Mengenal Malaikat Jibril Beserta Tugas – Tugasnya

tugas malaikat jibril

Malaikat merupakan salah satu makhluk yang paling taat kepada Allah. Hingga Allah menjadikan keimanan seseorang kepada malaikat menjadi salah satu rukun iman dalam agama yang sempurna ini, agama islam. Iman seseorang tidak akan diterima sebelum mereka iman kepada Malaikat-Nya.

Dengan mengetahui malaikat Allah, kita akan senantiasa meneladani sifatnya yang selalu taat, kita sadar bahwa Allah sangat menyayangi kita hingga mengirim utusan untuk menjaga kita, mengingatkan kita dan mencatat amal-amal kita.

Definisi malaikat secara ahasa berarti mursil atau utusan. Kata malaikat adalah bentuk jamak dari kata malak. Malaikat adalah salah satu makhluk ghoib yang selalu taat kepada Allah dan tidak memiliki hawa nafsu. Jumlahnya sendiri tidak ada yang mengetahui secara pasti. Allah berfirman:

“dan tidak ada yang mengetahui tentara Tuhan mu melainkan dia sendiri” (Qs. Al Muddatsir: 31)

Rasulullah juga pernah bersabda:

“Kemudian ditunjukkan kepadaku baitul ma’mur. Aku pun bertanya kepada Jibril, beliau menjawab, ‘Ini Baitul Ma’mur, setiap hari ada 70.000 malaikat yang shalat di dalamnya. Setelah mereka keluar, mereka tidak akan kembali lagi, dan itu menjadi kesempatan terakhir baginya.” (HR. Bukhari 3207 dan Muslim 164).

Dari ayat dan hadist tersebut kita tau bahwa tidak ada satupun yang mengetahui jumlah malaikat Allah termasuk Rasulullah. Namun, yang wajib kita Imani ada 10 malaikat. Kesepuluh malaikat tersebut adalah Malaikat Jibril, Malaikat Mikail, Malaikat Israfil, Malaikat Izrail, Malaikat Munkar, Malaikat Nakir, Malaikat Raqib, Malaikat Atid, Malaikat Malik, Malaikat Ridwan. Salah satu diantaranya yang akan kita bahas kali ini adalah Malaikat Jibril yang menjelaskan kepada Rasulullah saat Beliau menanyakan jumlah malaikat dalam peristiwa isra miraj.

Malaikat Jibril dalam Islam dikenal sebagai malaikat yang paling mulia dan sebagai pemimpin malaikat lainnya. Jibril dalam bahasa yang lain disebut Jibrail. Dan dalam bahasa Ibrani dijelaskan bahwa Jibril berasal dari 2 kata jibr dan iil. Jibr berarti hamba dan iil merupakan salah satu nama Allah sehingga Jibril memiliki arti hamba Allah. (At tahrir wa At Tanzil, Ibnu Asyur, 1/620).

tugas malaikat jibril

Malaikat Jibril dalam Alquran disebutkan beberapa kali, diantaranya pada Surah Al Baqarah ayat 98 dan Attahrim ayat 4. Nama lain malaikat Jibril dalam Al quran Ruh Al Amin, Ruhul Amin (dalam QS Asyu’ara’), Ruh Al Qudus, Ruhul Qudus (dalam QS An Nahl). Dalam agama Nasrani julukan malaikat Jibril adalah Gabrielle. Berikut beberapa ayat yang menyebutkan nama lain malaikat Jibril.

Allah menyebut Ruhul Amin (Ruh yang memiliki sifat Amanah)

وَإِنَّهُ لَتَنْزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ  نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الْأَمِينُ  عَلَى قَلْبِكَ لِتَكُونَ مِنَ الْمُنْذِرِينَ

Sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan. (QS. As-Syu’ara’: 192 – 194)

Allah menyebut Ruhul Qudus (Ruh yang suci)

قُلْ نَزَّلَهُ رُوحُ الْقُدُسِ مِنْ رَبِّكَ بِالْحَقِّ لِيُثَبِّتَ الَّذِينَ آمَنُوا وَهُدًى وَبُشْرَى لِلْمُسْلِمِينَ

Katakanlah “Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Al Quran itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman…. (QS. An-Nahl: 102).

