Sedekah Harian, Trik Mudah Rutin Sedekah di Saat Gaji Pas-Pasan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Sedekah Harian, Trik Mudah Rutin Sedekah di Saat Gaji Pas-Pasan, Sedekah adalah suatu perilaku yang dianjurkan dalam Islam. Dalam bersedekah terdapat banyak keutamaan yang sangat ternilai bagi seorang umat Muslim. Salah satu keutamaan sedekah adalah ganjaran harta maupun pahala yang berlipat ganda. Hal tersebut cukup jelas disampaikan dalam Al-Quran.

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki  maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahala) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18).

 

Bahkan, dengan sedekah jariyah, seseorang bisa saja terus mendapatkan pahala walau ia telah mati. Amalan ini yang biasa kita kenal dengan shodaqoh jariyah. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda,

“Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara: Shodaqoh jariyah, anak sholeh yang memohon ampunan untuknya (ibu dan bapaknya) dan ilmu yang bermanfaat setelahnya.”

Trik Sedekah Rutin saat Gaji Pas Pasan

Bersedekah sebenarnya tidaklah menunggu harus kaya. Dengan gaji yang pas pasan tentunya saudara dapat bersedekah secara rutin. Lantas bagaimana caranya.? Saudara tidak perlu khawatir, sebab pada artikel kali ini, kami akan berbagi tips dan trik cara sedekah saat gaji pas pasan. 

1. Sedekah Makanan

Jika saudara tidak memiliki waktu untuk memasak, maka cobalah untuk membeli satu bungkus makanan dan berikan kepada setiap kalangan membutuhkan yang mungkin lewat di hadapan saudara. Bersedekah makanan tentu memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah bekal untuk akhirat.

“Siapa pun mukmin memberi makan mukmin yang kelaparan, pada hari Kiamat nanti Allah akan memberinya makanan dari buah-buahan surga. Siapa pun mukmin yang memberi minum mukmin yang kehausan, pada hari kiamat nanti Allah akan memberinya minum dari minuman surga. Siapa pun mukmin yang memberi pakaian mukmin lainnya supaya tidak telanjang, pada hari kiamat nanti Allah akan memberinya pakaian dari perhiasan surga.” (HR Tirmizi).

2. Sedekah Peralatan Sholat

Jika saudara memiliki kelebihan perlengkapan ibadah seperti mukenah atau Al Quran, Saudara bisa menaruhnya ke masjid mushola terdekat. Sedekah ini adalah sedekah yang t Sedekah ini adalah sedekah yang termasuk dalam golongan sedekah jariah, sebab amal pahala dari sedekah tersebut akan terus berjalan seiring dengan peralatan yang saudara sedekahkan masih dapat dimanfaatkan dan digunakan manfaatnya oleh orang lainnya.

3. Sedekah Sandal Jepit

Kadang seseorang kerap lupa membawa sandal jepit ketika hendak berwudhu. Hal tersebut bisa menjadi peluang bagi saudara yang ingin bersedekah. Saudara bisa membelikan minimal satu sandal jepit setiap harinya untuk diletakkan di area tempat wudhu. Memang hal ini terdengar sederhana, namun percayalah, kebaikan yang saudara lakukan tersebut akan sangat bermanfaat bagi orang lain.

Baca Juga : Inilah 7 Keutamaan Bersedekah, Membuat Hati Senang

4. Berbagi Minum Saat Puasa

Saat bulan puasa, belilah air mineral kemasan gelas dan bagikan kepada mereka yang ingin berbuka. Ir  mineral kemasan gelas memang tidak memiliki harga yang cukup mahal, saudara hanya perlu merogoh kocek sebesar 500 rupiah saja, namun lebih dari itu, seteguk air segar dapat sangat bermanfaat bagi orang yang hendak berbuka puasa.

“Siapa yang memberi makanan orang yang sedang berpuasa untuk berbuka, maka baginya pahala seperti orang puasa tanpa mengurangi sedikitpun dari pahala orang puasa tersebut,” (Hadits Shahih, riwayat al-Tirmidzi).

5. Sedekah Uang Receh

Allah tidak pernah memandang seberapa besar nilai uang yang pernah kita sedekahkan, namun Allah akan melihat seberapa tulus dan ikhlas kita dalam bersedekah. Jika saudara ingin bersedekah namun saudara tidak memiliki kemampuan atau harta yang banyak untuk bersedekah, saudara masih bisa menyisihkan kembalian atau recehan yang saudara miliki untuk dimasukan ke dalam kotak amal.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!