Site icon Sahabat Yatim

Peluang Bisnis Dari Usaha Menjahit

usaha menjahit

Peluang Bisnis Dari Usaha Menjahit – Di saat semua kebutuhan hidup meingkat, sebaiknya kita pintar-pintar mencari solusi untuk memenuhinya. Salah satu solusi yang bisa kita tempuh untuk menambah pendapatkan adalah dengan membuka peluang bisnis jahit menjahit Mengapa? Usaha menjahit ini sudah dikenal dan dilakukan oleh banyak orang, karena menjahit merupakan keterampilan yang bisa dipelajari.

Peluang bisnis menjahit ini sangat cocok dilakukan oleh wanita, terutama bagi mereka yang tidak bekerja di kantor atau menjadi ibu rumah tangga. Mendapatkan penghasilan tidak harus selalu di luar rumah, bukan? Dari rumah pun, kita juga bisa meraup untung. Nah, usaha yang bisa dilakukan adalah membuat aneka kreasi dari menjahit.

Keterampilan Menjahit

Menjahit adalah salah satu bentuk keterampilan yang dapat dipelajari. Menjahit tidak harus dalam bentuk pakaian, tetapi masih banyak bentuk kreasi lainnya yang bisa dihasilkan dari menjahit ini. Dari segi waktu, usaha jahit ini lebih fleksibel karena bisa dilakukan di sela-sela rutinitas di rumah. Menjahit juga tidak begitu menguras pikiran seperti bekerja di kantor , sehingga Anda masih bisa mengawasi anak-anak di rumah.

Sekali lagi, keterampilan menjahit ini bisa kita pelajari. Jangan kira para penjahit profesional itu mahir menjahit karena bakat, tetapi itu dikarenakan proses belajar dan praktik yang tidak kenal lelah. Anda pun juga bisa seperti itu, pandai menjahit dengan belajar.

Saat ini, banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menjahit. Memang untuk bisa menghasilkan aneka kreasi menjahit ini alat utama yang dibutuhkan adalah mesin jahit. Mesin jahit saat ini juga tidak murah, apalagi mesin jahit listrik yang sangat praktis tentu harganya lebih mahal dibandingkan mesin jahit konvensional. Namun, untuk usaha awal, Anda bisa menjahit dengan alat jahit tangan terlebih dahulu atau menggunakan teknik jahit yang tidak memerlukan mesin jahit.

Tidak perlu memikirkan mesin jahit yang harganya mahal, karena untuk langkah awal sebaiknya Anda kumpulkan terlebih dahulu referensi atau informasi mengenai keterampilan menjahit dari berbagai narasumber. Saat ini, sudah banyak tersedia buku yang mengupas tentang menjahit pakaian serta menjahit aneka kerajinan lainnya. Nah, Anda pelajari saja terlebih dahulu apa yang ada dalam buku keterampilan menjahit tersebut.

Untuk praktiknya, Anda bisa menggunakan alat jahit tangan saja dulu. Tapi, jika agak sedikit repot, Anda bisa mengandalkan teknik menjahit tangan seperti teknik tusuk veston, jelujur, dan sebagainya. Teknik menjahit dengan tangan tersebut merupakan teknik dasar dalam pelajaran menjahit. Dengan kata lain, jika sudah menguasi teknik menjahit, Anda bisa mengembangkan kreasi yang yang lebih banyak lagi.

Modal Utama Usaha Jahit

Menjahit tidak hanya membutuhkan bakat, tetapi bagi mereka yang memang tidak bisa menjahit bukan berarti tidak bisa. Bakat memang penting, tetapi tidak akan ada artinya jika tidak diasah dan dilatih terus-menerus. Bahkan, bakat yang kita miliki perlahan akan hilang jika tidak digunakan. Jadi, jangan patah semangat dulu hanya karena merasa tidak berbakat jahit menjahit

Banyak di antara mereka yang sudah lebih dulu terjun di bidang menjahit ini meraih sukses meski tidak memiliki bakat menjahit. Tapi, karena semangat dan niat yang tinggi serta belajar yang giat, menjahit bisa dikuasai. Jadi, tidak ada kata sulit ketka akan memulai sesuatu yang belum pernah dilakukan. Asalkan mau belajar dan diiringi dengan niat yang kuat, apa pun itu, bisa dilakukan.

Dalam buku keterampilan menjahit, Anda juga akan diajarkan bagaimana caranya menjahit, bagaimana membuat pola dari model pakaian yang akan dibuat. Selain itu, di dalam buku keterampilan menjahit akan diajarkan cara membuat aneka bentuk jahitan dengan teknik menjahit. Pengetahuan dasar seputar ilmu menjahit ini juga dapat ditemui dalam buku keterampilan menjahit.

