Doa Nurbuat : Sejarah, Bacaan, dan Keutamaannya

doa nurbuat

Doa nurbuat atau sering juga disebut doa nubuwwah, adalah salah satu doa yang memiliki banyak manfaatnya. Apalagi jika kita secara istiqomah mengucapkannya. Doa nurbuat juga disebut dengan doa pengasihan, agar kita disayangi oleh orang-orang yang memusuhi kita. Sehingga dapat menghindarkan kita dari gangguan setan yang ingin menzolimi kita.

Sebagai manusia yang hidup di dunia, tentu ada banyak permasalahan yang menimpa diri kita. Bahkan semakin bertambahnya usia, masalah tersebut akan selalu bertambah. Jika tidak disertai dengan ibadah yang baik, maka hidup kita akan menjadi lebih sulit. Maka untuk memudahkan segala persoalan hidup, bacalah doa nurbuat yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan.

SEJARAH DOA NURBUAT

Sebenarnya belum dapat dipastikan siapa yang meriwayatkan doa nurbuat ini. Sehingga belum diketahui dengan jelas bagaimana asal usul dan sejarah dari doa nurbuat tersebut. namun dikisahkan bahwa pada zaman Rasul, saat itu Rasulullah sedang duduk-duduk dengan beberapa sahabatnya di Masjidil Haram selepas shalat subuh.

Kemudian datanglah Malaikat Jibril membawa doa nurbuat, Ia pun berkata : Wahai Rasulullah, aku diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan doa ini padamu. Setelah itu Beliau pun bersabda, Doa Nurun Nubuwwah ini memiliki banyak manfaat dan faedahnya bila dibaca dan kemudian diamalkan. Jika tidak dapat menghapal isinya, maka tulislah.

BACAAN DOA NURBUAT (ARAB, LATIN, ARTINYA)

Berikut ini adalah doa yang bisa dihapalkan dan diamalkan pada doa nurbuat :

dalam latinnya,

Allaahumma dzis-sultaanil-‘aziimi wa dzil-mannil-qadiimi wa dzil-wajhil-kariimi wa waliyyil-kalimaatit-taammati wadda’awaatil-mustajaabaati ‘aaqilil-hasani wal-husaini min anfusil-haqqi ‘ainil-qudrati wan-naaziriina wa ‘ainil-jinni wal-insi wasy-syayaatiin,

Wa iy yakaadulladziina kafaruu layuzliquunaka bi absaarihim lammaa samii’udz-dzikra wa yaquuluuna innahuu lamajnuunuw wa maa huwa illaa dzikrul lil-‘aalamiin, wa mustajaabil-qur’aanil-‘aziim, wa waritsa sulaimaanu daawuuda ‘alaihimas-salaam, al-wuduudu dzul-‘arsyil-majiid.

Tawwil ‘umrii wa shahhih jasadii waqdii haajatii wa aktsir amwaalii wa aulaadii wa habbibnii lin-naasi ajma ‘iina wa tabaa ‘adil-‘adaawata kullahaa mim banii aadama ‘alaihissalaamu man kaana hayyaw wa yahiqqal-qaulu ‘alal-kaafiriina innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir.

Subhaana rabbika rabbil-‘izzati ‘ammaa yasifuuna wa salaamun ‘alal-mursaliina wal-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin.

Artinya,

Ya Allah yang Maha Kuat, yang memiliki anugerah, yang merupakan zat yang Maha Mulia, yang menguasia banyak kalimat sempurna dan doa yang mustajab, penjamin Al Hasan dan Al Husain dari jiwa yang hak, pandangan yang penuh kuasa, serta orang-orang yang melihat dari pandangan para jin, manusia dan juga setan.

Sesungguhnya orang yang kafir itu adalah orang yang menjerumuskan kamu dengan pandangan dari mereka, ketika mendengar Al Quran dan mereka pun berkata, “ Sesungguhnya Muhamad adalah orang yang gila. Al quran hanyalah peringatan untuk setiap umat. Wahay yang Dia yang memperkenankan melalui Al quran yang sangat agung. Sulaiman dan juga Daud dan Dia yang Maha Pengasih, sebagai Pemilik Arasy yang Mulia.

Maka panjangkanlah umurku, sehatkanlah tubuhku, tunaikanlah segala yang kuperlukan, dan perbanyakanlah harta dan anakku, jandikanlah aku orang yang terhindar dari segala permusuhan dari anak-anak adam yang masih hidup. Pastikan ketetapan atau azab untuk orang-orang yang kafir. Karena sesungguhnya Engkau adalah yang Maha Kuasa akan segala sesuatu.

