manfaat-dzikir-dan-sholawat

Manfaat Dzikir dan Sholawat : Dapat Diamalkan Umat Muslim

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Di era modern saat ini sering kali kita merasa paling sibuk saat menjalani kehidupan. Tanpa sadar setiap waktu kosong yang biasa kita gunakan beribadah, saat ini digunakan untuk hal yang kurang berfaedah atau mungkin tidak sama sekali.

Dibandingkan mengingat tentang Allah dengan Dzikir dan solawat kepada-Nya dan rasul-Nya, kita lebih sering membuka gadget dan social media. Dimana membuka social media hanya membuat kita membuang waktu sia sia dan terkadang memunculkan rasa kurang bersyukur karena melihat orang yang lebih beruntung daripada kita.

Alangkah lebih baiknya jika kita selalu mengingat tentang-Nya, selain berpahala hal itu juga membuat hati kita lebih tenang. Maka dari itu, yuk kita belajar sedikit demi sedikit tentang dzikir, doa dan shalawat

Dalam agama islam banyak istilah-istilah amalan sehari hari yang mungkin kita belum paham artinya. Istilah-istilah itu misalnya doa, sholat, shalawat dan dzikir. Secara Bahasa semua istilah tersebut memiliki makna yang sama yaitu โ€œpermohonanโ€ namun secara istilah memiliki makna yang berbeda beda.

Doa adalah permohonan seorang hamba kepada Tuhan atas hajat, harapan atau permintaan yang diinginkan. Shalawat adalah permohonan kepada tuhan yang ditujukan untuk nabi Muhammad SAW beserta sahabat dan keluarganya. Sedangkan wirid atau dzikir adalah pujian yang diucapkan berulang-ulang.

Jadi berdasarkan penjelasan singkat tersebut, dzikir adalah amalan yang mencakup doa, shalawat ataupun bacaan-bacaan yang lain. Pada kali ini pembahasan yang akan disajikan adalah tentang dzikir singkat yang dianjurkan dan sholawat paling mustajab

Istighfar adalah Dzikir yang Paling dianjurkan

Istighfar adalah Dzikir yang Paling dianjurkan

Sahabat Rasulullah, Umar bin Khattab ra berkata โ€œDi dunia ini ada dua hal yang membuat kita aman dari adzab Allah, tetapi yang pertama telah diambil Allah, tinggal yang keduaโ€

Yang pertama karena keberadaan Rasulullah di antara kita โ€œAllah tidak akan menghukum mereka, selama engkau Muhammad berada di antara mereka.โ€ (Qs. Al-Anfal : 33) 

Yang kedua karena istighfar kita โ€œDan tidaklah (pula) Allah akan menghukum mereka, sedang mereka (masih) memohon ampunanโ€ (Qs. Al-Anfal [8]: 33)

Dari kisah tersebut, sebagian ulama  menyimpulkan bahwa amalan istighfar dan sholawat setelah sholat sangat dianjurkan untuk menjauhkan kita dari adzab Allah SWT. Berikut beberapa bacaan istighfar:

1. Bacaan pendek

ุฃุณุชุบูุฑ ุงู„ู„ู‡
Astaghfirullah

Aku memohon ampun kepada Allah

2. Istighfar Nabi Adam

ุฑูŽุจูŽู‘ู†ูŽุง ุธูŽู„ูŽู…ู’ู†ูŽุง ุฃูŽู†ู’ููุณูŽู†ูŽุง ูˆูŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽุบู’ููุฑู’ ู„ูŽู†ูŽุง ูˆูŽุชูŽุฑู’ุญูŽู…ู’ู†ูŽุง ู„ูŽู†ูŽูƒููˆู†ูŽู†ูŽู‘ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฎูŽุงุณูุฑููŠู†
Robbana dholamna anfusana, wa illam taghfir lana wa tarhamna, lanakuunanna minal khasirin

Wahai Pemelihara kami, sesungguhnya kami telah berbuat dhalim terhadap diri-diri kami. Jika Engkau tidak mengampuni dan merahmati kami, sungguh kami termasuk golongan orang-orang yang rugi.

3. Sayyidul Istighfar/Rajanya Istighfar

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุฑูŽุจูู‘ูŠ ู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ูŽู‘ุง ุฃูŽู†ู’ุชูŽุŒ ุฎูŽู„ูŽู‚ู’ุชูŽู†ููŠ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุนูŽุจู’ุฏููƒูŽุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุนูŽู‡ู’ุฏููƒูŽ ูˆูŽูˆูŽุนู’ุฏููƒูŽ ู…ูŽุง ุงุณู’ุชูŽุทูŽุนู’ุชูุŒ ุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุดูŽุฑูู‘ ู…ูŽุง ุตูŽู†ูŽุนู’ุชูุŒ ุฃูŽุจููˆุกู ู„ูŽูƒูŽ ุจูู†ูุนู’ู…ูŽุชููƒูŽ ุนูŽู„ูŽูŠูŽู‘ุŒ ูˆูŽุฃูŽุจููˆุกู ู„ูŽูƒูŽ ุจูุฐูŽู†ู’ุจููŠ ููŽุงุบู’ููุฑู’ ู„ููŠุŒ ููŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ู„ุงูŽ ูŠูŽุบู’ููุฑู ุงู„ุฐูู‘ู†ููˆุจูŽ ุฅูู„ูŽู‘ุง ุฃูŽู†ู’ุชูŽ
Allahumma anta Rabbi, La Ilaha illa anta, Khalaqtani wa ana abduka, wa ana โ€˜ala ahdika wa waโ€™dika, mas tathaโ€™tu, audzu bika min syarri ma shanaโ€™tu, abuโ€™u laka bi niโ€™matika wa abuโ€™u laka bi dzanbi, faghfir li , fainnahu la yaghfirudz dzunuba illa anta,

