Apa Definisi Sukses? Ini Kunci Sukses Menurut Islam

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Manusia tentu ingin memperoleh sukses dalam kehidupan ini, sukses dalam hal materi maupun non materi. Namun kesuksesan tersebut harus diperoleh dengan cara yang baik dan menurut islam. Definisi sukses adalah berhasil dalam memperoleh apa yang diinginkan dalam hidup.

Sukses juga bisa disebut dengan seluruh usaha/upaya yang dilakukan oleh manusia, di dalam setiap kegiatan dan aktivitasnya. Arti sukses itu sendiri adalah pencapaian hidup atau keberhasilan dalam hidup. Namun tak semua sukses dinilai sebagai materi berlebih dan hidup bergelimangan harta.

Kunci Kesuksesan Menurut Agama Islam

Apa itu sukses? Tentu banyak orang yang bertanya mengenai hal itu, karena mereka ingin meraih kesuksesan tersebut dalam hidupnya. Sukses menurut islam adalah seseorang yang berhasil mewujudkan impiannya, khususnya dalam hal kebaikan atau sesuatu yang baik.

Namun untuk meraih kesuksesan itu, tidak bisa dengan hanya duduk dan berpangku tangan saja. Kita juga harus meraihnya dengan sebentuk usaha. Bukan hanya di dunia, tetapi Anda juga pasti ingin memperoleh sukses di akhirat nanti.

Kunci orang sukses menurut islam:

Mau Jadi Cowok Sejati, Kamu Perlu Miliki 5 Sifat Ini!
  1. Menetapkan Niat Terlebih Dahulu

Untuk meraih sukses, Anda harus menetapkan niat Anda terlebih dahulu. Apa yang Anda inginkan dalam hidup dan apa tujuan untuk sukses tersebut. Niat harus selalu ada ketika Anda akan melakukan sesuatu atau menginginkan sesuatu.

Maka untuk meraih kesuksesan pun Anda harus memiliki niat yang baik terlebih dahulu. Niat yang kuat akan membuat seseorang yakin dengan keinginannya dan menjalankan hal itu. Niat juga menjadi cerminan dari keinginan kita.

Niatkanlah bahwa Anda ingin sukses, baik sukses di dunia maupun akhirat. Seperti yang pernah diucapkan oleh Rasulullah SAW, setiap manusia akan dibalas berdasarkan niat yang diucapkannya.

  1. Beriman dan Bertaqwa Kepada Allah SWT

Keimanan dan ketakwaan merupakan dua hal yang saling berhubungan dengan orang yang ingin mencapai sukses. Ia juga harus menanamkan iman dan takwa dalam hatinya, untuk meraih sukses.

Seseorang yang beriman dan bertakwa kepada Allah akan melakukan hal yang baik di jalan Allah SWT, dan lebih dekat dengannya. Apabila Allah berkehendak tentu Ia akan memberikan kesuksesan untuk kita.

  1. Menjalankan Shalat Tepat Waktu

Kunci sukses dunia dan akhirat yang lainnya adalah selalu jalankan shalat tepat waktu. Shalat menjadi ibadah wajib bagi umat islam, dan merupakan tiangnya agama. Allah SWT akan menyukai hambaNya yang rajin beribadah shalat dan menjalankan shalat tepat waktu.

Perbuatan melalaikan atau meninggalkan shalat akan membuat Allah murka, sehingga Anda tidak akan memperoleh sukses dunia akhirat sesuai dengan yang Anda mau. 

  1. Taubat Kepada Allah SWT

Tentu manusia tidak akan pernah lepas dari kesalahan apapun, salah dan dosa menjadi dua hal yang akan selalu dialami oleh manusia. Seorang muslim yang baik harus melakukan taubat kepada Allah SWT, yaitu taubat nasuha.

Atas izin Allah SWT, seorang muslim yang melakukan taubat nasuha akan mendapatkan kesuksesannya sendiri. Sesuai dengan pengertian sukses menurut islam, bahwa sukses itu adalah mencapai keberhasilan yang diinginkan di dunia dan di akhirat.

Maka lakukan lah taubat yang sebenar-benarnya, dan berjanji lah untuk tidak melakukan perbuatan dosa atau maksiat lagi. 

Seperti yang tercantum di hadist HR Abu Dawud, yaitu β€œBarangsiapa beristighfar kepada Allah SWT maka Allah akan menghilangkan segala kegundahan dan kesusahannya dan diberikan padanya rizki yang tak terduga.”