Selain itu, Malaikat Jibril digelari dengan ar-Ruh karena malaikat adalah alam ruh, alam ghaib yang tidak terindra oleh manusia. (at-Tahrir wa at-Tanwir, 19/189). Pendapat lain juga mengatakan malaikat Jibril digelari ar-Ruh karena beliau malaikat yang membawa wahyu kepada para nabi. Dan wahyu adalah sumber kehidupan bagi agama, sebagaimana jasad bisa hidup karena ada ruh. (Tafsir ar-Razi, 3/596).

Asal-usul malaikat Jibril seperti disebutkan dalam hadits Jibril dijelaskan dari Aisyah radhiyallahu anha Rasulullah bersabda:

خُلِقَتِ الْمَلَائِكَةُ مِنْ نُورٍ ، وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ

“Malaikat diciptakan dari cahaya dan jin diciptakan dari nyala api.”(HR. Muslim 2996).

Lalu, siapakah malaikat terbesar yang diciptakan Allah? Allah berfirman:

“Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Fathir: 1).

Rasulullah bersabda:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى جِبْرِيلَ لَهُ سِتُّمِائَةِ جَنَاحٍ

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat Jibril, dengan 600 sayap.” (HR. Bukhari 3232 dan Muslim 174)

Seorang manusia hanya dapat membayangkan, sayap selalu 1 pasang atau 2 buah. Namun, Allah menciptakan 2,3 atau 4. Bahkan jumlah sayap malaikat jibril sebanyak 600 sayap, bukankah sulit membayangkannya? dari gambaran rupa malaikat Jibril tersebut cukup menunjukkan bahwa malaikat Jibril adalah malaikat terbesar yang diciptakan oleh Allah. Rasulullah pun pernah bersabda

“Itu adalah Jibril aku belum pernah melihatnya dalam bentuk asli selain di dua kesempatan ini aku melihatnya turun dari langit besar fisiknya menutupi antara langit dan bumi” (HR muslim 177)

Selain wujud fisiknya Allah juga memberikan gambaran sifat dari Jibril. Dijelaskan dalam Quran surat at-takwir ayat 19-21 bahwa Jibril merupakan utusan yang mulia salah satu makhluk yang kuat memiliki kedudukan yang tinggi yaitu di arus ditaati malaikat lainnya dan sangat amanah di sisi Allah.  Allah berfirman

“Sesungguhnya Alquran itu benar-benar firman Allah yang dibawa oleh utusan yang mulia Jibril yang mempunyai kekuatan yang mempunyai kedudukan tinggi disisi Allah yang mempunyai arus yang ditaati di sana di alam malaikat lagi dipercaya” (QS At Takwir: 19-21)

Bukti lainnya tentang malaikat jibril, Allah berfirman :

“Yang diajarkan kepadanya oleh Jibril yang sangat kuat yang memiliki merah dan dia menampakan diri dengan rupa asli.” (QS An Najm: 5-6)

Tugas Malaikat Jibril

tugas malaikat jibril

Tugas malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu kepada Nabi dan Rasul. Selain itu, Malaikat Jibril juga bertugas meniupkan ruh kedalam janin yang ada dalam kandungan. Pada saat wahyu pertama turun kepada Rasulullah pun, malaikat Jibril pula yang mengajarkan beliau untuk membaca.

Amanah dari Allah yang lainnya adalah membalikkan kota yang ditinggali kaum Nabi Luth yang disebut kaum Sodom (kaum yang menyukai sesame jenis oleh karena itu dilaknat oleh Allah). Kota tersebut diangkat ke langit dunia oleh Jibril dengan menggunakan sayapnya. Dalam kisah dijelaskan penduduk langit dapat mendengan suara anjing dan ayam milik kaum Sodom. Kemudian kota itu dibalik dan dikembalikan ke bumi.

Dari berbagai kisah yang disebutkan, Malaikat Jibril memiliki begitu banyak kehebatan yang cukup dikagumi namun dikalangan yahudi, malaikat Jibril sangat dibenci.

Ibnu Abbas bercerita bahwa suatu saat ada kaum yahudi yang mendatangi rasulullah SAW  “Sampaikan kepada kami, siapakah kawan dekatmu?” tanya yahudi.

“Jibril ‘alaihis salam.” Jawab Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

“Jibril!! Dialah yang turun ikut membantu perang, dan memberikan adzab. Dia musuh kami. Andai kamu tadi menyebut  Mikail, yang menurunkan rahmat, tetumbuhan, dan hujan. Tentu kau benar.”

Kemudian Allah menurunkan firman-Nya, surat al-Baqarah: 97. (HR. Ahmad 2483 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details