(021) 5312 6107

Beberapa Tempat Wisata Di Jambi yang Wajib Dukunjungi

JELAJAH
Beberapa Tempat Wisata Di Jambi Yang Wajib Dukunjungi (1)

Tempat Wisata Di Jambi – Kota Jambi adalah sebuah kota kecil yang berada di Pulau Sumatera. Untuk sampai di kota ini, Anda bisa melalui jalur laut maupun jalur darat dari Jakarta. Suhunya memang panas tapi semilir angin yang mengibaskan rambut Anda membuatnya menjadi tak sepanas di Jawa Tengah yang selalu membuat Anda berkeringat tak peduli siang atau malam hari.

Anda akan disambut oleh patung yang merupakan replika para penari yang terletak di pusat kota, dekat Pasar Angso Duo yang merupakan pasar tradisional yang cukup tua yang berada di Jambi. Pasar ini merupakan pasar yang menjadi pasar terbesar di Jambi sejak zaman dahulu kala. Salah satu jejak sejarah didirikannya Kota Jambi.

Kesan yang pertama kali timbul tentunya adalah sebuah kota yang tampak lebih sepi untuk ukuran kota. Namun ternyata, di balik suasana ini, kota ini memiliki berbagai objek wisata yang menarik yang bisa Anda kunjungi. Anda bisa memilih objek wisata yang paling sesuai dengan selera Anda. Wisata budaya, wisata alam, atau wisata rohani, semuanya ada di kota ini.
Anda tinggal tentukan tujuan dan nikmati Jambi yang penuh dengan keragaman wisatanya. Ada beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di sini. Tentunya selain melihat dan menikmati suasana Sungai Batanghari di sore hari yang wajib Anda lakukan.

Berburu Keramik

Untuk Anda penggemar keramik dan kristal, Anda dapat berburu beraneka ragam keramik yang bernilai seni tinggi dengan harga yang sangat terjangkau di sini. Keramik dan berbagai jenis kristal yang cantik yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga, teman, atau kerabat sepulang Anda dari kota ini. Masalah harga, para penjual keramik ini sangat baik dan bisa memberikan harga bersahabat yang tentunya nyaman di kantong Anda.

Biasanya yang paling laris adalah keramik yang berbentuk telur dengan beragama warna dan corak. Terkesan mewah walaupun harganya tidak semahal dugaan kita ketika pertama kali melihatnya. Itulah sebabnya, tidak sedikit orang Palembang atau pengunjung dari kota lainnya yang mampir ke kota ini hanya untuk berburu keramik.

Lokasinya di Pasar Jambi di Jalan Sisingamangaraja. Tepatnya di belakang satu-satunya bioskop yang ada di Jambi yaitu “Mega”. Mudah untuk dijangkau dan memenuhi hasrat Anda berburu oleh-oleh dari kota ini.

Tempat Wisata Di Jambi

Taman Mini Jambi dan Taman Rimba

Taman Mini Jambi dan Taman Rimba merupakan tempat wisata di Jambi berupa taman yang cukup terkenal dan wajib Anda kunjungi jika Anda kebetulan singgah di Kota Jambi Lokasinya berada di Jalan Sunaryo, Kecamatan Jambi Selatan. Dari Bandara Sultan Tahha hanya berjarak 500 meter saja sedangkan dari pusat kota jaraknya sekitar 7 km. Taman ini berada di area seluas 18 ha yang berbentuk replika dari kabupaten-kabupaten yang terdapat di Jambi. Itulah sebabnya disebut Taman Mini Jambi.
Semuanya terlihat sangat unik, berwarna, dan terpelihara. Anda bisa berfoto dan tak akan kehabisan latar belakang dengan hanya berkeliling di taman ini. Anda bisa mengitarinya dengan menggunakan motor atau mobil yang Anda bawa untuk berkeliling di sekitar kawasan taman ini.

Banyak rumah adat yang bisa Anda jadikan latar belakang dari foto Anda tersebut. Membuat Anda seperti melakukan perjalanan ke setiap provinsi yang ada di Jambi dalam waktu yang sangat singkat. Dengan begitu, sambil berwisata Anda juga dapat memperluas wawasan pengetahuan Anda tentang provinsi-provinsi yang ada di Jambi ini, termasuk mengenal dan mengetahui keunikan yang terdapat di setiap provinsi tersebut.

Ada 6 buah rumah adat kabupaten kota yang termasuk ke dalam Provinsi Jambi yang terdapat di Taman Mini ini. Tentu, sengaja dibuat dengan bentuk gedung permanen layaknya rumah aslinya. Tentunya juga didukung oleh berbagai fasilitas.
Mulai dari stadiun terbuka dengan penerangan yang cukup baik, tempat parkir yang luas, dan Anda juga bisa sekaligus melihat flora dan fauna yag dilindungi yang ada di Taman Rimba-nya. Taman yang berada di satu kawasan yang sama dengan Taman Mini Jambi.