Jadi, tinggal usaha Anda saja untuk menyempatkan dan menyediakan waktu untuk belajar dari berbagai referensi keterampilan menjahit. Bila sudah mengerti, tinggal menerapkannya saja dengan membuat aneka bentuk kreasi dari menjahit. Salah satunya yang bisa dibuat sebagai langkah awal adalah membuat seprai atau sarung bantal terlebih dahulu, karena mudah dilakukan.

Aneka Kreasi Cantik dari Menjahit

Keterampilan menjahit ini bisa membantu Anda membuat aneka kreasi jahitan yang multifungsi. Menjahit tidak hanya terbatas pada pakaian, celana, ataupun kebaya. Anda bisa membuat seprai, sarung bantal besar, peralatan rumah tangga seperti pengangan panci, penutup galon, penutup tudung saji, taplak meja, alas makan, tatakan gelas, sarung tangan, dan masih banyak yang lainnya.

Aneka kreasi jahitan tersebut bisa dipilih sebagai peluang bisnis di rumah. Caranya yang cukup mudah dan lebih bervariasi membuat kita tidak cepat bosan mengerjakannya. Kita pun bisa bebas berkreasi menggunakan teknik menjahit dan bahan apa saja yang akan digunakan. Untuk lebih jelasnya aneka kreasi apa saja yang bisa dibuat, bisa dilihat sebagai berkut.

1. Kreasi Seprai

Jika seprai yang menjadi pilihan, tidak selalu melulu dalam bentuk dan menggunakan bahan yang umum digunakan. Pada umumnya, seprai yang dibuat hanya memerlukan satu bahan, apakah itu polos atau corak dan bermotif. Tampilan seprai pun tidak selalu membentuk kasur, tetapi juga bisa sekaligus menutupi tempat tidur.

Nah, supaya kreasi seprai menarik perhatian orang lain, sebaiknya buat seprai dari kain perca. Sisa-sisa kain yang tidak terpakai lagi bisa dimanfaatkan untuk membuat seprai. Kain perca yang disatukan dengan menggunakan teknik jahit veston dan jelujur sebelum dijahit menjadi satu kesatuan akan terlihat cantik.

Hanya saja, dibutuhkan keahlian memadupadankan kain perca dengan pola yang cantik seperti pola kotak-kotak, geometris atau asimetris. Sentuhan pola yang dibuat dalam seprai perca ini akan tampil berbeda, bahkan terkesan mewah meskipun hanya terbuat dari kumpulan sisa kain perca.

2. Taplak Meja

Selain seprai, Anda juga bisa membuat taplak meja. Mengapa taplak meja yang menjadi pilihan? Taplak meja mudah dibuat dan modelnya pun mudah untuk dicontoh dan diaplikasikan. Untuk tampilan taplak meja yang menarik, Anda bisa memadukan warna serta bahannya. Misalnya, taplak meja tumpuk dengan lapisan bawah warna merah dan lapisan atasnya warna krem dengan pemanis bordiran cantik di atasnya.

Taplak meja yang dibuat pun bisa beragam, tidak hanya berupa taplak meja makan, tetapi bisa taplak meja untuk ruang tamu, lemari pajang, sampai taplak meja kecil sebagai pemanis di ruang duduk teras samping rumah. Taplak meja yang dibuat juga bisa dikreasikan dengan bahan rajut dan bahan katun, bisa juga menambahkan bahan rajutan di bagian pinggirnya, sehingga tampil berbeda.

3. Tas Tangan

Kaum hawa atau ibu-ibu bisa dijadikan sebagai pangsa yang baik, mengingat kaum hawa atau ibu-ibu menyukai benda-benda yang multifungsi dan cantik. Tas tangan salah satunya. Membuat tas tangan ini juga cukup mudah, bahkan sisa bahan untuk buat seprai bisa digunakan untuk membuat tas tangan.

Aneka model tas tangan yang cantik akan menjadi adalan untuk menarik perhatian. Anda bisa membuat tas tangan dengan model selempang, tenteng, lipat, dan sebagainya. Bahan yang dipilih pun lebih bervariasi seperti kain jeans, beludru, kain perca, bahkan aneka motif yang dijahit veston ke atas permukaan tas tangan polos.

4. Aneka Peralatan Rumah Tangga

Perangkat rumah tangga bisa dijadikan kreasi menjahit lainnya. Perangkat rumah tangga berupa tutup tudung saji, alas piring atau tatakan gelas, tutup galon air mineral, sampai wadah gantung untuk meletakkan resep atau kunci bahkan sendok kecil. Semakin banyak kreasi yang diciptakan, tentunya akan semakin bagus.

Jadi, apa pun pilihan kreasi menjahit yang dipilih, pastikan Anda menyukainya. Jika menyukai sesuai keinginan, Anda pun akan konsisten mengerjakannya. Selain itu, tentu saja bayangan keuntungan yang akan didapatkan dari aneka kreasi menjahit ini menjadi sebuah motivasi untuk terus mengembangkan bisnis jahit-menjahit.

Selamat mencoba!

Exit mobile version