  1. Shalat Sunnah

Kunci orang sukses dalam agama islam yang lainnya, adalah menjalankan shalat sunnah selain shalat wajib. Anda bisa mengerjakan shalat sunnah raqwatib qabliyah dan ba’diyah. Lakukan shalat sunnah tersebut setelah shalat fardu dan shalat dhuha di pagi hari.

Shalat sunnah yang rajin dilakukan umat manusia, akan mendatangkan rezeki yang halal dan berkah dalam hidupnya. Apabila rutin dijalankan, keutamaan shalat dhuha ini yaitu akan melapangkan rizki seseorang dan Allah akan membangunkan surga untuknya di akhirat.

  1. Doa Kepada Allah

Seseorang yang berusaha keras untuk meraih sukses, tidak akan mencapai kesuksesannya apabila ia tidak berdoa dan meminta kepada Allah SWT. Doa akan menjadi sarana yang tepat supaya ia menjadi lebih dekat dengan Allah. 

Mendoakan kesuksesan untuk diri sendiri setiap hari tentu akan membuat seseorang menjadi orang yang lebih baik lagi. Namun jika ia mendoakan kesuksesan untuk orang lain maka malaikat yang akan mendoakannya.

Hal itu juga menjadi jalan untuk sukses, maka teruslah berdoa dan doakan juga kebaikan serta kesuksesan bagi orang lain. 

  1. Menuntut Ilmu

Seseorang akan sulit mendapatkan kesuksesan apabila ia tak memiliki ilmu, suksesnya juga diperoleh di dunia dan akhirat. Wajib hukumnya untuk menuntut ilmu untuk seorang muslim, dan akan menjadi jalan menuju sukses.

Seseorang yang berilmu akan mudah mengerti sesuatu, dan akan berusaha untuk menguasai suatu bidang tertentu. Barangsiapa yang ingin sukses di dunia maka raihlah ilmu dan barangsiapa yang ingin sukses di akhirat, maka raihlah dengan ilmu.

Hal itu diungkapkan oleh Ulama Imam Syafi’I yang mementingkan ilmu untuk meraih sukses.

  1. Silaturahmi

Bersilaturahmi dengan kerabat dan juga saudara merupakan kunci sukses. Keutamaan dalam menyambung silaturahmi ini sangat besar. Maka lakukanlah silaturahmi dengan kerabat, teman atau saudara jika Anda ingin sukses.

Tujuan hidup di dunia menurut islam tak hanya sekadar sukses saja, dengan silaturahmi manfaatnya tak hanya pada sukses saja tetap pada kebaikan lainnya dalam hidup.

  1. Rasa Syukur

Cara menjadi orang sukses menurut islam yang lainnya adalah dengan bersyukur. Segala hal yang diberikan oleh Allah SWT pada kita, harus selalu disyukuri sehingga kita harus senantiasa bersyukur dan berterima kasih kepada Allah SWT.

Berterima kasih kepada Allah atas rahmat dan karuniaNya, sehingga akan mendatang kan rezeki yang lebih dari Allah. Allah akan menambah nikmat yang diberikan pada kita, tetapi jika kufur dan tidak bersyukur maka Allah akan memberikan siksa yang pedih.

  1. Bersedekah dengan Ikhlas

Memberikan apa yang kita miliki kepada orang lain dengan tulus dan ikhlas, akan menjadi pintu rezeki dari Allah dan Allah SWT juga akan menjanjikan pahala yang berlipagganda jika Anda selalu bersedekah.

Sebaiknya tidak menunjukkan sedekah pada orang-orang, karena memberi tahu banyak orang tentang sedekah akan membuat orang tersebut terlihat seperti riya. 

  1. Istiqomah

Bekerja keraslah dan bekerja cerdas dengan istiqomah. Bagi setiap orang yang bisa beristiqomah dalam kebaikan akan diberi ganjaran oleh Allah SWT. Selain itu, Anda juga tidak boleh mudah menyerah. 

Untuk mencapai goal yang diinginkan kamu harus selalu istiqomah, karena akan sia-sia saja jika hidup tidak diperjuangkan. Sukses hidup dalam islam juga harus selalu diupayakan, agar hasilnya maksimal dan sesuai dengan yang diinginkan.

Definisi sukses menurut islam, tak hanya sukses dalam hal materi saja tetapi juga sukses dalam hal-hal di luar materi. Tapi ingatlah untuk selalu meraih sukses dengan cara yang baik dan halal menurut islam.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!