Site icon Sahabat Yatim

Mengintip Usaha Cuci Motor Dan Mobil

resiko usaha cuci motor

Peluang dan resiko usaha cuci motor mesti kita pelajari dengan baik. Maraknya usaha tempat pencucian mobil ditengarai sebagai bergeliatnya jenis usaha yang tengah mem booming di masa ini jangan sampai membuat kita tergiur. Karena memang dilihat bahwa ladang untuk bisnis ini terkesan menjanjikan dan dapat memberikan peluang mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Jasa Usaha Cuci Motor dan Mobil

Tempat usaha cuci motor dan mobil menawarkan jasa pencucian dengan beragam jenis penawaran dan service Dari pencucian motor dan mobil biasa, hingga kilat dan spesial. Jasa pencucian motor dan mobil biasa hanya terbatas pada cuci biasa.

Sedang pencucian kilat, adalah dengan menggunakan sabun dan cairan khusus yang dapat mengkilatkan body mobil atau sepeda motor Anda. Dan pencucian spesial, bukan hanya mobil Anda saja yang dicuci, dikilatkan dan diharumkan – namun si pemilik bahkan mendapatkan service juga.

Service bagi pengemudi kendaraan sebagai pelanggan dapat bermacam-macam. Kadang-kadang berupa pemberian soft drink gratis, atau mendapatkan voucher khusus selama menunggu pencucian selesai untuk mendapatkan satu paket makan siang atau makan malam – tergantung waktu pencucian.

Dari segi harga pun banyak variannya. Cuci biasa hanya mematok sekitar Rp 20.000,- untuk mobil dan Rp 9.000,- untuk motor. Sedangkan cuci kilat untuk mobil seharga Rp 35.000,- dan Rp 15.000,- untuk motor. Pencucian spesial merogoh kocek sebesar Rp 50.000,- untuk mobil.

Lokasi Tempat Pencucian Motor dan Mobil

Lokasi tempat pencucian mobil biasanya mengambil tempat-tempat yang cukup strategis – yang ramai dilalui oleh pengendara mobil atau motor. Untuk mendirikan tempat usaha pencucian mobil dan motor, Anda harus berburu lokasi strategis yang memenuhi beberapa kriteria, misalnya :

  1. Dekat persimpangan jalan atau di sudut persimpangan jalan.
  2. Memiliki tempat yang luas dan cukup untuk tempat parkir kendaraan dan untuk tempat pencucian.
  3. Berada di open area , atau area terbuka yang tidak terhalang gedung atau bangunan tinggi lainnya.
  4. Idealnya mempunyai gas station sendiri atau paling tidak dekat dengan pom bensin.
  5. Dilengkapi oleh toko mini spare part kendaraan atau menyediakan oli dan pelumas kendaraan.
  6. Memiliki mini market atau resto mini sendiri untuk men service pengendara.
  7. Memiliki area yang nyaman untuk tempat menunggu bagi pelanggan selama pencucian dilakukan.

Dari beberapa syarat ideal lokasi tempat usaha cuci motor atau mobil, dapat Anda bayangkan berapa kira-kira dana yang harus Anda persiapkan untuk membangun tempat usaha cuci motor atau mobil.

Strategi Usaha Tempat Pencucian Motor dan Mobil

Bahkan di beberapa tempat-tempat pencucian mobil yang dikelola oleh kaum muda – sebagian mereka melakukan perang tarif dan perang strategi. Salah satunya adalah bonus pencucian helm sepeda motor bila telah lima kali memakai jasa pencucian motor di tempat tersebut.

Atau sebagai daya tarik tersendiri, kadang-kadang beberapa tempat pencucian mobil mempekerjakan wanita untuk melakukan pencucian motor dan mobil tersebut. Atau memberikan bonus cek fisik mobil, yang berarti harus pula menyiapkan mekaniknya.

Seribu satu cara mereka lakukan untuk menarik pelanggan, dan semuanya mengacu pada hukum marketing atau pemasaran. Jadi rasanya sah-sah saja apa yang mereka lakukan demi mendapatkan pelanggan asal tidak melanggar kode etik, dan isu sara.

Beberapa tempat usaha cuci motor atau mobil bahkan menerima pembayaran dengan menggesek kartu kredit. Semua ditawarkan untuk memudahkan para pelanggan dan juga dengan maksud menarik kembali pelanggan untuk menggunakan jasa mereka.

