Wajib Bagi Umat Islam, Ini 5 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Puasa merupakan salah satu bentuk ibadah bagi umat Muslim. Dalam Islam, puasa terbagi menjadi 3 yang diberdasarkan oleh hukumnya yaitu, puasa wajib, puasa sunnah dan puasa haram. Puasa wajib merupakan puasa yang diharuskan bagi umat Muslim untuk melaksanakannya seperti puasa ramadhan. Apabila puasa wajib tidak dilaksanakan maka akan berdosa.

Sementara puasa sunnah merupakan puasa yang boleh dilakukan dan boleh juga tidak. Bagi siapa yang melaksanakan maka akan memperoleh pahala sebagaimana keutamaan dari puasa yang dilaksanakannya, sementara apabila tidak dilaksanakan maka tidak akan berdosa.

Sedangkan puasa haram adalah puasa yang tidak boleh dilakukan pada waktu waktu tertentu misalnya seperti puasa saat idul adha, puasa saat idul fitri, puasa saat haid dan lain sebagainya. Barang siapa yang tetap berpuasa pada waktu yang diharamkan maka akan berdosa.

 

5 manfaat puasa untuk kesehatan yang terbukti secara ilmiah

Melaksanakan puasa tidak hanya akan memperbaiki kualitas ibadah saja, namun secara ilmia, berpuasa juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dan berikut beberapa manfaat berpuasa bagi kesehatan secara ilmiah.

 

1. Meningkatkan Kontrol Gula Darah dengan Mengurangi Resistensi Insulin

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, sehingga sangat bagus bagi mereka yang punya risiko diabetes. Faktanya, satu penelitian pada 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa puasa intermiten jangka pendek mampu menurunkan kadar gula darah secara signifikan.

 

2. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung dengan Menjaga Tekanan Darah dan Kadar Kolesterol

Penyakit jantung dianggap sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia, bahkan angka kematiannya mencapai sekitar 31,5% secara global.

Salah satu cara paling efektifΒ  untuk mengurangi risiko penyakit jantung adalah dengan mengubah pola makan dan gaya hidup. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa berpuasa secara rutin sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

 

3. Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Meskipun sebagian besar penelitian dilakukan pada hewan, beberapa telah menemukan bahwa puasa dapat memiliki efek yang kuat pada kesehatan otak. Satu studi pada tikus menunjukkan bahwa berpuasa secara berselang selama 11 bulan meningkatkan fungsi otak dan struktur otak.

 

4. Membantu Menurunkan Berat Badan dan Meningkatkan Metabolisme

Banyak orang yang melakukan diet dengan cara berpuasa. Puasa biasanya menjadi cara cepat dan mudah untuk menurunkan beberapa kilogram. Memang, secara teori, pantang dari semua makanan dan minuman akan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan dari waktu ke waktu.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa puasa jangka pendek dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin, yang dapat meningkatkan penurunan berat badan.

 

5. Menunda Penuaan dan Memperpanjang Usia

Dalam sebuah penelitian, tikus yang berpuasa setiap hari mengalami penuaan yang tertunda dan hidup 83% lebih lama dari tikus yang tidak berpuasa.

Penelitian pada hewan lain juga memiliki temuan serupa, melaporkan bahwa puasa bisa efektif dalam membuat umur lebih panjang.

Itulah beberapa manfaat dari menjalankan ibadah puasa yang sangat baik bagi kesehatan tubuh dan semoga informasi yang telah kami berikan dapat bermanfaat.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!