โ€œYa Allah, Engkaulah Pemeliharaku. Tiada sesembahan kecuali Engkau. Engkau ciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Dan aku berada pada kesepakatan dan perjanjian dengan-Mu, semampuku. Aku berlindung kepada Engkau dari keburukan yang aku perbuat. Aku bertaubat kepada-Mu dengan karunia-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu dengan dosaku. Maka, ampunilah aku karena tiada yang mampu mengampuni dosa kecuali Engkau.โ€

Shalawat Yang Paling disukai Allah

Shalawat Yang Paling disukai Allah

Di sekian banyak bacaan wirid sholawat berikut ini adalah sholawat paling tinggi dan mustajab karena dilihat dari sanadnya, sebagian besar perawi hadist membenarkan bacaan tersebut.

Dari Kaโ€™ab bin ujrah:

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุตูŽู„ูู‘ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูƒูŽู…ูŽุง ุตูŽู„ูŽู‘ูŠู’ุชูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู…ูŽ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู…ูŽ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุญูŽู…ููŠุฏูŒ ู…ูŽุฌููŠุฏูŒ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุจูŽุงุฑููƒู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูƒูŽู…ูŽุง ุจูŽุงุฑูŽูƒู’ุชูŽ ุนูŽู„ูŽู‰  ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู…ูŽ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู…ูŽ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุญูŽู…ููŠุฏูŒ ู…ูŽุฌููŠุฏูŒ

โ€œYa, Allah. Berilah shalawat (sanjungan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. Ya, Allah. Berilah berkah (tambahan kebaikan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia.โ€ (Shahih, HR. Bukhari 4/118, 6/27, dan 7/156, Muslim 2/16, Abu Dawud no. 976, 977, 978, At Tirmidzi 1/301-302, An Nasa-i dalam “Sunan” 3/47-58 dan “Amalul Yaum wal Lailah” no 54, Ibnu Majah no. 904, Ahmad 4/243-244, Ibnu Hibban dalam “Shahih” nya no. 900, 1948, 1955, Al Baihaqi dalam “Sunanul Kubra” 2/148 dan yang lainnya)

Itulah bacaan-bacaan yang dianjurkan untuk diamalkan sehari-hari. Lalu apa saja keistimewaan istighfar dan sholawat? Simak selengkapnya!

Keutamaan Istighfar Dan Sholawat

Saat kita mengingat Allah dalam kehidupan, pasti akan mendatangkan sebuah manfaat, baik di dunia maupun akhirat kita karena Allah dan Rasul-Nya begitu mencintai hamba yang mengingat-Nya.ย Berikut manfaat dzikir dan sholawat :

Manfaat Istighfar

  • Salah satu cara untuk bertaubat dan menghapus dosa

Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun. (Al Anfal:33)

  • Melancarkan rezeki

Mohonlah ampun kepada Tuhanmu. Sesungguhnya Dia adalah Maha pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat dan memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.โ€ (Nuh: 10-12)

  • Melancarkan urusan dan membuat hati tenang

โ€œBarangsiapa yang memperbanyak istighfar, Allah akan melapangkan kesusahannya, mengeluarkannya dari kesempitan dan memberinya rizki dari jalan yang tidak disangka-sangka.โ€ (Hadis Riwayat Muslim).

  • Cara agar doa terkabul

โ€ฆ..Karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku amat dekat rahmat-Nya, dan maha mengabulkan doa-doa hamba-Nya.โ€ (Hud: 61)

  • Mendatangkan rahmat

Hendaklah kalian memohon ampunan kepada Allah agar kalian dirahmati.โ€ [An-Naml: 46]

Manfaat dzikir sholawat nabi

  • Menjalani perintah Allah

โ€œโ€ฆ.Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.โ€ (QS. Al-Ahzab: 56)

  • Menunjukkan bentuk cinta kepa Rasulullah

dalam pepatah Arab disebutkan, mencintai sesuatu maka ia akan banyak menyebutnya, mengingatnya.

  • Mendapat 10 kebaikan dari Allah

โ€œSiapa saja yang bersholawat kepadaku sekali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali.โ€ (HR. Muslim)

  • Mempercepat terkabulnya doa

“Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki.” (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

  • Mendapat syafaat dan dikumpulkan dengan Rasulullah di Akhirat kelak

“Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.” (HR Tirmidzi).

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!