(021) 5312 6107

Makanan Yang Mengandung Vitamin D Paling Tinggi

Kesehatan
Makanan Yang Mengandung Vitamin D Paling Tinggi

Makanan Yang Mengandung Vitamin D Paling Tinggi – Apakah anda sudah mendapatkan vitamin D dalam jumlah yang cukup? Menurut penelitian, setengah dari populasi manusia tidak mendapatkan vitamin D dalam jumlah yang dibutuhkan. Ternyata kekurangan vitamin D juga bisa berbahaya karena meningkatkan berbagai resiko penyakit seperti, obesitas, penyakit jantung, diabetes, depresi dan osteoporosis.

Kekurangan vitamin D jarang terjadi pada mereka yang masih berusia muda karena kulit mereka biasanya lebih mudah menerima sinar matahari untuk membantu mengolah vitamin D di dalam

tubuh. Namun sebagian orang kesulitan untuk mendapatkan vitamin D dalam jumlah yang cukup karena kulit mereka tidak dapat melakukan konversi dengan mudah.Diantara orang yang rentan kekurangan vitamin D adalah, mereka yang memiliki kulit hitam atau berwarna gelap serta orang yang sudah lanjut usia, misalnya berusia diatas 40 atau 50 tahun.

Orang-orang yang rentan kekurangan vitamin D sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin D atau suplemen.

Walaupun vitamin D bisa kita dapatkan dari sinar matahari, akan tetapi, terkadang sinar matahari saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kita. Oleh sebab itu, ada beberapa makanan yang bisa membantu karena makanan kaya vitamin D. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.

Makanan Yang Mengandung Vitamin D Paling Tinggi

1. Jamur

Diantara makanan-makanan yang ada, jamur merupakan sumber vitamin D paling tinggi. Saat jamur terkena sinar matahari, mereka biasanya akan memproduksi vitamin D. Jamur juga kaya zinc dan protein. Mengkonsumsinya dalam jumlah cukup akan mengurangi hipertensi dan membantu menurunkan berat badan.

2. Susu

Susu merupakan sumber vitamin D yang sangat baik. Satu gelas susu mengandung nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Disamping itu, susu juga memiliki manfaat untuk melawan penuaan dini.

3. Kuning telur

Kuning telur bisa menjadi sumber vitamin D sekitar sepersepuluh dari dosis harian yang kita butuhkan. Selain itu, kuning telur juga bermanfaat untuk mengatur sistem saraf agar bisa bekerja dengan maksimal serta baik juga untuk jantung.
Bahkan, kuning telur sangat bermanfaat terutama untuk balitayang sedang dalam masa pertumbuhan. Selain memiliki manfaat untuk tulang, kuning telur juga banyak mengandung kolin yang membuat otak menjadi cerdas.

4. Keju

Produk susu yang lain dan banyak mengandung vitamin D adalah keju. Manfaatnya bisa untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Wanita hamil harus memilih keju yang sudah dipasteurisasi agar tidak terinfeksi berbagai bakteri berbahaya.

5. Hati

Hati juga banyak mengandung vitamin D. Secara khusus vitamin D banyak ditemukan pada hati sapi. Mengkonsumsi hati dalam jumlah cukup akan membuat kulit menjadi lebih sehat, rambut menjadi lebih kuat dan lebih lambat serta baik juga untuk memperkuat tulang.

6. Ikan Tuna

Ikan tuna kaya akan vitamin D dan bisa juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari serta melindunginya dari kanker.

Demikian artikel mengenai makanan yang mengandung vitamin d paling tinggi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua 😀


error: Content is protected !!