Jenis-jenis Jasa Yang Ditawarkan

Beberapa jenis jasa yang ditawarkan pada tempat usaha cuci motor atau mobil adalah:

  1. Cuci shampoo snow wash
  2. Spa body authentic premium
  3. Salon mobil yang mekaniknya dapat dipanggil ke rumah
  4. Mobil dan motor Spa
  5. Semir ban hingga mengkilat
  6. Pencucian helm motor
  7. Fory Car Shampoo 
  8. dan lainnya.

Resiko Usaha Cuci Motor dan Hal Yang Perlu Diperhatikan

Usaha jenis ini yakni usaha cuci motor atau mobil merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa. Jadi yang dijual dalam usaha ini adalah jasa yang coba ditawarkan oleh seseorang kepada konsumen.

Jasa yang coba untuk ditawarkan kepada konsumen adalah pencucian motor atau mobil yang tidak sempat dilakukan oleh pemiliknya. Berbagai kesibukkan dan rutinitas yang menuntut mereka kerja dengan cepat memang terkadang lupa untuk melakukan kegiatan mencuci kedaraan pribadi tersebut.

Karena jenis usaha yang coba dijual dalam cuci motor atau mobil adalah jasa maka pelayanan yang diberikan haruslah baik. Pelayanan yang buruk menyebabkan pelanggan menjadi kapok untuk balik lagi ke tempat cuci motor kita.

Beberapa pelayanan yang harus diperhatikan atau mendapatkan perhatian serius dari pengelolah adalah pada saat motor atau mobil sebelum dicuci, ketika dicuci, dan setelah dicuci. Ketiga tahap atau fase ini haruslah mendapatkan sebuah perhatian yang serius jika ingin usaha cuci ini tetap bertahan lama.

Tahap yang pertama yakni ketika sebelum motor atau mobil pelanggan dicuci. Pada tahan yang satu ini pemilik usaha haruslah memberikan sebuah informasi dan pelayanan yang baik kepada calon konsumen. Informasi yang harus diberikan kepada konsumen adalah mengenai antrian.

Setiap orang memiliki beberapa tipe yang berbeda-beda. Ada tipe yang mau menunggu tetapi ada juga yang tidak mau menunggu. Antrian cucian baik lama atau cepat hendaknya diberikan informasi tersebut kepada calon pelanggan atua konsumen yang hendak mencucikan motor atau mobilnya.

Dengan demikian, maka calon konsumen tersebut akan mengambil keputusan sendiri guna mencuci atau tidak. Jika hal tersebut terjadi maka calon konsumen tersebut akan merasa senang dan tidak terbebani karena setiap keputusan diambilnya sendiri. Jadi calon konsumen tidak akan merasa dirugikan jika harus menunggu dalam waktu yang lama.

Tahap kedua adalah ketika mencuci kendaraan baik motor ataupun mobil. Dalam tahap ini seorang pemilik usaha jasa cuci motor atau mobil hendaknya memberikan sebuah kenyaman berupa tempat atau fasilitas yang baik agar konsumen tidak bosan. Jika hal tersebut dilakukan maka dijamin usaha jasa cuci motor atau mobil ini akan berjalan dengan baik.

Tahap yang ketiga yakni setelah proses pencucian. Diusahakan hasil cuci yang diberikan lebih baik daripada mencuci motor atau mobil sendiri di rumah. Jika hasil cucinya sama saja dengan mencuci sendiri maka hal tersebut tidaklah terlalu baik bagi perkembangan bisnis ini. Oleh karena itu, seorang pemilik usaha jasa cuci motor ini haruslah berkreasi agar mampu menemukan teknik yang baik ketika mencuci agar hasil bisa maksimal dalam waktu yang relatif cepat.

Faktor lainnya yang juga patut mendapatkan sorotan adalah tentang kebersihan dari tempat usaha cuci motor ini. Usahakan lokasi atau area tempat usaha selalu dalam kondisi bersih dan tidak kotor. Dengan demikian maka konsumen akan lebih betah ketika menunggu.

resiko usaha cuci motor yang sering dihadapi dalam usaha cucian adalah mengatur tempatnya agar selalu bersih dan terlihat tidak terlalu basah. Banyaknya penggunaan air yang digunakan untuk mencuci motor ini memang menyebabkan area sekitar cucian menjadi terlihat tampat kotor karena becek.

Sebaiknya ketika mendapati ada beberapa lokasi yang becek di sekitar usaha cuci motor maka harus segera diatasi. Caranya bisa dengan membuat saluran pembuangan yang baik dan lantai dibuat dari beton sehingga tidak becek.

Demikianlah beberapa penjelasan terkait peluang dan resiko usaha cuci motor. Semoga dapat membantu Anda yang berkeinginan untuk mendirikan usaha ini.

Exit mobile version