Bagaimana cara mengatur makanan manis untuk anak agar tidak berlebihan?? Ini dia tipsnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Pengaruh makanan manis pada anak – Tidak jarang orang tua juga memberi makanan manis sebagai camilan. Namun perlu diingat bahwa begitu si kecil sudah mulai dapat mencicipi aneka jenis makanan, termasuk rasa dan aroma, dia akan segera dapat ‘menikmati ‘ rasa manis. Dan kenikmatan yang diperolehnya dari rasa manis itu akan membuatnya ketagihan. Itu sebabnya, pemberian makanan manis kepada si kecil sebaiknva dibatasi sejak dini.

Tetapi, hal ini bukan berarti kecil harus dihindarkan dari makanan yang manis sama sekali. Karena, tubuh si kecil tetap membutuhkan gula sebagai salah satu zat gizi. Bagaimana cara yang baik memberikan makanan manis untuk si kecil? padahal makanan manis dapat merusak gigi? Kerusakan gigi terjadi bukan hanya karena jumlahnya, tetapi juga karena seringnya si kecil mengkonsumsi makanan manis.

pengaruh makanan manis pada anak

Setiap kali makanan manis beracla di clalam mulut. bakteri yang hidup clalam plak gigi akan nrenguraikan gula menjacli asam organik vang clapat merusak email gigi clan membuat gigi berlubang (karies). Karena itu, jika ingin memberikan permen kepada si kecil. lebih baik dimakan sekaligus, daripacla dimakan seclikit demi sedikit tetapi dikulum sepanjang hari.

Disamping itu akan Lebih baik apabila makanan manis tersebut cliberikan menjelang atau bersamaan dengan waktu makan. Karena. bila didalam mulut makanan manis ini dikombinasikan dengan makanan
yang tidak manis. bakteri ticlak akan terlalu aktif memprocluksi asam organik yang berasal dari penguraian gula atau makanan manis lainnva. Yang perlu Anda ingat, sebaiknya ticlak memberi makanan manis yang terlalu banyak pacla saat si kecil menjelang makan, karena akan membuatnya kenyang sehlngga dia tak mau melahap makanan utamanya.

Asam organik “pcrusak gigi’ anak. tidak melulu berasal clari gula tapi juga dan berbagai jenis makanan manis lainnya. Misalnya jus buah, Itu sebabnya jus buah juga sebaiknya Anda berikan pada si kecil pada jam makan. Selain itu, vitamin C yang terkandung di dalamnya akan membantu proses penyerapan zat besi dari bahan-bahan makanan lain yang dikonsumsi si kecil.

Majalah Ayahbunda

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!