cara agar anak cerdas sejak dini

cara agar anak cerdas sejak dini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Β Agar Anak Cerdas dan Terhindar Dari Obesita

cara agar anak cerdas sejak diniΒ – Otak terdiri dari 73%(persen) lebih air. Itu artinya bahwa sumber air merupakan makanan yang harus menjadi favorit anda dan keluarga. Terutama anak-anak. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi dan vitamin serta antioksidan akan membantu tumbuh kembang otak mereka.

cara agar anak cerdas sejak dini

Pentingnya sarapan untuk otak

Untuk mencerdaskan otak anak, anda harus jeli dalam memilih menu makanan, terutama makanan yang anda konsumsi pada saat sarapan. Sarapan memegang peranan penting dalam kecerdasan seseorang. Selain itu, sarapan juga akan menentukan apakah anda bisa melalui hari ini dengan sukses atau tidak.

Beberapa menu sarapan sehat yang bisa anda hidangkan setiap hari diantaranya adalah telur, pisang, buah jeruk, buah berry, yogurt,dan oatmeal.

Sarapan sehat adalah sarapan yang dapat membuat anda tidakmerasakan lapar yang berlebihan sehingga anda tidak akan makan terlalu banyak pada siang hari, serta dapat membuat anda berfikir lebih cerdas. Selain itu, perhatikan juga nutrisi yang terkandung di dalam makanan anda. Makanan yang dikonsumsi harus mampu menahan lemak sekaligus memiliki nilai kalori yang tinggi.Kalori membuat anda tetap bisa beraktivitas sepanjang hari.

Β 

Penyebab obesitas

Bagi anak-anak gula dan manis-manisanadalah makanan favorit mereka, tidak perduli apapun bentuknya. Dan salah satu tantangan terbesar bagi orang tua adalah untuk membatasi jumlah gula dan garam dalam makanan anak-anak mereka.

Untuk anak-anak, asupan gula per hari yang mereka konsumsi harus dibatasi sebanyak 3 sendok teh atau setara dengan 12 gram. Selain itu, anda juga harus teliti ketika memberikan sesuatu kepada anak anda,misalnya permen atau cookies. Karena makanan-makanan tersebut juga biasanya banyak mengandung gula.

Beberapa makanan yang banyak mengandung gula diantaranya adalah

  • Roti
  • sayuran kaleng
  • makanan beku
  • saus tomat, dan
  • makanan cepat saji.

Semua point diatas harus dihindari sebisa mungkin. Ini adalah salah satu cara untuk menghindarkan anak anda dari obesitas.

 

Jangan melarang anak untuk mengkonsumsi permen

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa kita tidak boleh melarang anak mengkonsumsi permen? Melarang anak sama dengan menyuruhnya! Apabila anda melarangnya maka mereka akan menjadi lebih tertarik, namun, apabila anda menjadikan permen sebagai sesuatu yang biasa saja dan tidak istimewa, hal itu juga akan tertanam diotak anak.

Anak-anak boleh mengkonsumsi permen, akan tetapi mereka harus diberikan aturan yang tegas. Selain itu, cobalah memilih permen yang memiliki kandungan gula yang tidak terlalu banyak atau yang tidak mengandung pemanis buatan. Permen yang mengandung susu adalah salah satu yang bisa anda pilih.

 

Hindari minuman manis

Soda adalah minuman yang harus anda jauhkan dari anak. 360 ml soda mengandung sekitar 10 sdt (sendok the) gula. Jumlah ini tiga kali lebih banyak dari batasan harian yang direkomendasikan untuk anak-anak.

Jus buah segar adalah air mineral yang lebih baik daripada soda, jadi cobalah untuk mengarahkan anak agar mereka cinta pada jus buah asli.

 

Kurangi makanan olahan

Makanan olahan seperti roti putih dan kue, adalah penyebab gula di dalam darah mudah naik dan juga mudah turun.Guladapat menyebabkan anak mudah lemah dan tidak memiliki energi.

 

Buatlah esbuah loli sendiri

Cobalah membuat es buah loli sendiri dengan memanfaatkan jus buah 100%(persen). Jika anda tidak tahu bagaimana cara membuat es buah loli cobalah untuk mencari resep di internet dan berbagai situs favorit anda. Selain dengan memanfaatkan esbuah loli, anda juga bisa membuat makanan ringan dari anggur beku atau buah beku yang lainnya seperti potongan pisang yang dicampur dengan saus coklat, dan beberapa makanan sehat lainnya.

 

Hindari makanan yang merusak suasana hati

Makanan dan minuman dapat membuat seorang anak atau remaja rentan terhadap gangguan mood,bahkan beberapa makanan dapat menyebabkan depresi serta rasa cemas. Beberapa makanan berikut ini harus anda hindari.

  • Meminum bersoda akan membuat seseorang lebih mudah untuk depresi.
  • Makanan yang sulit dicerna seperti mie instant

Depresi adalah salah satu penyebab meningkatnya resiko seseorang untuk terkena obesitas. Selain itu, depresi menyebakan anak sulit berkonsentrasi.

  • Hindari kafein

Minuman yang memiliki kafein seperti soda, minuman energi,dan kopi merupakan minuman yang dapat memicu rasa cemas pada anak-anak dan juga remaja. Hal ini dapat memperburuk situasi dan kemampuan mereka dalam berpikir.

  • Makanan olahan

Makanan olahan seperti gorengan, makanan penutup yang berasa manis, tepung halus, dandaging olahan.Semuanya dapat meningkatkan resiko anak untuk menjadi gelisah dan depresi.

terima kasih semoga bermanfaat artikel tentang cara agar anak cerdas sejak dini di atas,semoga dengan cara tersebut anak-anak kita menjadi pintar dan memjadi hebat nantinya.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!