(021) 5312 6107

Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap

SYIAR
Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap

Doa setelah sholat dhuha – Shalat dhuha merupakan salah satu ibadah yang sangat sunnah dianjurkan oleh Rosulullah SAW untuk dilakukan semua umat muslim ketika sudah memasuki waktu dhuha. Taukah kamu bahwa waktu dhuha yaitu mulai dari pagi hari sampai sesudah matahari terbit dan mulai meninggikan kira-kira ukurannya yaitu 7 hasta sejak terbitmya matahari hingga menjelang memasuki waktu shalat dhuhur. Jika ada seseorang yang melaksanakan shalat dhuha lebih dari ketentuan yang sudah dikatakan itu berarti bukan melakukan shalat dhuha tetapi bisa dikatakan itu melakukan shalat sunnah lainnya.

Disini akan membahas padauan tentang cara mengucapkan niat serta doa setelah sholat dhuha yang tidak memiliki perbedaan dengan shalat pada umumnya yang kita selalu kerjakan yaitu shalat 5 waktu ataupun shalat sunnah lainnya yaitu memulainya dengan melakukan niat ketika takhbirotul ikhram dan di akhiri dengan salam, kemudian kamu bisa melanjutkannya dengan membaca dzikir atau berdoa dan bacaan-bacaan lainnya.

Ketika kamu akan melaksanakan shalat dhuha ada beberapa pilihan jumlah rakaat sesuai dengan ke ikhlasan hati dan kemampuan diri kita sendiri, ada yang 2 rakaat langsung salam dan berdoa, serta berhenti di dua rakaat saja. Atau jika kamu sangat sedang mampu melaksanakannya kamu bisa 4 rakaat, 8 rakaat, sampai 12 rakaat dengan masing-masing 2 rakaat dalam satu kai salam ya. Semakin banyak rakaat yang kita kerjakan semakin banyakk juga pahala yang kita dapat.

Shalat dhuha memang diperintahkan untuk dikerjakan tetapi taukah kamu bahwa rahasia besar dari keistimewaan shalat sunnah. Di dalam hadis juga sudah dijelaskan bahwa “ Rasulullah SAW bersabda, siapapun yang melaksanakan shalat dhuha dengan istiqomah, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih yang ada di lautan” (HR Tirmidzi).

Ada yang menjelaskan bahwa seseorang siapapun itu yang ikhlas mengerjakan shalat dhuha sudah menjadi kebiasaan kamu, Allah bisa mencukupkan segala kebutuhan umatnya dalam keseharian. Dibawah ini adalah tata cara melaksanakan shalat dan doa setelah sholat dhuha.

Cara Melaksanakan Sholat Dhuha

1. Jangan lupa awali dengan membaca niat di dalam hati berbarengan dengan Takhbiratul Ikhram
Usholli sunnatad dhuhaa rak’ ataini mustaqbilal qiblati adaan-an lillaahi ta’aala.

Artinya: aku niat melakukan shalat sunat dhuha 2 rakaat, sambil menghadap kiblat, saat ini karena Allah ta’ala.

2. Membaca doa Iftitah seperti pada shalat yang bisa kita kerjakan
3. Membaca surat Al-Fatihah
4. Membaca surat yang ada di Al-Quran, sangat dianjurkan untuk membaca surat Asy-Syams pada rakaat pertama dan surat Al-Lail pada rakaat kedua.
5. Ketika ruku membaca tasbih tiga kali
6. I’tidal dan membaca doanya jangan lupa
7. Pada sujud pertama dan membaca tasbih 3 kali
8. Ketika duduk diantara dua sujud membaca doanya
9. Sujud kedua serta membaca tasbih 3 kali
10. Kemudian pada Tasahud akhir kamu dianjurkan untuk membaca doa setelah selesai dan mengucap salam dua kali sambil menengok ke kanan dan ke kiri.
11. Rakaat-rakaat selanjutnya jika kamu ingin memperpanjangnya dapat dilakukan dengan sama seperti diatas ya.

Doa Setelah Sholat Dhuha

Berikut bacaan doa setelah sholat dhuha :

Doa Setelah Shalat Dhuha

Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’auka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal-‘ismata ‘ismatuka.

Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita ‘ibaadakash-shalihiin.

Artinya :

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu DhuhaMu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahanMu, kekuatan adalah kekuatanMu, penjagaan adalah penjagaan-Mu”.

“Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuhaMu, kekuasaanMu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang sholeh”.

Disarankan Untuk Dzikir Setelah Melakukan Sholat Dhuha

Kamu yang mempunyai waktu luang yang banyak sebaiknya melakukan dzikir setelah melakukan shalat dhuha. Karena para ulama juga mengajarkan surat Al-Ma’tsurat, kamu juga dianjurkan membaca 99 asmaul husna serta para pulama juga ada yang menyarankan untuk membaca surat ayang ada di dalam Al- Quran seperti surat Yasin, surat Al Waqi’ah, surat Ar Rohman dan Al Mulk. Dibawah ini adalah dzikir yang bisa kamu baca selalu setelah melakukan shalat dhuha:
1.

Membacanya sebanyak-banyaknya minimal 33 kali

2.

