Tips Mengatur Minum 8 Gelas Sehari Saat Puasa

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim. Tips Mengatur Minum 8 Gelas Sehari Saat Puasa. Disaat bulan suci puasa , masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama muslim . akan menjalankan ibadah wajib yaitu berpuasa satu bulan full yang jam puasanya dari subuh sampai jam berbuka adzan magrib.

Sebuah Dalil  hadist yang mewajibkan puasa ramdhan dari hadist Thalhah bin Ubaidullah Radhiyallahu ánhu  riwayat  Al-Bukhary dan juga muslim,  ketika seorang A’raby bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang Islam , beliau bersabda yang artinya:

Shalat lima waktu (diwajibkan)dalam sehari dam semalam.”Maka ,ia berkata,”Apakah ada kewajiban lain terhadapku?” Beliau menjawab, “ Beliau menjawab, “tidak ada, kecuali hanya ibadah sunnah. Juga puasa Ramadhan.”Maka ,ia berkata, “Apakah ada kewajiban lain terhadapku?” Beliau menjawab, “tidak ada, kecuali hanya ibadah sunnah,” dan Rasulullah shallalahu álaihi wa sallam menyebutkan (kewajiban) zakat terhadapnya. Maka ia berkata, Ápakah ada kewajiban lain terhadapaku?’ Beliau menjawab, “tidak ada, kecuali hanya ibadah sunnah.”Kemudian orang tersebut pergi  seraya berkata, “Demi Allah,saya tidak akan menambah diatas hal ini dan tidak akan meguranginya. ‘Maka , Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,Ía telah beruntung apabila jujur.’.”

Saat puasa pastilah kita harus menjaga cairan tubuh agar tidak dehidrasi.dan sebenarnya cairan tubuh disaat puasa sama saja seperti saat kita tidak berpuasa cukup minum air delapan gelas dalam sehari. Tetapi khusus pada bulan puasa ini ada aturan khusus yang bisa kita terapkan aga cairan tubuh terpenuhi yaitu dengan aturan minum 2-4-2. Berikut penjelasannya.

          Minumlah 2 gelas Air putih saat berbuka

Saat berbuka puasa pastilah sudah banyak orang mengetahui slogan “berbuka lah dengan yang manis”  dan disunnahkan berbuka dengan buah kurma. Tapi tetap disarankan saat berbuka puasa selalu mendahulukan dengan minum air putih. Air putih bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang disaat berpuasa. Saat minum air putih, minumlah perlahan sembari memakan takjil lainnya.

          4 gelas air putih disaat makan malam

Minum empat gelas air putih bisa kita atur dengan minum 2 gelas setelah makan malam dan juga 2 gelas lagi setelah sholat tarawih atau menjelang tidur.

          2 gelas Air Putih  disaat Sahur.

Dua gelas air putih disaat sahur bisa memenuhi  kebutuhan cairan tubuh untuk melengkapi pola minum 2-4-2. Juga bermanfaat dalam meringankan penyakit seperti sakit perut, gangguan pencernaan, membuang racun yang ada di dalam tubuh dan bisa membuat sistem limfatik pada tubuh tetap terjaga.

 Demikianlah Tips Mengatur Minum 8 gelas Sehari Saat Puasa, semoga bermanfaat

Wallahu alam Bishawab

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!