Tips Untuk Ibu Menyusui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Jangan Menunda Untuk Menyusui

Setelah lama menantinva selama kurang lcbih sembilan bulan. tidak lama lagi sang buah hati akan berada dalam dekapan hangat Anda. Bila Anda telah memutuskan untuk menyusui bayi Anda, maka Anda harus memulainya segcra setelah jalan nafasnya dibersihkan dan ditentukan nilai Apgar-nva baik.
Perlu diketahui, refleks mengisap bayi paling kuat adalah pada jam-jam pertama setelah ia dilahirkan.
Di lain pihak, isapan bayi pacla puting ibunya akan merangsang pengeluaran hormon prolaktin(hormon yang merangsang produksi ASI) dan hormon olisitosin (hormon yang merangsang refleks pengeluaran ASI). Kerja kedua hormon tersebut akan membuat kolostrum(ASl vang keluar dari hari pertama sampai hari kcsepuluh atau keempat belas setelah melahirkan) lebih cepar keluar. Sifat dari kolostrum yang bewarna bening kekuningan ini adalah berupa laxans (pelancar buang air besar).
Selain merangsang produksi dan pengeluaran ASI, pengeluaran hormon juga akan menyebabkan rahim berkontraksi, sehingga tubuh Anda akan lebih cepat kembali ke ukuran semula, sebelum hamil. Selain itu. kontak dini juga akan mernpererat ikatan (bonding) antara bayi dan ibu.
Yang penting diinga bayi harus dibiarkan menyusu sepuas dan sesering mungkin tanpa jadwal vang ketat. Semakin kuat dan sering isapan bali, semakin lancar dan cepat pemantapan proses menyusui. Sebaliknva. pemberian minuman selain ASI akan membuat
bayi malas menvusu, karena telah merasa kenyang dan akan mengurangi rangsangan pada payudara ibu. Akibatnya produksi ASI pun akan semakin berkurang.

ibu-muslimah

Sabar dan Penuh Cinta

Kegiatan menyusui tidak selalu berjalan mulus. Ada kalanva timbul masalah yang biasanva tidak sama antara ibu yang satu dengan ibu yang lain. Bila ada masalah yang mengganggu kegiatan menyusui, ibu sebaiknya berusaha untuk segera mengatasinya.
Carilah jalan keluarnya dengan penuh kesabaran dan tidak mudah putus asa. Perlu diketahui, beberapa masalah menyusui sebenarnva dapat Anda cegah. ltu sebabnva anda sebaiknya tidak segan bertanva tentang cara menlusui yang benar pada staf pelavanan kesehatan, khususnya di bagian persalinan atau di klinik-klinik Iaktasi.
Misalnya saja tanyakanlah tentang posrsi dan perlekatan bayi yang tepat terhadep payudara ibu. Karena. posisi dan perlekatan yang salah menyebabkan puting susu luka. saluran ASI tersumbat, dan peradangan prayudara. Selain ltu, kesalahan itu juga dapat menvebabkan bavi mengisap udara yang menvebabkan perutnya kembung.
Selain itu. pengetahuan tentang bagaimana cara rnernpertahankan produksi ASI pada saat ibu terpalisa berpisah dari bayinya pun. sebaiknva Anda kuasai. Salah satu di antaranya adalah dengan mengetahui cara memerah. menyimpan. dan memberikan ASI perah. Dengan demikian, sang buah hati mendapatkan sepenuhnya apa yang memang menjadi haknya, yaitu ASI ibundanya tercinta.
Bila ibu tidak yakin apakah bayi Anda dapat mengisap ASI dengan baik. atau tetap penasaran dengan kecukupan produksi ASI Anda, jangan segan untuk bertanya pada konsultan laktasi, dokter, atau bidan. Semakin tinggi rasa percaya diri Anda, semakin besar kenyamanan dan kebahagiaan yang Anda rasakan
saat menyusui sang buah hati tercinta.

sumber: Kiat Sukses Menyusui (seri Ayahbunda)

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!