Maha suci Tuhanmu, yaitu Maha yang memiliki kebesaran, dari apapun yang (mereka) gambarkan yaitu orang-orang kafir, dan melimpahlah kesejahteraan pada para Rasul, dan segala puji Bagi Allah pemilik Alam Semesta.

APAKAH DOA NURBUAT ITU SESAT?

doa nubuwwah

Menanyakan hukum doa Nurbuat sebenarnya sama dengan menanyakan pertanyaan umum seperti ini: Bolehkah membaca doa yang tidak atau bukan berasal dari Nabi? Menurut Al-Manawi dalam kitab Faidhul Qadir hukumnya boleh akan tetapi doa yang berasal dari Nabi lebih utama. Yang artinya, “Dan disunnahkan bagi mereka berdoa untuknya (orang yang meninggal) di dekatnya atau dari jauh dengan doa ma’tsur (berasal dari nash Quran atau hadits) atau dengan doa yang lain (buatan sendiri).” Namun doa ma’tsur lebih utama.

Yang terpenting dalam doa tersebut tidak mengandung kalimat yang bertentangan dengan syariah. Untuk doa saat di dalam shalat 5 waktu (bukan setelah atau sebelum shalat), terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang boleh tidaknya doa yang berasal dari Quran dan hadits (ma’tsuroh) dan yang bukan berasal dari Quran dan hadtis. Rinciannya sebagai berikut:

Pertama, doa yang berasal dari Quran dan hadits hukumnya boleh secara ijmak (kesepakatan) ulama kecuali pendapat Nakha’i dan Thawus dan sebagian pendapat dalam madzhab Hanafi yang hanya membolehkan doa yang berasal dari Quran saja.


Kedua, doa yang berasal dari para Sahabat dan kalangan salaf as-shalih hukumnya sama dengan yang pertama yakni boleh kecuali pendapat Nakha’i dan Thawus.


Ketiga, doa yang menyerupai doa ma’tsur ada perbedaan ulama antara yang membolehkan dan tidak. Intinya, bahkan dalam shalat pun boleh seorang muslim berdoa dengan doa yang bukan berasal dari Quran dan hadits asalnya doanya untuk kebaikan baik kebaikan dunia maupun kebaikan akhirat.


Apalagi, kalau doa itu di luar shalat seperti doa Nurbuat dan yang lain.

KEUTAMAAN DOA NURBUAT

keutamaan doa nurbuat nubuwwah

Doa Nurbuat ini,  bisa dikatakan sebagai senjata ampuh yang multifungsi karena mencangkup urusan dunia dan akhirat. Berikut 9 khasiat doa Nurbuat.

  1. Berikut doa Nurbuat, yang mana apabila dibaca setelah salat lima waktu dan juga pada siang hari raya, InsyaAllah akan dikabulkan keinginannya
  2. Doa ini pun bekerja pada tanaman, yakni jika diletakkan pada tanaman tersebut maka dapat selamat dari segala macam hama.
  3. Jika diletakkan pada tempat menakutkan yang di dalamnya terdapat hantu maupun iblis dan jin, mereka juga akan hilang. 
  4. Ketika dibaca setiap hari akan menyelamatkan kita dari siksa neraka, selamat dunia dan akhirat serta dijauhkan dari godaan setan
  5. Bacalah sebanyak 50 kali pada malam Jumat, niscaya dapat terhindar dari mengingkari nikmat Allah dan dijauhkan dari pekerjaan jelek
  6. Selain menikmati senja, kamu dapat sembari membaca doa ini sekali saja, maka Allah akan memberimu ampunan dari segala dosa
  7. Begitu pula musuh akan menyayangimu jika kamu membaca doa ini
  8.  Ketika dibaca setiap hari memiliki khasiatnya sendiri. Pada malam minggu InsyaAllah akan awet muda, hari Senin akan diberikan keselamatan, malam Selasa menjadikannya orang yang kuat, Rabu membuat giginya kuat dan Kamis akan menambahkan wajahnya menjadi lebih menarik
  9. Jika setiap malam atau pada tengah malam membaca doa ini, Malaikat turun dari langit untuk memintakan ampunan

Mungkin hanya itu saja untuk Khasiat Doa Nurbuat Latin, Arab, dan Artinya yang sekiranya kami dapat sajikan kepada anda – anda sekalian pada kesempatan hari ini, semoga saja dari bacaan doa nurbuat yang baru saja kami sajikan diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat kepada anda-anda sekalian

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details