Objek wisata ini pernah digunakan sebagai tempat diselenggarakanya MTQ tingkat Nasional yang ke-18, tepatnya pada tahun 1997. Tak lama dari kegiatan itu, tempat ini juga kerap dijadikan pusat dari berbagai kegiatan perayaan atau acara-acara penting. Baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun oleh swasta. Pemilihan ini tentunya karena lokasinya yang strategis dan juga luas, serta didukung fasilitas yang cukup mengakomodisasi kegiatan-kegiatan tersebut.

Itulah sebabnya, pastilah taman ini menjadi salah satu objek wisata yang terkenal di Jambi. Bisa dijadikan objek wisata untuk berjalan-jalan bersama keluarga menikmati taman mini dan juga sekaligus melihat flora dan fauna.

Taman Mayang Mangurai

Lokasi tempat wisata ini terletak di Jalan Atmadibrata. Lokasinya hanya berjarak 6 km saja dari pusat Kota Jambi. Di tempat ini, Anda dapat melihat rumah adat Jambi yang disebut “Kejanglako”. Di dalam rumah adat tersebut Anda bisa melihat koleksi perlengkapan yang dipergunakan oleh para pengantin Jambi. Selain itu, Anda juga bisa melihat pakaian adat kabupaten dan yang masuk ke dalam Provinsi Jambi.

Tidak hanya itu saja, di rumah adat ini Anda juga dapat menemukan berbagai koleksi perlengkapan yang merupakan bagian dari adat istiadat Jambi. Objek wisata ini berupa sebuah taman dengen pusat berupa rumah adat ini. Berada di area seluas 0,75 ha yang lokasinya berada tepat sebelah kantor Gubernur Jambi karena memang berada dalam kompleks yang sama dengan perkantoran Pemerintah Provinsi Jambi.

Objek Wisata Danau Sipin

Danau Sipin ini adalah salah satu tempat wisata di Jambi yang berupa kawasan perairan yang mengelilingi Pulau Pandan. Pulau yang teletak di tengah perairan atau danau tersebut. Lokasinya berada di Kecamatan Teanaipura. Tepatnya sekitar 4 sampai 7 km dari pusat Kota Jambi Jika dari Bandara Sultan Tahha jaraknya sekiatar 10 km. Di tempat ini, Anda bisa menikmati panorama alam yang sangat memikat hati.

Danau ini memiliki luas yang mencapai 200 ha ditambah dengan pulaunya yang memiliki luas 89,2 ha. Di Danau Sipin ini, pemancingan dan tempat budi daya ikan bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda kunjungi selain menikmati pemandangan alam dan sejuknya suasana alam di sekeliling danau. Di salah satu sisinya, Anda juga bisa menikmati pemandangan menarik dari Hotel Ratu dan juga Restoran Batanghari yang tak kalah menggoda.

Masjid Agung Al-Falah

Ini adalah salah satu tempat yang sering menjadi tempat wisata di Jambi yang wajib dikunjungi, terutama untuk Anda yang beragama Isam. Tempat ini adalah salah satu tempat ibadah umat Islam yang sangat unik dari berbagai masjid yang ada di seluruh Indonesia. Keunikannya terletak pada banyaknya tiang-tiang yang menjadi penyangga atap dari masjid ini. Masjid ini sengaja dibuat tanpa dinding.

Ini juga yang menjadi salah satu ciri khasnya. Itulah sebabnya banyak masyarakat yang mengenalnya dengan sebutan “Masjid Seribu Tiang”. Masjid ini sering Anda lihat pada saat Adzan Maghrib berkumandang di sebuah stasiun televisi swasta nasional.
Masjid ini menjadi salah satu tempat untuk wisata rohani yang layak Anda kunjungi. Lokasinya berada di Jalan Sultan Tahha, Kecamatan Telanaipura. Tepatnya berada di sebelah Pusat Pendidikan Islam Al-Falah, IPAL Benteng, dan Museum Perjuangan. Masjid ini merupakan masjid terbesar di kota ini, sehingga sering dijadikan sebagai pusat dakwah agama Islam.
Pada masa lalu, masjid ini diperkirakan menjadi pusat kesultanan Jambi yaitu Kampung Gadang Tanah Pilih. Saat berada di dalamnya, Anda dapat merasakan nuansa beribadah yang luar biasa tenang dan damai.

Demikianlah sekilas tentang tempat wisata di Jambi , yang ternyata cukup menarik untuk dikunjungi.


error: Content is protected !!