(021) 5312 6107

Manfaat Teh Kembang Sepatu Untuk Kesehatan

Kesehatan
manfaat teh kembang sepatu untuk kesehatan

Manfaat teh kembang sepatu untuk kesehatan – Pernahkah anda mendengar tentang teh kembang sepatu atau hibiscus tea? Teh kembang sepatu merupakan salah satu minuman herbal untuk kesehatan yang sangat banyak manfaatnya. Teh ini dibuat dari kelopak bunga kembang sepatu dan bisa dikonsumsi dalam keadaan panas atau dingin. Teh bunga sepatu kaya akan vitamin C, memiliki kandungan antioksidan dan mineral. Kembang sepatu biasanya berwarna merah dan memiliki rasa yang sedikit asam. Sehingga tidak jarang orang menyebutnya sebagai teh asam atau malic acid. Teh ini rendah kalori dan bebas kafein.

Sejak bertahun-tahun yang lalu, teh ini dikenal sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit karena mengandung asam organik seperti asam malat, asam tartrat dan asam sitrat. Asam tersebut biasanya ditemukan di dalam buah anggur.

Asam organik tersebut bisa meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kualitas kulit menjadi lebih baik, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, membantu mengatasi peradangan dan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Teh kembang sepatu merupakan diuretik alami yang bisa digunakan untuk mengendalikan viskositas darah dan bisa juga bertindak untuk menipiskan darah sehingga tekanannya bisa turun.

Manfaat Teh Kembang Sepatu untuk Kesehatan

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat yang dimiliki oleh teh ini, berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Mengatasi sembelit

Secara khusus, teh kembang sepatu bisa memperlancar pencernaan karena memiliki kandungan diuretik untuk mengobati sembelit dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara umum serta mengurangi resiko kanker kolorektal.

2. Meredakan nyeri haid

Bagi anda, wanita yang sering merasa sakit saat haid,teh kembang sepatu juga dikenal bisa membantu meredakan rasa sakit tersebut terutama saat menstruasi (kram).Teh kembang sepatu bisa membantu memulihkan keseimbangan hormon dan meringankan gejala tertentu seperti depresi dan lain-lain.

3. Antidepresan

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari teh ini adalah, bisa berfungsi sebagai antidepresan karena mengandung vitamin serta mineral yang kaya metabolit seperti flavonoid. Kandungan tersebut memiliki sifat antidepresan sehingga apabila dikonsumsi dapat menenangkan sistem saraf dan mengurangi kecemasan.

4. Manajemen tekanan darah

Ada kandungan anti inflamasi yang terdapat di dalam teh tersebut. Apabila anda ingin menurunkan tekanan darah dan menjaganya dalam keadaan normal.

Bagi anda para penderita hipertensitidak akan beresiko terkena penyakit kardiovaskular apabila mengkonsumsi minuman ini secara teratur.

5. Mencegah kanker

Dalam sebuah studi ditemukan bahwa mengkonsumsi secara rutin teh kembang sepatu dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

6. Melindungi liver

Kandungan antioksidan di dalam teh juga dapat berfungsi untuk mengobati penyakit hati atau liver. Antioksidan tersebut akan menetralisir radikal bebas sekaligus membantu menjaga kesehatan sistem organ di dalam tubuh kita.

7. Menurunkan kolesterol

Manfaat lain dari antioksidan yang ada di dalam teh kembang sepatu adalah untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Secara langsung antioksidan akan melindungi jantung dari berbagai penyakit dan mencegah pembuluh darah dari kerusakan.

Secara khusus apabila dikonsumsi berapa kali dalam sehari,teh kembang sepatu bisa bermanfaat untuk mengelola kadar gula darah secara efektif.

 

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT


error: Content is protected !!