Bagaimana Cara Mempromosikan Produk UMKM?

strategi-promosi-produk

Bagaimana Cara Mempromosikan Produk UMKM? Promosi menjadi suatu hal yang penting dan tidak boleh dipisahkan dari usaha atau bisnis, terutama bagi usaha yang baru didirikan. Promosi merupakan suatu hal atau cara membuat usaha mudah dikenal dan memperoleh banyak pelanggan. 

Melakukan promosi sendiri juga penting untuk dilakukan oleh para pelaku usaha UMKM. Dengan adanya promosi usaha yang mungkin sebelumnya tidak disadari keberadaannya akan mulai dikenal banyak orang. setiap usaha memiliki strategi promosi yang berbeda beda dna berikut beberapa cara mempromosikan produk bagi usaha UMKM.

  1. Memberikan diskon atau potongan harga 

Memberikan diskon atau potongan harga menjadi suatu hal yang umum dilakukan oleh banyak orang untuk menarik lebih banyak pelanggan agar berbelanja. Ada banyak cara yang  dilakukan, mulai dari memberikan potongan harga untuk nominal tertentu, potongan harga untuk produk khusus dan lain sebagainya.

  1. Memberikan gratis ongkir 

Bagi anda yang menjalankan usaha secara online, gratis ongkir bisa menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan produk anda. adanya gratis ongkir akan membuat pelanggan menjadi lebih untung jika berbelanja di tempat anda. Namun sebelum anda memberikan layanan gratis ongkir sebaiknya perhitungkan terlebih dahulu jarak tempuh atau tarif ongkir yang akan diberikan, sebab setiap daerah memiliki tarif pengiriman yang berbeda beda.

  1. Menawarkan cashback 

Cashback atau uang kembali menjadi incaran para pembeli. Cashback tidak bisa diberikan secara cuma-cuma kepada semua pembeli sebab terdapat syarat dan ketentuan tertentu yang harus diikuti. Misalnya, minimal pembelian pada sebuah nominal tertentu. Meskipun begitu, cashback tetap dapat menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan jumlah pembelian pada produk Anda. Ketika Anda mengunjungi marketplace besar atau online shop, cashback yang ditawarkan pastinya ada.

  1. Mengadakan flash sale 

Flash sale merupakan metode penjualan dalam waktu singkat seperti misalnya jumlah barang terbatas, waktu pembelian terbatas dan lainnya. Dalam menerapkan metode promosi ini, anda harus mampu membuat calon pelanggan anda merasa rugi apabila melewatkan flash sale yang hendak diadakan.

  1. Buy one get one 

Beli satu gratis satu memang menjadi strategi promosi yang sudah umum dan sering ditemukan di berbagai tempat promosi. Meskipun cara ini sudah terbilang cara lama namun hingga sampai saat ini, cara ini masih cukup efektif untuk menarik perhatian pembeli.

  1. Memberikan hadiah 

Hadiah adalah sesuatu yang istimewa dan dapat membuat seseorang bahagia saat menerimanya. Cara promosi ini adalah dengan memberikan gift sebagai gandengan untuk produk yang akan dijual.

Sebenarnya, banyak sekali jenis hadiah yang dapat dijadikan gandengan suatu produk. Misalnya, Anda membeli HP dan mendapatkan softcase sebagai hadiah yang dapat melindungi barang tersebut dari goresan atau keretakan. Toko busana, aksesoris, atau produk-produk kecantikan biasa memberikan souvenir cantik untuk mereka yang sudah memutuskan untuk membeli. Pastinya, waktu berbelanja akan terasa lebih menyenangkan dan berharga. 

Nah itulah beberapa cara menjalankan promosi untuk suatu usaha atau bisnis. Setiap strategi memiliki plus minusnya, maka dari itu pelajari lebih dalam terkait strategi yang akan anda terapkan ke dalam promosi.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details