Setelah kamu membaca istigfar kamu harus melanjutkannya dengan membaca kalimat tasbih sebanyak 100 kali saja.

3.

Serta jika sudah kamu bisa melanjutkannya dengan membaca sholawat Nabi sebanyak 33 kali atau sampai 100 kali.

Membaca dzikir dengan penuh hati yang tenang dan selalu istiqomah dalam mengerjakan Ibadah-ibadah yang sudah Allah ajurkan seperti shalat lima waktu, serta contohnya ialah shalat dhuha, maka dari itu Allah akan selalu memudahkan umatnya dalam segala hal.

Manfaat ketika selesai sholat dhuha bagi kesehatan kita

Bukan hanya untuk memenuhi rohani saja tetapi shalat dhuha juga memenuhi jasmani kita. Karena badan yang bergerak ketika sedang melakukan shalat dhuha otomatis membuat tubuh bergerak dengan sehat.

1. Tanpa kita sadari kita sedang berolahraga

Kenapa tanpa kita sadari tubuh kita berolahraga? Karena tubuh yang bergerak ketika pagi hari membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan tidak kaku. Shalat yang menggerakan persendian kita dari bagian tangan, bagian sikut, bagian lutut sampai bagian kaki kita ini bisa menjaga kesehatan tulang kita dan otot yang ada di tubuh kita.

2. Dapat memperlancar peredaran darah kita

Tubuh yang bergerak otomatis bisa memperlancar peredaran darah yang ada di dalam tubuh kita dengan baik. Karena memperlancar peredaran darah sam]nagt penting untuk mengalirkan darah dari organ ke oragan yang ada di dalam tubuh kita. Apalagi jika kita dalam keadaan bersujud yang membuat posisi bagian ke[ala lebih rendah dari pada badan bisa mengaliran darah ke bagian kepala dan seterusnya.

3. Membuat wajah menjadi cantik dan lebih berseri

Siapa sih yang tidak mau memiliki wajah yang berseri? Kebanyakan wanita sangat menginginkan wajah cantik. Taukah kamu ternyata dengan membasuh air wudhu kewajah bisa membuat wajah kita menjadi lebih berseri secara alami. Dan membuat kulit kamu selalu terjaga kebersihannya dan lembapannya.

4. Menghindari kamu dari hal yang buruk

Degan kamu mengerjakan shalat dhuha kamu bisa menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Karena kamu sedang mendekatkan hati dengan Sang Pencipta dan kamu selalu percaya bahwa yang ada di dunia serta segala kegitaan selalu dirahmati oleh Allah SWT.

5. Allah selalu memberi keajaiban disetia hari-hari kamu

Allah selalu memberikan keajaiban disetiap keseharian kamu jika kamu menjalankan shalat dhuha dengan khusu serta ikhlas. Taukah kamu bahwa setiap harinya kamu yang dimudahkan segala urusannya itu semua berkat Allah SWT. Karena Allah akan selalu membantu hambanya yang selalu taat kepadanya dan selalu berdoa kepadanya.

6. Doa yang diijabah oleh Allah

Taukah kamu bahwa waktu yang diharapkan para malaikat ketika sedang berdoa ialah waktu subuh hingga waktu terbitnya matahari. Dan waktu yang paling tepat ialah ketika kamu doa setelah sholat dhuha. Ketika kamu berdoa para malaikat juga ikut mendoakan dan menolong agar Allah menerima segala doa mu.

7. Menyehakan fungsi jantung dan ginjal kamu

Taukah kamu bahwa melaksanakan shlalat dhuha yang akan memasuki shalat zhuhur ini bisa menghindari seseorang dri penyakit jantung dan ginjal.

8. Membuat jiwa kamu menjadi lebih tentram

Dengan seseorang yang sering melaksanakan shlat dhuha iay mempunyai hati yang lebih tenang dan tentram. Taukah kamu pisikologis mengatakan bahwa seseoang yang tidak melaksanakan shalat isya akan mengalami idak tentram.maka dari itu shalat dhuha sangat membuat umat muslim yang mengerjakannya lebih memiliki sifat dan hati yang baik. Menghindari kamu dari rasa stress, karena terkena air whudu dan setelah selesai shalat bisa melunurkan rasa stress dan membuat pikirankamu menjadi lebih tenang.

9. Membuat kamu menjadi lebih bersemangat

Dengan melakukan shalat dengan hati bisa meningkatkan semangat dalam menjalankan sebuah aktivitas sehati-hari. Karena seorang muslim sangat diwajibkan ntuk bangun pagi, setelah itu kamu bisa melakukan berwhudu. Ini bisa menjauhkan kamu dari rasa malas dan mengantuk. Sehingga kamu bisa selalu segar dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Waah sangat luar biasa manfaat yang terdapat ketika kita mengerjakan shalat dhuha pada waktu pagi hari. Dan untuk kamu yang sangat sibuk beraktivitas dikantor kamu bisa mengerjakan shalat dhuha jam 7.45 atau kamu bisa meminta izin kepada atasan untuk melakukan shalat dhuha. Karena kita didunia sebenarnya hanya untuk melakukan ibadah dan bekerja hanyalah menunggu waktu untuk melakukan ibadah.


error: Content is protected !!