Tips Umroh Pertama Kali Buat Jamaah dari Indonesia

Golongan yang Berhak Menerima Zakat Fitrah

Rukun islam   ada lima yaitu syahadat, sholat, puasa , zakat , haji. Kebanyakan umat islam di Indonesia belum bisa menjalankannya, karena  jadwal haji pastinya perlu menunggu antrean berangkat ke tanah suci mekkah. Karena begitu panjangnya antrian untuk keberangkatan haji. Maka ada yang melakukan ibadah umroh sembari menunggu keberangkatan haji.

Umroh bisa dilakukan kapan saja, beda dengan haji yang hanya dilakukan satu tahun sekali. Bagi  jamaah umroh yang baru pertama sekali  menjalankan keberangkatan ke tanah suci. Pastinya akan bertanya Tanya. Apa saja yang  wajib dipersiapkan sebelum berangkat menunaikan ibadah umroh.

Berikut 7 tips Umroh pertama kali buat Jamaah dari  Indonesia

  1.       Mengetahui musim di arab Saudi

Kota di arab Saudi yang akan dikunjungi  oleh peziarah dari Indonesia merupakan kota  mekkah dan madinah, kedua kota tersebut memiliki perbedaan  dalam suhu  yang disebabkan letak geografisnya. Di arab Saudi memang mempunyai musim yang mirip seperti di indonesia tapi ada perbedaan pada kelembaban yang membuat arab Saudi jarang hujan.

Jadi setelah mengetahui musim dan suhu di arab Saudi. Kalian bisa mengantisipasi dengan mempersiapkan bawaan dan perlengkapan yang bisa membuat kalian nyaman selama menjalankan umroh atau haji .

  1.       Menjaga kesehatan tubuh.

Selalu menjaga kesehatan tubuh kalian, karena kegiatan saat umroh atau haji sangat membutuhkan fisik yang kuat. Seperti mengerjakan tawaf ( keliling ka’bah)  7 kali dan juga Sai (berlari kecil dari safa ke marwah) sebanyak 7 kali juga.

  1.       Selalu membawa keperluan pribadi

Kalian jangan pernah lupa untuk membawa keperluan pribadi  dengan membawa obat-obatan, perawatan tubuh dan juga pakaian yang sesuai  kalau kalian masuk angina kalian jangan lupakan membawa minyak angin atau jamu untuk menghangatkan tubuh. Secara kondisi suhu,  dan musim di arab Saudi  tidak seperti musim di Negara Indonesia.

  1.       Mengetahui peraturan di arab Saudi

Di arab Saudi semua orang wajib memakai pakaian yang sopan dan wanita juga wajib menutupi bahu dan lutut di tempat umum. Tidak boleh  membawa minuman beralkohol.  Tidak boleh  melakukan tindakan kebencian,rasisme, diskriminasi, dan  berperilaku tidak senonoh  dan juga kekerasan seksual.

  1.       Mempelajari kebiasaan di tanah arab

Di arab Saudi masyarakat disana jika adzan berkumandang , mereka semuanya akan meninggalkan semua kegiatannya atau pekerjaannya  untuk pergi mengerjakan ibadah sholat. Jadi jangan heran jika pedagang yang di pasar meninggalkan  barang dagangannya  ketika mendengarkan panggilan untuk sholat.

  1.       Manasik

Perlunya mengikuti manasik yang diselenggarakan oleh biro perjalanan.  Saat melakukan manasik kalian bisa sekalian belajar untuk praktik ritual  yang kondisinya dibuat mirip seperti di tanah suci dan  kalian bisa bertanya hal-hal yang belum dimengerti kepada pembimbing umroh.

  1.       Mempersiapkan biaya

Umroh adalah ibadah yang dikhususkan bagi umat yang memiliki kemampuan untuk melaksanakannya , dan juga mampu akan secara material.  Jadi untuk melakukan umroh kalian perlu menabung sedini mungkin. Supaya keinginan kalian untuk umroh ataupun haji bisa cepat terlaksana.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details