laki dalam Islam. Di dalam artikel ini penulis akan berbagi tentang bagaimana mendidik anak laki –laki sesuai dengan syariat islam.  Pada umumnya pasangan suami istri terutama yang baru menikah sangat menginginkan anak  pertama nya adalah berjenis kelamin laki – laki. Dimana nantinya anak pertama itu akan melindungi dan membimbing adik-adiknya.   

 Agama islam merupakan agama yang paling sempurna, dimana semua nya sudah ada cara nya, seperti yang kita akan bahas sekarang, mendidik anak laki-laki di dalam islam juga sudah diajarkan secara mendetail.  Berikut ini cara mendidik anak laki-laki sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

  1.       Mendidik Anak Menjadi Pemimpin

         Allah Berfirman dalam QS. An-nisaa’ : 34

β€œ Kaum Laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh arena Allah telah melebihkan sebahagian mereka(laki-laki) atas sebahagian yang lain(wanita).”

 Orang tua setidaknya harus memberikan pendidikan kepada anak sebagai seorang pemimpin dan menjadi laki laki yang bertanggung jawab. Dan bisa mengambil keputusan yang tegas pada tempatnya.

  1.       Menanamkan Tauhid dan juga akidah yang Kuat

Saat anak kita masih berusia dini, kita sebagai orang tua diwajibkan memberikan pengetahuan tauhid, dan juga mengajarkan dasar akidah. Memberikan pengetahuan tentang Rukun iman, rukun islam dan juga menjalankan ibadah karena perintah dan kecintaankepada  Allah subhanahuwataala.

  1.       Memberikan pendidikan Alquran

Dalam memberikan pendidikan alquran kepada anak lak-laki kita, bukan hanya mengajarkan dalam membacanya tetapi kita berikan cara mengerti apa yang dibaca dalam alquran dan juga bisa memahami isinya, jadi anak kita akan semakin bertambah takwa dan iman  pada diri anak laki laki kita.

  1.       Mengajarkan agar selalu Berbakti kepada orang tua

Rasulullah shalallahualaihi wa salam selalu mengajarkan anak-anaknya dalam berbakti kepada kedua orang tua. Di dalam agama islam  jika anak tidak berbakti kepada orang tua itu merupakan Dosa yang sangat besar.

  1.       Mengajarkan akhlak Mulia

Anak laki-laki wajib bagi kita sebagai orang untuk mengajarkan adab akhlak yang mulia, agar selalu berperilaku yang baik dalam bermasyarakat. Seseorang dinilai kebaikannya dari dua hal yaitu akhlak yang mulia dan juga Agamanya. Karena rasulullah diutus ke dunia untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak.

 Demikian sedikit artikel tips mendidik Anak laki-laki dalam islam, semoga bermanfaat.

Wallahualam bishawab

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!