(021) 5312 6107

Tips Menggunakan Obat Tetes Mata

Kesehatan
tips menggunakan obat tetes mata

tips menggunakan obat tetes mata – Pasien yang pernah menjalani operasi mata tentu diwajibkan menggunakan tetes mata. Dan juga, menjadi suatu keharusan bagi mereka yang menderita infeksi mata atau iritasi. Bahkan beberapa orang seringkali menggunakan tetes mata untuk mengobati atau mengurangi kekeringan pada mata.Selain itu, tetes mata terkadang digunakan juga untuk mengobati glaukoma. Botol kecil tetes mata sering kita temukan di lemari obat, namun seberapa jauh anda mengetahui bagaimana merawat dan menggunakannya?

tips menggunakan obat tetes mata

Dan berikut adalah beberapa hal yang wajib anda ketahui sebelum menggunakan obat tetes mata.

 

1.        Cek tanggal kadaluarsa

Sebenarnya, para ahli menyarankan setiap orang agar tidak terburu-buru menggunakan obat tetes mata, terlebih jika tidak diresepkan oleh dokter spesialis. Dan yang tidak boleh anda lupakan adalah tanggal kadaluarsanya. Selalu cek tanggal kadaluarsa obat tersebut sebelum menggunakannya. Karena apabila digunakan setelah tanggal kadaluarsa, bukannya menyembuhkan, justru sebaliknya, obat tersebut bisa saja yang menyebabkan berbagai komplikasi.

 

2.        Apa yang dibutuhkan oleh mata?

Jika anda menerapkan tetes mata sendiri, anda harus memiringkan kepala ke arah belakang dan membuka kedua mata. Kemudian lihatlah ke satu titikdi langit-langit. Setelah itu, teteskan satu kali.Kemudian, hindari menggosok mata setelah mengaplikasikannya. Tutup mata anda beberapa saat kemudian terapkan dengan cara yang sama dimata sebelahnya.

 

3.        Jangan menerapkan terlalu banyak

Saat menggunakan tetes mata, disarankan untuk tidak menggunakan terlalu banyak atau meneteskan terlalu banyak obat ke dalam mata. Pastikan anda menggunakan satu tetes kemudian menunggu reaksinya, dibandingkan dengan langsung memberikan dua tetes.

 

4.        Jika diresepkan lebih dari satu tetes

Jika dokter meresepkan lebih dari satu tetes untuk satu mata, maka disarankan menunggu sekitar 6 jam sebelum anda menerapkan tetes berikutnya. Karena apabila terlalu berlebihan obat tetes mata bisa menyebabkan reaksi tertentu pada mata.

 

5.        Perhatikan dosisnya

Pastikan anda mengetahui dosis yang dianjurkan untuk penggunaan tetes mata tersebut. Dosis yang terlalu banyak atau berlebihan bisa mempengaruhi pengobatan dan bisa membahayakan mata.

 

6.        Jauhkan tetes mata dari sinar matahari

Perlu anda ketahui bahwa obat tetes mata tidak boleh terkena sinar matahari.Sehingga apabila anda membeli di toko yang kebanyakan memajang obat-obatan mereka di etalase yang terkena langsung sinar matahari, anda harus segera menghindarinya.

 

7.        Periksa mata secara rutin

Memeriksa mata sendiri di rumah tidak dianjurkan. Sebaliknya, dianjurkan untuk rutin berkonsultasi ke dokter spesialis mata untuk membantu melacak masalah yang anda hadapi dan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

 

8.        Dilarang mendiagnosa sendiri

Jika anda menemukan masalah pada mata anda, sangat penting untuk tidak mengambil kesimpulan apapun sebelum anda menanyakannya dengan dokter. Kunjungilah spesialis mata terdekat untuk mencari tahu apa yang terjadi dengan mata anda.

 

Cara Tepat Meneteskan Obat Mata

Saat anda meneteskan obat mata, pastikan anda menitikkannya tepat di tengah-tengah dan bukannya di sudut mata anda.Setelah menerapkan tetes mata, tidak dianjurkan berkedip secara berlebihan atau terlalu cepat. Dengan demikian anda tidak akan menumpahkan kembali atau tidak akan menumpahkan keluar obat dari mata anda.

Dan, setelah meneteskan obat mata, dianjurkan untuk menggerak-gerakkan bola mata sambil dalam keadaan terbuka atau tertutup.

Tags Berita: #

error: Content is protected !!