Bagaimana Strategi Pemasaran UMKM Yang Efektif

Bagaimana Strategi Pemasaran UMKM Yang Efektif

Bagaimana Strategi Pemasaran UMKM yang Efektif ? Strategi pemasaran produk yang efektif memang harus diketahui oleh para pengusaha termasuk juga dengan para UMKM, dimana anda juga harus memiliki sebuah strategi marketing agar usaha yang  dijalankan mampu bertahan dan berkembang menghadapi tingkat persaingan yang ketat.

Setiap usaha memiliki strategi masing masing yang dapat membuat mereka mudah masuk dan menguasai pasar. Berikut ada beberapa strategi yang sering diterapkan oleh para pebisnis dalam mengembangkan usaha mereka. apa saja itu.? Simak sebagai berikut.  

  1. Kenali Pelanggan dengan Baik

Strategi pemasaran produk yang  pertama adalah kenali pelanggan anda dengan detail, sebab merekalah yang menjadi kunci keberhasilan anda dalam menjalankan usaha. dengan mengenal siapa pelanggan anda, maka akan sangat mudha untuk anda menyediakan barang/produk yang memenuhi kriteria mereka.

Untuk mengenali para pelanggan terbilang cukup mudah, anda hanya perlu melakukan survey langsung kepada pelanggan atau target market anda. kenali metode pembayaran seperti apa yang mereka inginkan, kriteria produk bagaimana yang dibutuhkannya dan lain sebagainya. Jika hasil survey sudah didapatkan, tentu pemasaran produk menjadi lebih efektif dan mudah. Karena Anda tinggal mencocokkan saja dengan apa yang diinginkan oleh konsumen.

  1. Melakukan Promosi yang Tepat

Strategi marketing selanjutnya adalah melakukan promosi produk dengan cara yang tepat. Ketika anda telah mengenal siapa pelanggan anda, maka tentunya bukanlah hal yang sulit untuk anda menyediakan apa yang dibutuhkannya.

Cara promosi ini juga tergantung dari siapa pelanggan anda, sebab pastinya setiap pelanggan memiliki daya tarik yang berbeda beda, misalnya kalangan remaja yang cenderung menyukai hal hal yang modern, maka anda dapat melakukan promosi menggunakan sosial media atau semacamnya.

  1. Bangun Tempat Usaha yang Strategis

Kemajuan sebuah usaha bukan hanya ditentukan oleh beberapa hal sebelumnya namun juga dapat ditentukan oleh dimana anda membangun usaha tersebut. memilih lokasi yang strategis merupakan pilihan yang tepat dalam menjalankan sebuah usaha, sebab semakin mudah pelanggan anda menemukan dan menjangkau lokasi usaha anda maka akan semakin besar potensi keberhasilan anda dalam menjalankan usaha.

Maka dari itu, lakukan survey terlebih dahulu sebelum anda akan menentukan tempat membuka usaha. Pastikan di area tempat anda akan membangun usaha tersebut terdapat banyak calon konsumen yang memiliki minat yang tinggi terhadap produk anda. 

  1. Membuat Anggaran Sistematis

Untuk strategi selanjutnya, mungkin Anda perlu membuat anggaran khusus untuk promosi. Memang promosi di media sosial tidak membutuhkan biaya mahal. Bahkan membuat situs saja ada yang gratis yang artinya promosi juga gratis.

Namun, jika langkah semacam ini tetap digunakan, bisa dipastikan tidak ada progres yang jelas dari promosi yang disampaikan. Maka dari itu, dibutuhkan sistem promo yang lebih khusus dan bagus. Tentunya butuh modal untuk menjalankannya.

Salah satu bentuk promosi berbayar adalah Google Ads atau menyewa influencer. Ini membutuhkan modal yang besar. Maka dari itu, buat anggaran khusus pemasaran jika tidak ingin mendapatkan kerugian.

Untuk kemudahan pembuatan anggaran yang sesuai rencana, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur anggaran seperti Accurate Online

Sekalipun tidak semahal membangun tempat atau gedung usaha, tetapi ini harus dijalankan secara berkelanjutan. Maka dari itu, anggarannya harus sistematis dan ditulis dengan rapi tanpa kesalahan.

Nah itulah beberapa strategi pemasaran UMKM yang efektif yang patut untuk dicoba. Terus berusaha dan selalu konsisten dalam menjalankan usaha sebab dua hal tersebut menjadi pondasi untuk membangnun sebuah keberhasilan. 

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details